Blog

Wayang Dari Daun Singkong Keren Abissss

Wayang dari daun singkong ini merupakan topik pembahasan kita pada kali ini ,wayang adalah warisan budaya yang harus dilestarikan dan di turunkan turun temurun agar tidak punah atau hilang begitu saja.

Sejarah Singkat Wayang

Wayang merupakan karya sastra dan budaya asli tertua Indonesia dan diyakini telah ada dari nenek moyang suku Jawa sejak 1500 SM. Ini bukti bahwa bangsa Indonesia memiliki peradaban yang tinggi selama ribuan tahun.

Ada penemuan Wayang Cerita tertua yang diyakini berumur ribuan tahun dan berasal dari abad kedua Masehi. Bukti ini menunjukkan bahwa budaya wayang telah melalui proses transformasi wayang selama ribuan tahun.

Pada dasarnya tidak mudah untuk mendapatkan ide dan ide membuat wayang dari bahan kulit. Dengan begitu, bisa bertahan selama ribuan tahun. Ini adalah ide yang harus melalui trial and error dalam membuat wayang agar berkualitas dan tahan lama.

Penelitian telah menunjukkan bahwa boneka pada awalnya dibuat dari rumput yang diikat sehingga dapat membentuk perumpamaan bentuk manusia. Tujuannya untuk menceritakan kisah dan legenda masa lalu agar manusia dapat mengingat sejarah nenek moyangnya.

Wayang yang berkembang pesat dan memiliki ragam cerita menarik yang membuat pertunjukan wayang semakin menarik dan menghibur masyarakat. Wayang tentunya digunakan sebagai sarana pelestarian sejarah masa lalu nenek moyang bangsa Indonesia.

Dulu nenek moyang kita tidak terbiasa menulis, tapi sudah pandai melestarikan cerita sejarah, sehingga bisa lekang oleh waktu dan menceritakan banyak orang. Sunan Kalijaga melengkapi pertunjukan wayang kulit dengan menambahkan gamelan sebagai musik pengiringnya.

Hal ini membuat pertunjukan wayang kulit semakin indah dengan terdengarnya lantunan gamelan yang berirama. Wayang menjadi pemandangan penting bagi orang-orang untuk mencari hiburan dan mendengar cerita tentang sejarah nenek moyang mereka.

Wayang Dari Daun Singkong

Wayang Dari Daun Singkong

Wayang adalah sebuah karya dan budaya yang tertua di indonesia, terbukti indoesia memiliki peradaban yang tua di perkirakan sejak 1500 SM .Wayang biasanya terbuat dari kayu ,kulit ,atau kain ,tapi kali ini berbeda justru wayang ini terbuat dari daun singkong menarik bukan?

Nah kali ini beatbiz.com akan memberikan cara membuat wayang dari daun singkong, simak dan ikuti sampai selesai agar mudah memahaminya.

Bahan – bahan Membuat Wayang Dari Daun Singkong :

  • Daun Singkong
  • Batang daun singkong
  • Air buat membersihkan

Cara Membuat Wayang Dari Daun Singkong :

  1. Bersihkan batang daun singkong dari daunnya, lalu jemur di bawah terik matahari sampai layu. Maksudnya , supaya batang mudah dibentuk dan tidak mudah patah
  2. Setelah layu, ambil satu batang, lalu bentuk seperti kerangka kepala (belah ketupat)
  3. Ambil satu lagi, lilitkan ke batang yang tadi hingga terbentuk
  4. Lakukan langkah ke-3 tadi sebanyak beberapa kali, kelihatan kan bentuk hidung, muka & rambut
  5. Bentuk badan tangan seperti wayang pada umumnya dengan menggunakan batang daun singkong.

Jika kalian tidak suka dengan kerajinan singkong tenang saya juga menyediakan kuliner olahan singkong parut 

Manfaat Wayang

  1. Wayang dapat melatih komunikasi dan keterampilan sosial
  2. Wayang bermain memberi kesempatan untuk mendapatkan kendali atas dunia mereka dengan mengatasi ketakutan dan frustrasi
  3. Anak-anak yang pemalu bisa berkenalan dengan orang lain melalui peran yang mereka lakukan.
  4. Bermain Wayang dapat membantu anak kecil mengembangkan keterampilan kreatif dengan memaksanya menggunakan imajinasi mereka. Mereka membentuk peran, aturan, situasi dan solusinya.

Nilai Yang Terkandung Wayang

1. Adanya Nilai Budaya

Yang dimaksud adalah konsep mengenai apa yang hidup dalam pikiran masyarakat Indonesia, mengenai apa yang dianggap memiliki nilai, berharga dan penting dalam hidup.

2. Filosofi yang Terkandung dalam Wayang tak terhingga

dunia perwayangan kaya sekali dengan lambang atau pasemon (petuah). Wayang didominasi oleh pasemon.

3. Etika

sebagai ilmu yang mengajarkan manusia “bagaimana seharusnya hidup”, atau Plato memandangnya sebagai ilmu yang mengajar manusia “bagaimana manusia bijaksana hidup”, Beitu pula dalam wayang yang memiliki filosofi mendidik manusia ke arah tingkah laku yang lebih baik, yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

4. Keindahan atau Estetika

merupakan bagian dari sebuah filsafat, sebuah ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi. Batasan keindahan sulit dirumuskan. Karena keindahan itu abstrak, identik dengan kebenaran.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat ,sebelumnya jika kalian berkenan dengan mesin keripik singkong multifungsi mesin ini bisa mengolah singkong atau buah atau sejenisnya.