Blog

Wajib Tahu! Ini Panduan Cara Pijat Bayi Yang Aman dan Benar

Cara pijat bayi merupakan satu hal wajib yang harus dipahami oleh setiap orang tua. Mengingat kegiatan ini tidak boleh asal dilakukan agar justru tidak menyakiti si kecil. Memijat bayi harus dilakukan dengan benar dan penuh kelembutan agar buah hati merasa nyaman saat dipijit. Pijatan-pijatan hangat dari tangan Anda di tubuh mungilnya memang dapat memberi banyak manfaat bagi si kecil.

baca juga tentang pijat tunanetra harga

Waktu memijat bayi merupakan moment yang paling tempat untuk mempererat ikatan antara ibu dan buah hati. Selain itu juga, pijat bayi memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh si kecil, seperti:

  • Menenangkan bayi agar tidak rewel dan bisa tidur pulas
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menghilangkan gejala kembung dan sembelit
  • Mendukung kekuatan otot dan tulang
  • Menghilangkan sesak napas, dll.

Penting untuk diperhatikan, cara pijat bayi baru lahir harus dilakukan dengan lembut dan perlahan serta dalam kondisi bersih. Untuk itu, pastikan semuanya bersih termasuk tangan Anda. Persiapkan juga alat yang dibutuhkan seperti handuk atau alas bayi serta minyak untuk memijat (baby oil, minyak telon atau minyak zaitun).

Setelah semua persiapan telah dilakukan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk pijat bayi berikut ini:

  • Kaki

Mulai dengan memijat area tungkai kemudian lanjutkan ke bagian paha, betis hingga telapak kaki dan jari-jarinya. Pastikan melakukan gerakan mengusap ke arah bawah agar bayi lebih rileks. Untuk jari-jarinya, ambil jari memakai jempol dan telunjuk kemudian tarik dengan lembut.

baca juga pijat tunanetra jakarta

  • Lengan

Usai memijat bagian kaki selanjutnya beralih ke bagian lengan, mulai dari bagian atas hingga pergelangan tangan. Pijat telapak tangannya dengan ibu jari dan akhiri cara pijat bayi 4 bulan sesi ini dengan memijat lembut jari-jarinya.

  • Dada

Letakkan kedua tangan Anda diatas dada si kecil lalu usap lembut ke arah luar dengan sedikit menekan memakai telapak tangan. Ulangi beberapa kali lalu pijat lembut dari dada ke arah paha menggunakan satu tangan.

  • Punggung

Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap kemudian pijat area tulang belakang. Mulai dari leher hingga bokong menggunakan ujung jari dan akhiri dengan pijatan panjang dari bahu hingga kaki.

Selesai mengikuti cara pijat bayi diatas, biarkan bayi selama beberapa saat sebelum membersihkan sisa minyak yang menempel. Lakukan pemijatan saat bayi sedang dalam keadaan tenang dan hindari waktu tepat setelah makan.