Blog

Unsur Pokok Dalam Pemasaran Online

1. CONTENT MARKETING
Secara simpel konten marketing merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (e-commerce), dan blog. Bentuk dari konten mampu bersifat artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video atau audio.

Pengertian yang agak panjang dari content marketing atau (diterjemahkan) pemasaran konten:
Content marketing adalah trick pemasaran bisnis online dimana kami merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, lantas mendorong mereka jadi kustomer.

 

Jadi tersedia 2 tujuan dari content marketing:
* Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
* Mendorong (mengajak) mereka untuk jadi kustomer.

 

Masih bingung?
Coba ingat ulang tidak benar satu account punya perusahaan/brand besar yang kamu follow di social media. Biasanya mereka mengirimkan update yang menarik…

…bisa bersifat foto, video, artikel, atau hanyalah update status.

 

Itu tidak benar satu semisal dari content marketing.
Konten didalam content marketing mampu didalam bermacam bentuk. Seperti yang barusan disebutkan diawal paragraf. Selain bentuknya, kami termasuk mampu membedakan konten dari sifatnya: menghibur, mendidik, emosional, dll.
Yang terpenting, konten kamu harus menarik.

 

2. SEARCH ENGINE MARKETING
Mesin pencari atau search engine adalah web site yang menyatukan dan mengorganisir konten dari seluruh anggota internet. Untuk menggunakannya, Anda tinggal memasukkan apa yang inginkan Anda cari dan mesin pencari akan beri tambahan Anda bermacam link ke konten yang sesuai bersama dengan apa yang dicari.

Sehingga Search Enggine Marketing (SEM) adalah cara melakukan pemasaran online atau internet marketing sampai kampanye di internet bersama dengan mengoptimasi mesin pencari (search engine). SEM termasuk punyai tujuan untuk memperoleh tampilan web site atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page

 

3. EMAIL MARKETING
Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau didalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana didalam mengirim surat yang ditunaikan lewat sarana internet. Sehingga Email Marketing adalah sebuah tindakan atau kegiatan mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang bersama dengan memanfaatkan sarana email.

Rangkaian kegiatan e mail marketing diawali dari menyatukan e mail , dilanjutkan bersama dengan melakukan pengiriman e mail secara masal, yang memuat informasi produk atau promo, yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari konsumen lama maupun konsumen baru.

 

4. ONLINE PUBLIC RELATION
Public Relation adalah bisnis yang direncanakan secara terus-menerus bersama dengan sengaja, peranan membangun dan menjaga pengertian timbal balik pada organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini tunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau kegiatan yang bertujuan untuk menjalin komunikasi pada organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas, 2002).

Secara simpel Public Relation seperti Hubungan Masyarakat atau Humas sebuah organisasi atau instansi.Sehingga pengertian Online Public Relation adalah kegiatan Public Relation (Hubungan Masyarakat) yang memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi.

 

5. SOSIAL MEDIA MARKETING
Media sosial adalah sebuah sarana didalam jaringan/Daring (Online), dimana penggunanya mampu bersama dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan wujud sarana sosial yang paling lazim digunakan oleh penduduk di seluruh dunia.

Sehingga Sosial Media Marketing adalah tehnik marketing yang memanfaatkan sosial sarana sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (biasanya lewat link halaman web site bisnis online yang terdapat pada sosial media) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik.

Sosial sarana marketing umumnya dipusatkan pada bisnis menciptakan konten (posting, tulisan, gambar, video) yang menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk membagi (share) konten tersebut melakui jaringan soal.

Diharapkan konten tersebut mampu menarik perhatian, disukai dan di sharing seluas-luasnya supaya menghasilkan “elektronik Word of Mounth”(eWOM) atau dibicarakan oleh para user sarana sosial. Tujuan akhirnya adalah citra positif dan reputasi dikalangan konsumen.

 

6. ONLINE ADVERTISING / IKLAN ONLINE
Online advertising adalah metode periklanan bersama dengan memanfaatkan internet dan World Wide Web bersama dengan tujuan mengemukakan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan umumnya punyai dua tujuan yaitu branding dan sales, atau keduanya sekaligus. Setelah menentukan tujuan, mampu dipilih bermacam sarana sesuai profil tujuan market dan termasuk budget sesuai.

Sarana Online advertising mampu terasa dari banner ads, Search Engine Marketing (SEM), iklan di jejaring sosial, e mail marketing, sampai ke iklan baris online.

 

7. WEBSITE
Website mampu diambil kesimpulan sebagai kumpulan halaman saling berkaitan dan masing – masing dihubungkan bersama dengan hyperlink. Tujuan pembuatan web site adalah mendatangkan pengunjung potensial sebanyak-banyaknya, bersama dengan harapan makin lama banyak orang yang lihat informasi yang disajikan oleh web site tersebut, makin lama banyak orang yang mengenal dan tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

 

8. CONVERSION
Konversi adalah tehnik memetakan kunjungan sebuah web site atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan, berapa banyak pengunjung website, berapa % yang klik tombol pembelian dan berapa % yang benar – benar belanja