Blog

Transportasi Dalam Kota Balikpapan Dan Kota Sekitarnya

Ada lebih dari satu pilihan bagi wisatawan di Balikpapan untuk menjelajahi kota ini, bergantung pada anggaran dan kenyamanan yang Anda butuhkan. Dari yang termurah, seperti mikrolet hingga yang paling nyaman, sewa mobil. Selain mikrolet dan sewa mobil, sebagaimana umumnya di kota-kota lain di Indonesia, pengunjung sanggup mendapatkan layanan ojek dan taksi. Layanan bus umumnya untuk target ke kota-kota terdekat.

 

Kemacetan di didalam kota Balikpapan terbilang masih sanggup “ditoleransi”, dan umumnya berlangsung di selama Jalan Sudirman pada pagi hari dan siang hari ketika warga kota mengawali kesibukan kerja atau sekolah.
Mikrolet di Balikpapan terdiri dari berbagai macam warna, seperti biru, hijau atau krem, yang sanggup menampung 12 penumpang (lihat rutenya di bawah, berdasarkan nomer dan warna). Gambar di sebelah kiri menunjukan mikrolet No. 5. Nomor mikrolet umumnya nampak di atas atap mobil dan kaca depan.

 

Dengan jangkauan yang luas di didalam kota, mikrolet atau terhitung angkot merupakan pilihan favorit warga Balikpapan, tapi masih jarang nampak wisatawan asing yang memakai mikrolet. Warga Balikpapan terhitung menamakan mikrolet bersama arti “taksi”, waktu “taksi yang sebenarnya” disebut “taksi argo”.

 

Untuk turun, Anda tinggal bilang “stop” kepada sopir, lalu bayar cost sebesar Rp. 3.000 per orang (untuk perjalanan di didalam kota). Ongkos ini sanggup lebih terkecuali Anda menempuh jarak lebih dari 10 kilometer. Sebagai contoh, perjalalanan ke Hutan Lindung Sungai Wain, yang terdapat kira-kira 15 kilometer, bakal dikenakan cost kira-kira Rp 10.000. Gambar di sebelah kanan menunjukan mikrolet No. 3.

 

Jika Anda idamkan turun di area tertentu, Anda sanggup tanya terlebih dahulu pada sopir sebelum saat naik mikrolet. Jika ternyata tidak lewat target Anda, sanggup ditanyakan apakah sangat mungkin untuk menurunkan Anda di target yang diinginkan. Jika sang sopir bersedia, umumnya mereka bakal meminta cost tambahan yang sanggup ditawar sebelum saat naik.

 

Jika Anda masih ragu-ragu, Anda sanggup bertanya kepada warga kira-kira karena pada umumnya mereka ramah dan bersedia untuk mendukung para wisatawan.

 

Balikpapan punyai tiga terminal mikrolet: Terminal Damai; berlokasi di sebelah timur Balikpapan (di Jalan Sudirman), Terminal Batu Ampar (gambar di sebelah kiri), berlokasi di sebelah utara kota (di Jalan Pattimura); dan Terminal Kampung Baru yang berlokasi di anggota barat Balikpapan (di Jalan Monginsidi).

Mikrolet umumnya terasa beroperasi pada pagi hari (sekitar pk. 5:00) hingga kira-kira pk. 22:00. Selain mikrolet, di Balikpapan terhitung banyak terdapat ojek (lihat di bawah untuk keterangan lebih lanjut mengenai ojek di Balikpapan).

OJEK

Ojek di Balikpapan sanggup dikenali bersama gampang melalui potongan papan kecil yang bertuliskan “Pangkalan Ojek”. Selain di pangkalan ojek, mereka terhitung bersama gampang sanggup ditemukan di tiga terminal mikrolet (Damai, Batu Ampar, dan Kampung Baru) atau nyaris di tiap tiap jalan di Balikpapan.

Pengemudi ojek di Balikpapan sering tawarkan jasa mereka pada orang yang berdiri di trotoar, bersama langkah membunyikan klakson atau mengatakan “ojek”?

Sebagaimana kota besar lainnya di Indonesia, cost ojek terhitung sanggup dinegosiasikan. Sebagai acuan, untuk jarak 200 meter umumnya mereka meminta cost kira-kira Rp. 5.000.

 

TAKSI

Taksi adalah pilihan yang lebih nyaman terkecuali Anda idamkan hindari panas matahari dan capai area target bersama lebih cepat. “Taksi argo” (cara orang lokal menyebut taksi) umumnya mengenakan tarif minimum Rp. 20.000. Argo waktu naik bakal dimulai dari Rp. 6.000.

 

PENYEWAAN MOBIL

Di Balikpapan terhitung terdapat Rental mobil balikpapan, bersama maupun tanpa sopir. Penyewaan mobil bersama sopir disarankan, terkecuali Anda punya kebiasaan bersama kondisi lalu lintas di Balikpapan. Tarif rental bevariasi dari kira-kira Rp. 350.000 hingga jutaan rupiah. Sewa satu hari Xenia atau Toyota Avanza bersama sopir kira-kira Rp. 400.000, belum terhitung bensin dan cost lainnya seperti parkir. Beberapa perusahaan tersedia yang mengenakan sewa per jam, bersama minimum sewa 4 jam seharga Rp. 50.000 per jam.

Definisi “sewa satu hari” sendiri sanggup tidak serupa antara satu perusahaan bersama perusahaan lainnya. Sewa satu hari sanggup berarti sewa selama 24 jam atau 12 jam. Disarankan untuk jalankan pemesanan awal karena kadang-kadang tidak gampang untuk beroleh yang kami idamkan terkecuali idamkan menyewa pada hari yang mirip waktu memesan.

 

BUS

Bus-bus umumnya dipilih penduduk setempat untuk target jarak menengah, seperti ke Samarinda, Sangatta, Bontang, atau apalagi ke kota jarak jauh seperti Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Bus-bus ini umumnya berangkat dari Terminal Batu Ampar.

Sebagai acuan, tarif bus AC berkapasitas 40 kursi untuk rute Balikpapan-Samarinda berkisar Rp. 25.000 per orang atau Rp. 19.500 per orang untuk bus non AC.