Blog

Tips menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan bekas luka yang membandel, dan tidak ada perawatan tunggal terbaik untuk semua orang. Berbagai metode dapat membantu meningkatkan warna kulit Anda. Dokter Anda mungkin menyarankan satu atau kombinasi dari pengobatan ini.

Tips bekas jerawat hilang

Perawatan kulit di rumah. Munculnya bekas luka yang mengubah warna kulit Anda dapat ditingkatkan dengan agen pemutih yang dijual bebas dan penggunaan tabir surya untuk membatasi kontras.

Pengisi jaringan lunak. Menyuntikkan kolagen atau lemak di bawah kulit dan ke dalam bekas luka indentasi dapat mengisi atau meregangkan kulit. Ini membuat bekas luka menjadi kurang terlihat. Hasilnya sementara, jadi Anda harus mengulangi injeksi secara berkala.

Pelapisan ulang laser. Ini adalah prosedur kulit yang menggunakan laser untuk meningkatkan penampilan kulit Anda.

baca juga jamu penghilang bekas jerawat

Prosedur berbasis energi lainnya. Sumber cahaya berdenyut dan perangkat frekuensi radio membantu membuat bekas luka kurang terlihat tanpa merusak lapisan luar kulit. Hasilnya halus dan Anda mungkin perlu mengulangi prosedur ini.

Dermabrasi. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk jaringan parut yang lebih parah. Ini melibatkan menghilangkan lapisan atas kulit dengan sikat kawat yang berputar cepat. Bekas luka permukaan mungkin sepenuhnya dihapus, dan bekas jerawat yang lebih dalam mungkin tampak kurang terlihat.

Pengupasan kimia. Asam berpotensi tinggi diterapkan pada kulit Anda untuk menghilangkan lapisan atas dan meminimalkan bekas luka yang lebih dalam.

Tusuk jarum atau bergulir. Ini melibatkan menggulirkan alat bertabur jarum di atas kulit untuk merangsang jaringan di bawahnya. Ini adalah teknik yang aman, sederhana dan mungkin efektif untuk jaringan parut jerawat. Hasilnya halus, dan Anda mungkin perlu mengulangi perawatan.

Operasi. Dengan menggunakan prosedur kecil yang disebut eksisi punch, dokter Anda memotong bekas jerawat individu dan memperbaiki luka dengan jahitan atau cangkok kulit. Teknik lain yang disebut subcision melibatkan dokter Anda memasukkan jarum di bawah kulit untuk melonggarkan serat di bawah bekas luka, untuk membantu meningkatkan penampilannya.

Suntikan Botox. Terkadang kulit di sekitar bekas jerawat berkerut. Bersantai di area tersebut dengan suntikan botulinum toxin (Botox) membantu memperbaiki penampilan kulit. Anda harus mengulangi injeksi secara berkala.

Untuk menentukan apa yang terbaik untuk Anda, diskusikan pro dan kontra dari setiap prosedur dengan dokter atau dokter kulit Anda. semoga bermanfaat.