Blog

Tips Menanam Dan Merawat Bunga Mawar

Bunga yang satu ini telah diketahui tiap orang dan banyak di jual di berbagai toko bunga murah dan juga sering digunakan untuk dijadikan karangan bunga di berbagai acara.  Banyak fakta kenapa beberapa orang mengenaal bunga ini yang cantik ini, tetapi umumnya tentu mengenalnya sebab seringkali dipakai untuk melambangkan ekspresi cinta. Kelopak yang bertumpuk keduanya dengan beberapa warna cerah jadikan bunga mawar benar-benar kelihatan elok, memesona serta tidak jemu untuk dilihat mata.

Meskipun bunga mawar yang seringkali ada dalam film atau dipakai jadi gift berwarna merah, tetapi bunga ini bukan hanya memiliki satu tipe warna. Bunga mawar memiliki macam warna dari mulai warna putih, kuning, pink, sampai bunga mawar yang memiliki warna biru.

Serta menurut wikipedia, ada lebih dari 100 spesies mawar. wow!!. Tentunya kombinasi bentuk serta warna bunga mawar membuahkan satu gabungan yang benar-benar cantik. Meskipun bunga mawar ini memiliki aroma harum yag tidak begitu tajam, tetapi tetap keindahannya memiliki banyak peminat.

Menanam bunga mawar di halaman rumah
Panduan Menanam Bunga Mawar
Bagaimana? apa saat ini kamu birminat untuk mengawali menanam si cantik bunga mawar ini di halaman rumahmu? Jika kamu tertarik, seharusnya lihat beberapa hal penting berikut untuk menuntunmu tahu langkah menanam bunga mawar yang baik. Berikut beberapa panduan menanam mawar yang perlu kamu tahu sebelum menanamnya:

Beli bibit atau benih mawar yang sesuai dengan tempat menanammu.
Jangan beli bibit. Tidak semua tipe bunga mawar bisa tumbuh di semua iklim. Tanyakanlah pada penjual bibitnya apa bibit mawar itu perlu ketinggian spesial agar tumbuh subur?

Buat persiapan media tanam yang baik.
Sebelum menanam bunga mawar, alangkah lebih baiknya bila kamu telah menyiapkan media tanam bunga mawar itu. Tanaman mawar benar-benar pas tmbuh pada tanah liat berpasir (kandungan litany sebesar 20-30 persen), subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi serta mempunyai drainase yang baik.

Ingin menanam bunga mawar di pot/ polybag atau langsung di pekarangan/ halaman rumah?
Lihat langkah menanam bunga mawar yang baik. Bila cuma untuk hiasan, lebih baiknya menanam bunga mawar di pot saja. Tetapi jika kamu ingin menanam bunga mawar di halaman rumah langsung, yakinkan tempatnya supaya jarang terserang paparan cahaya matahari langsung.

Langkah Menanam Bunga Mawar yang Pas
Pada intinya, langkah cara menanam bunga mawar berdasar tempatnya ada 2 cara, yakni menanam bunga mawar di pot, atau menamam bunga mawar di polybag. tetapi berdasar tipe pembibitannya, langkah menanam bunga mawar dapat dengan bibit atau tehnik stek.

Langkah menanam bunga mawar dengan bibit.
Jika kamu pemula serta akan menanam bunga mawar, seharusnya kamu memakai tehnik bibit saja sebab lebih gampang. bibitnya dapat kamu beli di beberapa toko bibit bunga paling dekat. Rata-rata harga adalah di antara sepuluh sampai dua puluh ribu saja untuk memperoleh bibit bunga mawar yang sehat.

Setelah itu langkah selanjutnya yang perlu kamu kerjakan yakni dengan menyiapkan pot jadi wadah atau tempat menanam bunga mawar ini. Tapi, kamu dapat juga menanamnya langsung pada tanah di pekarangan kamu. tetapi untuk pemula saya anjurkan untuk memakai pot supaya perawatannya lebih gampang.

Sesudah pot telah siap, campur tanah dengan pupuk kandang. perbandingannya cukup 1:6 saja, jangan kebanyakan pupuk untuk bibit yang masih terbilang muda. kemudian bibit bunga awar siap ditanam.

Langkah menanam bunga mawar dengan stek.

Langkah yang ke-2 yakni dengan menggunakan tehnik stek. Langkah menanam bunga mawar dengan stek sebenarnya cukup gampang. Meskipun gampang tetapi diperlukan tehnik yang pas agar kurangi efek ketidakberhasilan nanti. Oleh karenanya kami akan memberi tehnik tepat langkah stek tanaman mawar agar cepat berbunga.

Pertama sediakan siapkan media tanam dahulu. media tanam yang digunakan adalah tanah, kulit padi serta pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah semuanya disediakan lantas aduk sampai rata serta input dalam polybag memiliki ukuran sedang.
Setelah media tanam siap lantas tetapkan tanaman mawar yang akan di stek. Ada syarat-syarat pilih tanaman mawar yang akan di stek yakni pilih tangkai tanaman yang sudah tua serta jangan coba-coba menggunakan tangkai muda karena percuma tanaman tidak akan tahan lama.

Beberapa ciri tangkai yang sudah tua bisa disaksikan pada durinya, jika duri warnanya hitam bermakna tangkai itu sudah tua. Sedang pada tangkai muda durinya masih warnanya merah jambu. Langkah stek tanaman yang kami sarankan ini sudah dapat dibuktikan sukses seandainya tehnik yang kami anjurkan dikerjakan dengan pas.

Langkah selanjutnya yakni potong tangkai mawar yang sudah tua seputar satu jengkal dari ujung tangkai dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Potonglah tangkai itu dengan meruncing agar akar cepat tumbuh.
Selanjutnya alihkan potongan tangkai itu dalam media tanam yang telah disediakan dengan kedalaman 5-7 cm. Setelah itu letakan tanaman pada tempat yang terserang cahaya matahari langsung.

Pemeliharaannya agar tanaman cepat berbunga dengan menyiram tanaman dengan teratur tiap sore dan pagi hari. Beri pupuk susulan tiap satu bulan sekali.
Bila penyetekan sukses, alihkan tangkai hasil penyetekan ke pot. Awalnya, janganlah lupa untuk sediakan media tanam yang bagus untuk tumbuhnya tanaman bunga mawar ini. Gunakan tanah gembur, dapat digabung dengan sekam.

Janganlah sampai lupa untuk mencampurkan pupuk kandang di media tanam tadi sudah diterangkan. Jika kamu ingin menanam tanaman bunga mawar langsung pada tanah pekarangan rumah kamu, jangan asal-asalan pilih ruang untuk menanam tanaman bunga mawar.

Langkah Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot atau Polybag
Untuk Anda yang tertarik untuk menanam bunga mawar tapi tidak memiliki halaman rumah yang luas, kamu masih dapat menanam bunga yang cantik ini dalam pada pot. Ya, pasti teknik ini sudah banyak dipakai oleh beberapa penanam bunga mawar. penggunaan pot adalah langkah yang cukup sukses untuk memiliki tanaman hias walau tanpa ada memiliki tanah halaman yang luas.

Biasanya, untuk menanam bunga mawar kita bisa menggunakan tehnik stek untuk memperoleh bibit bunga mawar. Supaya memperoleh bibit bunga mawar yang baik, pilih tangkai bunga mawar yang sudah cukup kuat serta yang sudah memiliki lingkar tangkai yang cukup besar. Semakin lebih baik jika pilih tangkai yang berada di dekat pangkal tanaman bunga mawar.

Jika kamu keliru dalam pilih tangkai untuk di stek, seperti pilih tangkai bunga mawar yang masih kecil atau begitu muda, Tehnik stek ini tidak akan sukses. Serta tangkai bunga mawar itu cuma akan membusuk serta layu.

Penentuan Pot atau Polybag Untuk Menanam Bunga Mawar
Selanjutnya, kamu bisa menyiapkan pot jadi tempat menanam bunga mawar. Pilih pot yang pas dengan tekad kamu. Tapi, butuh diingat jika kamu butuh memerhatikan pot/polybag yang digunakan.

Jangan pilih pot. Kamu sebaiknya pilih pot yang memiliki lubang untuk air mengalir. Untuk penentuan media tanam bunga mawar sendiri, gunakan kombinasi tanah humus dengan pupuk kompos. Gabungan ini akan jadi media tanam yang sangat pas untuk tumbuhnya bunga mawar.

Langkah Menanam Bunga Mawar di Halaman/ Pekarangan
Sebetulnya langkah menanam bunga mawar dengan cara langsung hampir sama dengan menanam bunga mawar di pot atau polybag. Tetapi ada banyak hal yang penting kamu lihat, yakni:

Yakinkan ruang menanam bunga mawarnya tidak terserang paparan cahaya matahari langsung.
Pilih tempat yang saat hujan tidak digenangi air serta tanahnya tidak sudah terikut air atau longsor
Seharusnya pilih yang tanahnya lembab serta tidak kering.

Untuk perawatannya, seharusnya bunga mawar ini diletakkan dalam tempat yang tidak terserang paparan sinar matahari dengan cara langsung.