Blog

Tips Memilih Buku Bahasa Jepang Berkualitas

Jika kamu mengikuti kelas bahasa Jepang, baik itu di kursusan maupun LPK, maka biasanya lembaga terkait akan memberikan kamu sebuah buku yang harus dipelajari. Buku tersebut kemudian akan dibahas bersama dengan pengajar dari lembaga tersebut.

Tetapi jangan salah! Salah memilih buku juga bisa menjadi bumerang baik bagi diri anda maupun pengajar anda. Faktanya, beberapa lembaga mengajarkan murid-muridnya dengan menggunakan buku bahasa Jepang yang telah ketinggalan zaman. Padahal, bahasa Jepang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan zaman.

Contoh konkritnya, coba perhatikan buku pelajaran bahasa Jepang di SMA. Menurut sebuah situs belajar bahasa Jepang online bernama Weihome Gakuen, itu tidak seefektif buku lainnya. Bahkan, buku bahasa Jepang yang dipelajari di SMA tidak mencakup setengahnya dari materi ujian kemampuan bahasa Jepang N5.

Nah, bagi anda yang ingin memulai belajar bahasa Jepang dengan teks buku berkualitas, ada dua yang ingin kami rekomendasikan. Yaitu Minna no Nihongo dan Kiat Sukses Ujian Kemampuan Bahasa Jepang karangan Gakushudo. Kami telah bertahun-tahun menggunakan buku tersebut dan telah banyak mengantarkan murid kami memasuki JLPT dan lulus.

Selain itu, sisihkan pula uang anda untuk membeli kamus Bahasa Jepang. Hati-hati memilih kamus, anda harus melihat isi kamus yang ingin anda beli terlebih dahulu. Pastikan di dalamnya terdapat kanji dan cara baca furigana. Akan lebih bagus jika anda menemukan kamus yang juga memuat contoh kalimat dari setiap kata yang disajikan.

Terdapat pula kamus kanji yang bisa kamu pelajari. Biasanya, kamus kanji disusun berdasarkan banyaknya coretan. Kamus kanji yang baik juga akan memberikan cara baca On Yomi dan Kun Yomi, sekaligus beberapa contoh kata yang memuat daftar kanji tersebut.

Selain daripada itu, anda juga disarankan untuk membeli beberapa buku bahasa Jepang bebas lainnya, dimana memuat kalimat-kalimat slang bahasa Jepang, belajar seni budaya Jepang, serta pengetahuan umum tentang Negara Jepang. Hal ini mengingat setiap bahasa pasti memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan budaya dari negeri itu sendiri.