Blog

Tips Membuat Website untuk Barbershop yang dapat Anda Coba

Secara umum, website merupakan sebuah jendela toko virtual dan alat pemasaran utama untuk membantu bisnis barbershop Anda untuk menonjol dari persaingan dan menarik para calon pelanggan baru. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa website tersebut mudah digunakan, menarik untuk dilihat, dan layak untuk dikunjungi.

Terdapat beberapa tips agar website Anda memenuhi beberapa kriteria tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasannya:

1. Memilih tampilan website yang tepat

Saat ini, terdapat banyak sekali pilihan desain dan warna website yang luar biasa – tetapi jangan terbawa suasana. Tujuan Anda adalah Anda harus membuat sebuah website yang mencerminkan tampilan dan nuansa yang ada pada bisnis barbershop Anda. Misalnya, jangan pilih desain website yang terlalu ramai dan penuh warna jika barbershop Anda memiliki nuansa yang tenang dan minimalis. Contoh lain, apabila Anda memiliki bisnis barbershop bertema retro, maka Anda harus memiliki website yang terlihat retro pula.

Pastikan bahwa ketika orang beralih antara website dan akun media sosial Anda, mereka melihat ‘tampilan dan perasaan’ yang sama sehingga kehadiran online Anda terlihat autentik di mata mereka.

2. Website Anda harus mobile-friendly

Ingatlah bahwa banyak orang sekarang dapat dengan mudah mengakses internet melalui perangkat seluler mereka. Ini berarti desain website Anda harus bekerja dan terlihat bagus di berbagai ukuran layar, termasuk laptop, tablet, dan ponsel. Ini disebut sebagai ‘desain website yang responsif’.

Desain website yang responsif berarti bahwa para pengunjung website Anda tidak akan memiliki masalah ketika melakukan navigasi, mengkliki tautan, atau menggunakan menu. Website yang dirancang secara responsif harus dapat dimuat dengan cepat pada perangkat seluler dan pelanggan tidak perlu lagi memperbesar atau memperkecil ukuran layer untuk melihat teks dan gambar dengan jelas.

3. Membuat konten yang berkualitas

Perlu diingat, jangan tergoda untuk menulis teks dalam jumlah besar pada website Anda. Banyak orang memiliki rentang perhatian yang sangat pendek dan tidak akan memiliki kesabaran untuk membacanya. Buat teks Anda singkat dan “to the point”. Poin-poin dapat digunakan sebagai pengganti paragraf teks. Hal ini menciptakan lebih banyak dampak positif dan lebih mudah dibaca.

Pastikan sepenuhnya bahwa semua teks Anda memiliki tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar. Dapatkan sebanyak mungkin orang untuk memeriksanya sebelum mengunggahnya pada website Anda.

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi pastikan pengunjung yang membuka website Anda dapat melihat langsung melihat layanan dan produk apa yang Anda tawarkan. Informasi yang membingungkan akan membuat para pengunjung website enggan mencari tahu lebih lanjut.

4. Membuat format website yang jelas

Pastikan para pengunjung website dapat dengan mudah melakukan navigasi pada beberapa poin penting yang ada. Sebagai contoh:

  • Rincian kontak
  • Detail lokasi
  • Jam buka operasional
  • Layanan, perawatan dan produk yang Anda tawarkan.
  • Harga layanan dan produk
  • Sistem reservasi secara online (jika Anda memilikinya).

Semua informasi ini tidak harus ada di beranda Anda, tetapi para pelanggan harus dapat dengan mudah mengaksesnya dari beranda website Anda. Selalu memiliki setidaknya satu tautan (link) utama untuk kembali ke beranda Anda di setiap halaman website tersebut.

Selain itu, mengoptimasi website Anda juga penting agar dapat ditemukan pada mesin pencari dan ada di peringkat pertama. Mesin pencari (Google) bergantung pada setiap halaman website Anda yang memiliki judul yang relevan dengan konten yang berkualitas. Oleh karne itu, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari jasa pembuatan website yang berkualitas sehingga website Anda lebih mudah ditemukan.

5. Beberapa informasi tambahan yang harus dimiliki

Selain beberapa poin di atas, Anda mungkin juga ingin memasukkan beberapa informasi tambahan di website, seperti detail lebih lanjut tentang bisnis Anda, staf Anda, dan produk yang Anda gunakan. Tautan ke halaman ini tidak perlu cukup menonjol seperti informasi utama yang tercantum di atas, tetapi jangan membuatnya terlalu sulit untuk ditemukan oleh para pengunjung.

6. Menggunakan foto berkualitas tinggi

Menggunakan foto berkualitas tinggi adalah salah satu kunci dalam industri barbershop dan suatu keharusan bagi website Anda. Jika Anda tidak memiliki bakat dalam bidang fotografi, pertimbangkan untuk menggunakan fotografer lepas untuk mengambil beberapa gambar utama tentang bisnis barbershop Anda.

Terdapat beberapa tips tentang foto apa yang harus di posting pada website Anda, seperti:

  • Foto sebelum dan sesudah.
  • Foto kegiatan staff Anda ketika melayani para pelanggan
  • Foto eksterior dan interior untuk menunjukkan tema dari bisnis barbershop Anda.
  • Gambar individual tim Anda yang dapat Anda gunakan dengan bio singkat.

Perlu diingat juga jika Anda tidak dapat menggunakan foto klien Anda tanpa izin tertulis dari mereka. Hal yang sama berlaku untuk testimonial yang mungkin diberikan klien Anda.

Akhir kata, website dapat dikatakan merupakan hal penting bagi bisnis barbershop, apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini. Pastikan Anda secara teratur memelihara website Anda dan tetap memperbaruinya. Pastikan tidak ada tautan yang rusak ke halaman lama dan hindari terus-menerus memindahkan halaman karena hal ini dapat merusak alamat website Anda dan membahayakan peringkatnya pada mesin pencari.