Blog

Baru Pindah? Ini Tips Membersihkan Rumah Baru Agar Nyaman Ditempati

Ingin pindah ke rumah baru? Saat pertama kali menempatinya Anda mungkin tidak bisa langsung leluasa. Rumah harus lebih dulu dibersihkan supaya nyaman ditempati. Untuk itu, kali ini ada tips membersihkan rumah baru untuk Anda.

Awal menempati rumah baru, kegiatan bersih-bersih wajib dilakukan. Ini penting untuk memastikan kenyamanan Anda tinggal didalamnya. Karena meskipun baru, ada banyak sekali yang perlu dibersihkan. Misalnya debu dan kotoran sisa pembangunan. Bahkan sarang laba-laba dan semut yang mungkin juga ada.

baca juga artikel jasa bersih rumah tangerang

Maka dari itu, pastikan Anda membersihkannya rumah lebih dulu. Nah, berikut adalah tips dan cara membersihkan rumah baru:

  1. Bersihkan Beberapa Kali Sebelum Ditempati

Sebelum benar-benar ditempati, rumah harusnya sesering mungkin dibersihkan. Perhatikan apakah masih ada yang terlewat. Atau mungkin ada bagian lain yang perlu di renovasi.

Pastikan setiap ruangan sudah disapu dan di pel dengan bersih. Bila perlu, cari tahu juga cara membersihkan keramik rumah baru. Supaya seluruh lantai benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Pembersihan berkali-kali ini juga bertujuan menghilangkan bau rumah. Sehingga tidak ada aroma lembap atau aroma semen dan bahan bangunan.

  1. Mulai Dari Bagian Yang Paling Tinggi

Ketika membersihkan rumah, mulailah dari bagian paling tinggi. Misal atap dan sudut plafon juga dinding. Gunakan sapu, kemoceng panjang atau apapun yang dapat menjangkaunya. Juga spons kering untuk mengusap dinding.

Baru setelah itu bersihkan bagian yang lebih rendah. Mulai dari jendela, pintu hingga lantai yang terakhir. Hal yang sama berlaku untuk ruangan lainnya. Baik itu kamar tidur, kamar mandi maupun dapur.

Dengan membersihkan bagian tinggi lebih dulu, kotoran tidak akan mengotori bagian yang sudah dibersihkan. Sehingga Anda tidak perlu bekerja dua kali.

pelajari juga artikel mengenai tentang cleaning service tangerang

  1. Perhatikan Bagian Yang Akan Sulit Dijangkau

Saat rumah sudah terisi, akan ada bagian yang sulit dijangkau. Entah itu karena tertutup atau terhalang furniture. Untuk itu, bersihkan dulu saat rumah masih kosong. Bagian tersebut termasuk lis pembatas lantai dan dinding atau dinding dan plafon. Atau juga ventilasi udara serta loteng.

  1. Utamakan Bagian Paling Sering Disentuh

Ada banyak bagian yang paling sering disentuh. Antara lain kenop pintu, saklar, meja dan keran air. Bersihkan dengan lap yang telah direndam air dan sabun. Kemudian keringkan menggunakan lap bersih.

  1. Bersihkan Bagian Lantai

Untuk rumah yang belum pernah ditempati, lantai bisa dibersihkan dengan cara diguyur air. Namun hindari cara ini bila lantai dari keramik atau marmer. Cara membersihkan keramik rumah baru adalah dengan mengepelnya. Ini untuk menghindari menyebabkan kerusakan pada lantai.

  1. Bersihkan Furniture

Sebelum memasukkan furniture, pastikan dulu semuanya bersih. Jangan sampai furniture malah kembali mengotori rumah. Bersihkan semua yang akan masuk ke dalam rumah dengan mengelapnya.

Itulah tadi beberapa tips membersihkan rumah baru. Mudah, bukan? Bila rumah bersih, keluarga pun pasti akan nyaman tinggal di rumah baru Anda.