Blog

3 Tips Cepat Membersihkan Sofa dari Kotoran dan Bulu Binatang

Tak ada yang mustahil dari tips cepat membersihkan sofa. Sebagai salah satu perabot dalam keperluan rumah tangga, sofa dapat ditempatkan di berbagai ruangan. Sebut saja ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur. Desain dan warnanya yang bervariasi pun memudahkan Anda saat menyesuaikannya dengan interior ruangan.

Di sisi lain, Anda juga harus rajin merawat sofa supaya tahan lama. Jenis pemeliharaannya juga terbilang praktis dan tiga di antaranya bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Detergen dan air untuk menumpas noda

Membersihkan noda membandel ternyata cukup mudah, apalagi kalau Anda segera melakukannya tak lama setelah kotoran atau noda tersebut menempel pada permukaan. Pada tips cepat membersihkan sofa ini, Anda perlu kenali dulu jenis nodanya. Tipe yang berlemak bisa langsung diatasi dengan campuran air dan detergen. Kemudian, pakai lap atau spons untuk mengangkatnya.

baca juga: cuci sofa tangerang

Akan tetapi, jenis noda seperti cat, tinta, dan darah memerlukan perlakuan khusus. Anda perlu mengeringkannya dengan menggunakan hair dryer atau vacuum cleaner, lalu bersihkan perlahan dengan detergen dan air sebelum ditambahkan alkohol. Pastikan kadar alkohol yang dituangkan tak berlebihan supaya bahan sofa tak rusak.

tips cepat membersihkan sofa

  1. Mengangkat kotoran dengan cuka dan air

Cuka memiliki kandungan zat asam bernama klorin yang sanggup menghilangkan kotoran maupun noda secara efektif. Jadi, kalau Anda tak punya alkohol, cuka bisa diandalkan dalam tips cepat membersihkan sofa ini. Selain lebih aman, cuka mudah didapatkan di minimarket dengan harga yang lebih terjangkau.

Apakah noda atau kotoran di sofa belum bersih sempurna? Anda dapat mengandalkan pembersih khusus untuk perabot tersebut. Sebelumnya, Anda juga harus perhatikan kandungan dalam produk tersebut, karena ada yang dikhususkan untuk pelapis berbahan kain, kanvas, kulit, hingga kayu. Jadi jangan sampai Anda salah beli!

baca juga: jasa cuci sofa tangerang

  1. Membersihkan sofa dari bulu hewan peliharaan

Memelihara hewan seperti kucing dan anjing terkesan menyenangkan, tetapi ada sejumlah risiko yang harus dihadapi. Salah satunya adalah permukaan sofa yang ditempeli bulu. Tips cepat membersihkan sofa yang cukup ampuh dalam menangani masalah ini adalah memakai vacuum cleaner atau penyedot debu sampai permukaan sofa bebas bulu dan kotoran lainnya.

Jika Anda tak mau repot memakai perangkat elektronik, sekarang sudah ada banyak produsen yang memasarkan sikat khusus pengangkat bulu binatang. Anda hanya perlu menyisiri permukaan sofa sampai semua bulu terangkat. Hanya saja metode ini kurang efektif karena cakupan sikat yang tak seluas vacuum cleaner dan cukup melelahkan.

Anda yang membutuhkan profesional atau terlalu sibuk untuk melakukan perawatan bisa meminta jasa pembersihan sofa terpercaya. Selain memberikan layanan, mereka juga akan berbagi tips cepat membersihkan sofa yang bisa dipraktikan untuk memperpanjang usia perabot.