Blog

Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Alami Untuk Diabetes

Kadar gula darah diabetes akan naik dengan sangat mudah jika tidak dikelola dengan baik. Karena itu, menjaga kestabilan normal gula darah adalah kunci utama bagi tubuh untuk selalu sehat meski Gluconormix diabetes.

Sebagian besar orang Indonesia masih percaya bahwa menggunakan obat tanaman herbal alami adalah terapi suportif untuk diabetes.

Apa saja obat herbal yang menurut penelitian memiliki potensi untuk membantu mengendalikan gula darah pada penderita diabetes?

  1. Ginseng

Ginseng terkenal di seluruh dunia karena prestise-nya, yang diyakini mampu mengobati berbagai penyakit. Akar tanaman ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk meningkatkan resistensi.

Nah, penelitian terbaru menemukan bahwa ginseng memiliki kandungan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk diabetes. Senyawa alami dalam ginseng dilaporkan membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh, sehingga mencegah gula darah melonjak secara tiba-tiba.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Plants Research juga menunjukkan efektivitas ginseng sebagai obat alami untuk diabetes. Baik akar, buah-buahan dan daun ginseng dari spesies Amerika dan Asia sama-sama efektif dalam mengendalikan kadar gula darah.

Menurut penelitian, ginseng ini bisa mengurangi gula darah puasa (GDP), gula darah pasca makan (GD2PP), dan gula darah selama 3 bulan terakhir (HbA1c). Namun, besarnya efek pengurangan ini sangat bervariasi, tergantung pada jumlah senyawa aktif yang terkandung dalam setiap jenis ginseng.

Bahkan, penelitian lebih lanjut dengan ruang lingkup yang lebih luas masih diperlukan untuk memastikan efektivitas ginseng sebagai obat tradisional untuk diabetes. Sebelum mengambil ginseng sebagai obat herbal untuk diabetes, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

  1. kunyit

Tidak hanya itu penyedap makanan, kunyit juga dianggap sebagai obat alami yang mungkin bagi diabetes untuk mengontrol gula darah. Manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk penderita diabetes berasal dari kandungan antioksidannya.

Dengan mengonsumsi obat tradisional ini, kadar gula darah diabetik dapat menurun hampir 18% setelah mengonsumsi 300 mg kunyit dalam bentuk ramuan obat per hari.

Studi lain dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,5 gram kunyit setiap hari selama 9 bulan mencegah perkembangan diabetes tipe 2 pada orang dengan prediabetes. Selain itu, kunyit juga telah terbukti dapat mencegah komplikasi diabetes.

  1. kayu manis

Juga, ada kayu manis yang bisa Anda jadikan sebagai obat diabetes alami. Ramuan ini dipercaya dapat mengurangi tingkat resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan, dan melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Sebuah studi yang mendukung manfaat kayu manis dalam menurunkan gula darah adalah penelitian dari Journal of Diabetes Science and Technology.

Menurut penelitian, mengonsumsi 1, 3, atau 6 gram kayu manis per hari untuk penderita diabetes tipe 2 dapat mengurangi kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang terkait dengan tekanan darah tinggi dan jantung.

Tentu saja, itu tidak berarti bahwa makan kayu manis memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi gula dan karbohidrat. Anda masih perlu mengikuti aturan makan sehat khusus untuk diabetes.

Untuk menambahkan obat diabetes tradisional ini ke dalam diet diabetes Anda, coba ikuti petunjuk ini:

Tambahkan ¼-½ sendok teh kayu manis per hari ke dalam makanan Anda, baik dalam makanan maupun minuman. Periksa dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Selalu gunakan dosis yang sama setiap hari untuk menghindari kenaikan dan penurunan kadar gula darah.

Gunakan kayu manis atau tongkat, bukan produk kayu manis seperti minyak kayu manis, misalnya. Methylhydroxicalcone polimer (MHCP), bahan utama dalam kayu manis yang memiliki efek seperti insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin, tidak ditemukan dalam minyak kayu manis.

Meski begitu, masih banyak penelitian dengan hasil yang bertentangan terkait dengan efek kayu manis dalam mengendalikan kadar gula darah.

Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membenarkan bahwa kayu manis dapat diandalkan sebagai obat Gluconormix  diabetes tradisional. Anda juga bisa dapatkan produk obat herbal diabetes Gluconormix di https://distributorgluconormix.com.

  1. jintan hitam

Jintan hitam sejak awal kemunculannya dianggap sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Jintan hitam atau juga dikenal sebagai Black Seed, mampu melawan peradangan, mengurangi kadar lemak dalam darah dan menjaga kesehatan dari hati dan hati. Penelitian dalam jurnal Oxidative Medicine dan Cell Longevity in Animals juga menemukan hal yang sama.

Manfaat biji hitam sebagai obat herbal herbal berasal dari kandungan antioksidan thymoquinone. Antioksidan ini ditemukan mengontrol gula darah sambil membantu meningkatkan produksi sekresi insulin.

Antioksidan thymoquinone juga dapat mencegah timbulnya dislipidemia diabetik. Dislipidemia adalah suatu kondisi ketika kadar lemak dalam darah abnormal, baik terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Studi lain menemukan bahwa jintan hitam dapat membantu mengurangi jumlah gula darah puasa, gula darah setelah makan, dan kadar HbA1c.

Sayangnya, beberapa penelitian tentang jintan sebagai obat diabetes tradisional yang dilakukan masih terbatas pada hewan. Uji klinis manusia masih diperlukan untuk menunjukkan manfaat jinten hitam sebagai obat herbal herbal untuk diabetes.

  1. Jahe

Jahe adalah jenis rempah yang populer karena manfaatnya yang melimpah, bahkan sebagai obat herbal untuk diabetes.

Penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c pada 88 penderita diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama delapan minggu.

Efektivitas jahe sebagai obat herbal untuk diabetes bukan hanya itu. Jahe dikenal untuk mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi mata, serta penyakit jantung akibat diabetes.

Namun, lagi-lagi hasil penelitian tentang manfaat jahe sebagai obat alami untuk diabetes masih terbatas. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan efektivitas dan keamanan jahe sebagai obat Gluconormix diabetes herbal.