Blog

Pengertian Proposal: Fungsi dan Tujuan Proposal

Proposal adalah rencana yang dibuat dalam sebuah bentuk tulis serta dijelaskan secara sistematis dan rinci. Umumnya proposal digunakan untuk pedoman kerja atau pun acuan dalam pelaksanaan suatu kegiatan yang sudah direncanakan.

Sedangkan secara etimologis istilah Proposal berasal dari bahasa Inggris yakni “Propose” yang mempunyai arti pengajuan / mengajukan / permohonan. Salah satu pihak memberikan sebuah Proposal ide, rencana, gagasan kepada pihak lain supaya pihak tersebut memberikan dukungan kepada pengaju Proposal. Dukungan tersebut bisa berupa dana, izin, persetujuan, dan lain sebagainya.

 

Fungsi Proposal

Dengan dibuatnya proposal tersebut pasti memiliki tujuan dan fungsi, baik itu untuk pihak pengaju proposal serta pihak yang menerima proposal tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi proposal, antara lain.

  • Bidang Penelitian Umum, proposal bisa berfungsi untuk dasar pelaksanaan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan lain sebagainya.
  • Dalam Bidang Usaha untuk Bisnis, Proposal juga bisa berfungsi untuk proyeksi dan gambaran dalam mendirikan suatu usaha.
  • Proposal berfungsi untuk memberikan sebuah informasi yang detail megenai kegiatan pengajuan dana dalam pelaksanaan sebuah kegiatan. Contohnya saja seperti kegiatan perayaan, pelatihan, seminar, dan lain sebagainya.
  • Sedangkan dalam suatu proyek, proposal bisa berfungsi untuk dasar melakukan tender, baik itu untuk perusahaan pemerintah atau pun perusahaan swasta.

 

Tujuan Proposal

Secara umum dibuatnya proposal adalah supaya mendaptkan perstujuan atau pun izin dari sutau pihak emngenai sebuah rencana atau pun rancangan yang ingin dilaksanakan. Selain itu, tidak sedikit juga yang menggunakan proposal untuk pengajuan permohonan sponsorship kerjasama dengan pihak yang lain.

Selain utnuk menjelasakan emngenai rincian kegiatan yang ingin dilakukan, umumnya dalam Proposal dituliskan juga jumlah dana yang dibutuhkan dalam melaksanakan suatu kegiatan, jadi intinya isi dari sebuah Proposal hars mudah dimengerti pihak yang diminta izin / persetujuan / dana.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai proposal mulai dari pengertian proposal, fungsi proposal, dan tujuan dibuatnya proposal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

www.pintarnesia.com