Blog

Pengertian Manajemen Informatika

Manajemen merupakan penggunaan sumber daya yang efektif untuk bisa mencapai target. Sedangkan Informatika di dalam bahasa Inggris yakni Informatics adalah suatu displin ilmu yang mempelajari tentang transformasi fakta berlambang yaitu data dan juga informasi pada mesin yang berbasis komputasi.

Pengertian manajemen informatika yaitu ilmu yang memanajamen informasi melalui bahasa komputer ataupun pemrograman.

Program Studi Manajemen Informatika memberikan pemahaman, keterampilan dan juga kompetensi praktis dalam usaha pemberdayaan melalui proses manajemen data menjadi informasi dalam meningkatkan kinerja serta daya saing perusahaan.

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek yaitu:

  • Teori informasi yakni mempelajari tentang konsep matematis dari suatu informasi.
  • ilmu informasi yakni mempelajari tentang cara pengumpulan, klafikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan hingga penyebarluasan informasi dalam kepentingan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh.
  • ilmu komputer dan teknik komputer yakni mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain berbasis komputer.
  • Sistem informasi yakni mempelajari mengenai teknik dalam pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang sudah ada.

Biasanya dalam Manajemen Informatika terdapat juga Pemograman yang artinya proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis ke dalam bahasa pemograman. Tujuannya adalah untuk memuat suatu program yang bisa melakukan suatu perhitungan maupun pekerjaan yang sesuai dengan keinginan oleh si pemogram. Untuk bisa melakukan pemograman, diperlukan keterampilan mengenai algoritma, logika, bahasa pemograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Prospek Kerja Manajemen Informatika

Prospek kerja manajemen informatika sangat terbuka luas, terutama untuk mereka yang mampu dalam berpikir kreatif dan bekerja secara profesional di bidang pilihannya. Berikut ini adalah beberapa bidang kerja yang bisa kita pilih bila menguasai manajemen informatika:

  • Menjadi Administrator Sistem dan Web
  • Menjadi Konsultan Desain
  • Menjadi Junior Programmer
  • Menjadi Tenaga Ahli Desain Grafis