Blog

Mutiara Doa “Berdoalah Kepadaku Niscaya Akan Aku Kabulkan”

Berdoalah Kepadaku Niscaya Akan Aku Kabulkan

Banyak sekali ayat yang menerangkan tentang agungnya berdoa dan tentang ALLAH yang berjanji akan mengijabah setiap doa yang di panjatkan oleh seorang muslim, dan juga sebuah hadits yang mahfumnya “Doa adalah senjata orang muslim”, sangat banyak ayat dan hadits yang menerangkan keutamaan dan manfaat dari berdoa ini. Pertanyaan klasik dan masih sering di tanyakan adalah, saya sudah berdoa setiap hari dan berlangsung lama tapi kok doa saya tidak di kabulkan? apa yang salah?.

Baca juga: Doa Untuk Orang Meninggal

Definisi Doa Yang Dikabulkan Oleh ALLAH Azza Wa Jallaa

Sebelummebahas tentang kenapa doa kita tidakdi kabulkan, terlebih dahulu harus kita pahamimakna daridikabulkannya doa oleh ALLAH Subhanahuwataala, Ada tiga keadaan atau tiga kondisi ketika ALLAH Subhanahuwataala mengabulkan doa kita, yaitu:

  1. Doa kita dikabulkan seperti yang kita minta. Misalkan kita minta mobil dengan harga 1 milyar, maka ALLAH Subhanahuwataala memberikan persis yang kita minta.
  2. Doa kita di kabulkan dengan harga yang sesuai dengan yang kita minta, contohnya seperti kita minta mobildi atas, maka ALLAH Subhanahuwataala tidak memberikan mobil tersebut, tapi ALLAH Subhanahuwataala memberikan mobil yang berharga 100 juta tapi dengan harga mobil itu kita akan di hindarkan dari kecelakaan, di hindarkan dari penyakit dan lain sebaginya.
  3. Doa kita di berikan di akhirat, kita tidak diberikan mobil seperti contoh di atas, tapi kita akan di berikan pahala oleh ALLAH Subhanahuwataala pahala nanti di akhirat, dan ini adalah pahala yang sangat besar dan ini adalah hal yang paling berharga nanti di akhirat melebihi harga mobil yang harganya 100 milyar sekalipun.

Ketiga keadaan tentang di kabulkannya doa tersebut di dapat dari keterangan hadits nabi Muhammad Sallaahu Alaihi Wassallam, dan kita harus yakin dengan hadits tersebut.

Sebab Doa Tidak Di Kabulkan

Ada beberapa doa yang tidak di kabulkan oleh ALLAH Subhanahuwataala, ini karena beberapa sebab, diantaranya adalah:

Kita meminta sesuatu yang di larang oleh ALLAH Subhanahuwataala atau meminta sesuatu yang haram, seperti misalkan kita berdoa untuk menjadi suami dari istri orang atau kita menginginkan wanita yang sudah bersuami dengan berdoa agar wanita tersebut bercerai dengan suaminya, maka doa seperti ini dan yang semisaltidakakan di kabulkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Makanan yang kita makan dan pakaian yang kita kenakan adalah berasaldarisesuatu yang haram, maka ALLAH Subhanahuwataala tidak akan mengabulkan doa kita.

Kita berdoa untukkecelakaan orang lain, jelas ini terlarang dan tidakakan di kabulkan oleh ALLAH Subhanahuwataala.

Itulah ketiga sebab doa kita tidak di kabulkan oleh ALLAH Subhanahuwataala, selain itu maka doa kita akan di kabulkan oleh ALLAH Subhanahuwataala dengan pengabulan yang di terangkan di atas, semoga artikel ini bermanfaat, untuk membaca tentang artikel keislaman silahkan kunjungi website islami https://penaungu.com, banyak artikel ilmu islam yang bisa kita ambil hikmahnya.