Blog

Mengatasi Gigi Berlubang dengan Tambal Gigi Jogja

Tambal Gigi JogjaKetika gigi berlubang rasanya seperti sangat menderita karena seringkali timbul rasa sakit yang luar biasa, wajar saja ada lirik lagu yang menyebutkan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Nah, banyak orang yang merasa bingung mengenai tindakan apa yang harus diambil, apakah harus dicabut atau ditambal.

Pada dasarnya, gigi merupakan bagian mulut yang sangat penting untuk mengunyah makanan sebelum masuk ke dalam tubuh. Jika gigi berfungsi dengan baik maka makanan yang dikunyah akan menjadi lunak sehingga mudah ditelah dan dapat dicerna dengan mudah. Selain itu, gigi juga merupakan salah satu penunjang penampilan loh, dengan gigi yang bersih dan sehat maka senyum akan terlihat cemerlang.

Cara Merawat dan Tambal Gigi Berlubang

Dalam merawat gigi yang berlubang ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu mencabut dan juga menambal gigi berlubang. Namun, proses pencabutan dan juga penambalan gigi ini tidak bisa langsung dilakukan karena harus dilihat dahulu sejauh mana infeksinya. Selain itu, dilihat juga saraf yang berhubungan dengan gigi yang berlubang karena jika asal cabut atau tambal bisa sangat berbahaya.

Lubang pada gigi sangat rentan dimasuki oleh berbagai jenis bakteri sehingga dapat menimbulkan infeksi. Anda bisa melakukan tambal gigi tapi dengan syarat sakit gigi yang dirasakan sudah hilang dan saraf giginya sudah tidak tegang.

Proses penambalan sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman karena nanti akan dilakukan pengamatan tingkat kedalaman lubang pada gigi terlebih dahulu menggunakan alat-alat khusus kodokteran gigi.

Perawatan gigi ini disebut root canal treatment untuk akar gigi yang berfungsi supaya akar gigi terbebas dari berbagai macam bakteri dan juga steril. Jika sudah benar – benar steril maka proses penambalan bisa dilakukan. Bahan yang digunakan untuk menambal terasa sedikit dingin, supaya lebih rata bahan tambalannya biasanya dokter akan bor setiap sisi lubang pada gigi.

Nah, buat Anda yang sekarang ini memiliki gigi berlubang sebaiknya jangan didiamkan lama-lama, segera lakukan tindakan di rumah sakit ataupun klinik tambal gigi Jogja yang lokasinya dekat dengan rumah Anda, karena jika semakin lama didiamkan bisa berbahaya.