Blog

Mau kuliah jurusan kedokteran ? Coba baca ini

Jika ditanya, apa pilihan kuliah paling bergengsi di Indonesia? Mungkin banyak yang akan menjawab, jurusan medis!

Ya, setiap tahun ribuan lulusan sekolah menengah bersaing dengan departemen yang biasanya memiliki “kelas lewat” tertinggi. Motivasi lulusan sekolah menengah yang ingin memasuki departemen medis tidak jauh dari alasan berikut:

“Keren lah bisa jadi dokter. Profesi idaman calon mertua banget!”
“Kata mama ambil Kedokteran aja. Kerjaannya udah jelas. Dapat duit banyak. Bisa cepat kaya.”
“Gue jago dan suka banget Biologi dari dulu. Cocoklah jurusan Kedokteran buat gue.”
“Menjadi dokter itu adalah pekerjaan mulia. Gue mau menjadi sosok penolong di masa depan.”

 

Apa pun motivasinya, sebenarnya itu sah, selama itu telah menjadi dokter, ia dapat bekerja dengan integritas. Masalahnya adalah … Tidak ada lulusan sekolah menengah yang terkejut ketika mereka berhasil memasuki jurusan ini karena ternyata kuliah dan dunia medis jauh berbeda dari apa yang mereka bayangkan sejauh ini.

 

Banyak yang tidak mengerti apa yang akan mereka pelajari dan tantangan yang akan mereka hadapi untuk menjadi dokter. Dalam beberapa kasus, beberapa begitu tertekan, kehilangan motivasi belajar, tidak dapat bertahan hidup, dan kasus terburuk adalah penurunan dari departemen bergengsi ini. Tentu saja Anda tidak ingin merasa seperti itu?

Agar mudah lulus , silahkan ikuti Bimbel jaminan masuk Kedokteran PTN UI UNPAD terbaik dulu ! .

Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang seluk beluk kuliah dan dunia kedokteran di Indonesia. Oh ya, kami adalah kenalan terlebih dahulu. Nama saya Thomas Adhi Nugroho Chaidir. Panggil saja Thomas. Saya bepergian pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran. Pada saat ini saya sedang melakukan periode interferensi sebagai dokter.

 

Pada artikel ini, saya akan membongkar berbagai pandangan yang salah tentang jurusan medis. Saya juga akan menjelaskan perjalanan dan tantangan yang akan Anda hadapi untuk memegang gelar dokter dan bekerja di komunitas. Pada akhirnya, saya berharap Anda dapat memahami realitas dunia kedokteran di Indonesia dan memutuskan apakah Anda benar-benar memiliki alasan kuat untuk menjadi dokter.

 

Apa itu ilmu kedokteran?
Sebelum kita masuk lebih dalam tentang Departemen Pendidikan Dokter, adalah ide yang baik untuk memahami ilmu kedokteran itu sendiri. Apa perbedaan antara ilmu kedokteran dengan biologi yang telah kita pelajari di sekolah menengah selama ini?

Menurut Merriam-Webster, obat didefinisikan sebagai:

“Sains atau seni bergerak dalam perawatan kesehatan, serta pencegahan, pengobatan atau pengelolaan penyakit.”

Dari kata-kata “kesehatan” dan “penyakit”, kita dapat menyimpulkan bahwa ada faktor-faktor tertentu yang dapat dipengaruhi oleh “kesehatan” dan “penyakit”, yaitu tubuh manusia. Dengan kata lain, ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari bagaimana tubuh manusia bekerja, keseimbangannya, faktor-faktor yang dapat mengganggu fungsi dan keseimbangan, dan bagaimana memelihara dan mengembalikan ketidakseimbangan dan gangguan fungsi ke fungsi normal dan keseimbangan.

Jadi, jika Anda menyukai pelajaran biologi tetapi sebenarnya lebih suka mengamati flora dan fauna seperti acara geografis nasional atau seperti teknologi rekayasa genetika seperti dalam film Jurassic Park; Anda akan menyimpang jika Anda memasukkan obat