Blog

Kualitas Susu Rendah Jadi Halangan Beberapa Peternak Susu Sapi

beatbiz. NET,  – Keinginan pada susu sapi dari industri condong bertambah tiap-tiap tahunnya. Walaupun begitu hal itu belum searah dengan kualitas susu rendah pada tingkat peternak.

Head of Raw Material Ingredients C&P Danone Indonesia, Agus Budiyanto menjelaskan hal itu jadi concern dari industri pengolah susu sapi.

” Terdapat banyak susu sapi pada tingkat peternak yang mutunya belum wajar buat diterima industri, ” kata Agus selesai diskusi di Sambisari, Kalasan pada Selasa (21/01/2020) siang.

Menurut Agus, satu diantara sinyal susu bermutu ialah angka kuman.

Kualitas susu yang rendah dapat juga disaksikan dari penampilannya dengan cara kasat mata.

Semisalnya saja, apabila angka kuman tinggi karenanya susu condong ringan rusak sebelum diproses.

Keadaan ini pun memiliki pengaruh pada rasa produk yang dibuat.

Kualitas Susu Rendah Jadi Halangan Beberapa Peternak Susu Sapi

Bahaya Mengkonsumsi Susu Kualitas Rendah

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.
Danone lewat PT Sarihusada lantas merajut kemitraan dengan beberapa peternak buat membuahkan susu sapi bermutu.

Hasilnya, penghasilan peternak susu sapi jadi bertambah.

” Banyak entrepreneur minuman dan makanan beli susu fresh langsung dari koperasi binaan Sarihusada, ” kata Esti bertindak sebagai Pimpinan Persusuan KJUB Puspetasari.

Sesaat Kabid Peternakan serta Kesehatan Hewan DP3 Sleman Harjanto menjelaskan sekarang telah banyak peternak sapi perah yang mengerti utamanya susu bermutu.

Metodenya dengan berusaha adanya pakan dan bibit sapi perah yang terjamin kwalitasnya.

” Ini tak terlepas dari kepedulian koperasi pada beberapa peternak jadi partner mereka, ” kata Harjanto. (AgenAsli. COM)

Cara Memilih Susu Sapi Berkualitas Rendah

Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman.[butuh rujukan]

Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.