Blog

Khasiat Brotowali sebagai jamu penghilang jerawat

Apakah Anda pernah dengar jamu brotowali? Jamu tradisional yang tidak lagi diragukan manfaatnya menyembuhkan berbagai penyakit, seperti menyembuhkan jerawat pada wajah. Walaupun memiliki rasa pahit, brotowali dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Brotowali termasuk ke dalam tanaman herbal atau tradisiomal yang telah dimanfaatkan selama bertahun-tahun oleh banyak masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Memiliki nama lain Tinospra crispa, tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kandungan Brotowali

Brotowali tentunya mengandung bahan kimia di dalamnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahan kimia tersebut yaitu alkaloid, berberin, dan columbina yang berguna untuk membunuh bakteri yang terdpat pada luka. Selain itu, ada zat prikroretin, glikosida, harsa, kolulin, dan zat pati sebagai zat pemberi rasa pahhit untuk merangsang urat saraf dan membuat sistem pernafasan bekerja.

Sifat Brotowali

Analgesik untuk menghilangkan rasa sakit

Alkaloid dan flavonoid untuk anti infertilitas alami

Antipiretik unutuk menurunkan panas

Antineoplastik untuk mencegah kanker dan tumor

Antidiabetik sebagai pengontol gula darah

Antioksidan untuk melindungi dari serangan radikal bebas

Imunologi sebagai penstimulus sistem imune dalam tubuh

Antideperesan sebagai penghambat aktivitas monoamine oxidase

Antiporotik untuk memadatkan tulang

Anti alergi sebagai zat penghilang resiko alergi

Manfaat Brotowali untuk Jerawat

Sejak ratusan tahun lalu, brotowali telah digunakan oleh nenek moyang sebagai obat yang berkhasiat bagi kesehatan juga dimanfaatkan sebagai obat pencegah bakteri penyebab jerawat.

Sangat mudah untuk menggunakan brotowali, cukup dengan merebus lalu meminumnya jika digunakan sebagai jamu, atau membuatnya menjadi masker kemudian dioleskan ke bagian daerah yang berjerawat ataupun terluka.

Berikut adalah beberapa khasiat masker jerawat dari tanaman brotowali :

  • Menghilangkan kandungan kelenjar minyak berlebih dan sebum serta mengatasi timbulnya komedo
  • Mengobati peradangan jerawat (anti inflamasi)
  • Membersihkan sel kulkit mati yang menyumbat pori serta mencegah tersebarnya jerawat ke daerah yang lain
  • Memusnahakan bakteri penyebab jerawat sehingga proses penyembuhan jerawat lebih cepat

Apabila Anda tidak memiliki waktu utnuk membuat masker brotowali atau repot-repot harus mencari brotowali, Anda bisa mengonsumsi brotowali yang sudah dikemas dengan bentuk kapsul atau tablet. Tentunya ini menjadi lebih efektif dan efisien tanpa harus repot menyiapkan brotowali asli. Kapsul ini bisa dibeli di toko goodherbal jamu borobudur. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.