Blog

Ketahui Jenis-Jenis Genset dari Bahan Bakarnya

Ketahui Jenis-Jenis Genset dari Bahan Bakarnya

Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua kebutuhan masyarakat membutuhkan bantuan listrik. Banyaknya peralatan yang menggunakan listrik untuk dapat menjalankannya.

Peralatan tersebut dapat ditemukan di sekolah, kantor, rumah, dan bahkan beberapa peralatan pribadi, seperti laptop dan handphone. Namun, tidak selamanya pasokan listrik bisa didapatkan dengan lancar.

Hal ini karena terkadang kerap kali terjadi pemadaman dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, sering kali kehadiran sangat dibutuhkan untuk terus memastikan peralatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Genset adalah sebuah teknologi yang sering Anda temui di berbagai tempat, seperti pusat perbelanjaan dan mall.

Adanya alat tersebut berguna sebagai pembangkit listrik ketika terjadi pemadaman yang dilakukan oleh pihak PLN.

Tidak semua orang mengetahui jika mesin pembangkit listrik ini mempunyai berbagai macam jenis tergantung pada bahan bakar yang digunakan.

Namun, fungsi dari alat tersebut tetaplah sama. Apabila Anda ingin mengetahui berbagai macam jenisnya, berikut ini adalah jenis-jenis genset berdasarkan dari bahan bakarnya.

  • Mesin Gas

Alat pembangkit listrik jenis ini hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar gas, seperti gas LPJ ataupun CNG. Akan tetapi, penggunaan mesin jenis ini sangat jarang karena memerlukan biaya yang cukup tinggi. Hal ini diakibatkan oleh biaya untuk membeli gas CNG yang cukup mahal. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan perhitungan biaya yang harus dikeluarkan sebelum memilih untuk membeli mesin ini.

  • Mesin Diesel

Jenis mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan sering ditemukan di berbagai tempat. Tidak hanya itu saja, alat pembangkit listrik jenis ini juga mempunyai daya listrik yang sangat tinggi berkisar mulai dari 5kW hingga 2Mw. Mesin ini juga memiliki silinder dari 2 sampai 16 silinder serta tergantung pada merk yang dibeli. Namun, harga jual alat pembangkit listrik ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga jual mesin bensin.

  • Mesin Bensin

Mesin bensin ini adalah jenis alat pembangkit listrik yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena harga jualnya yang lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Seperti namanya, mesin ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Selain itu, mesin bensin juga dapat menghasilkan listrik dengan besaran kekuatan hingga 10 kW. Penggunaan dari mesin bensin ini sangat mudah dan sering diaplikasikan pada tempat-tempat yang tidak membutuhkan daya yang besar, seperti di rumah.

  • Mesin Portable

Selain mesin bensin, alat pembangkit listrik mesin portable juga banyak diminati karena dapat digunakan dan dibawa kemana saja. Biasanya Anda dapat menemukan pembangkit listrik jenis ini pada acara perkemahan atau di lapangan. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk disisipkan.

  • Mesin Turbin

Alat pembangkit listrik ini adalah jenis yang mempunyai kapasitas listrik yang paling besar dan bisa mencapai 2Mw. Saking besarnya muatan listrik yang dihasilkan oleh mesin ini, sebuah kota kecil dapat dialiri listrik hanya dengan menggabungkan beberapa turbin. Akan tetapi, untuk menggunakan mesin turbin ini memerlukan perhitungan yang sesuai dan tepat agar dapat menyesuaikan dengan kondisi dari tempat tersebut. Turbin yang digunakan dapat berasal dari turbin uap, turbin air, dan juga turbin udara yang disalurkan melalui generator.

Itulah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis genset sesuai dengan bahan bakar yang digunakan. Anda harus bijak dalam membeli mesin tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.