Blog

Kegunaan Serat Sabut Kelapa

Kegunaan Serat Sabut Kelapa

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Kegunaan Serat Sabut Kelapa bagi kehidupan sehari-hari.

Serat Sabut Kelapa

 

Selain produk sabut kelapa unggulan seperti di atas, ada beberapa macam manfaat sabut kelapa yang biasa digunakan oleh warga sekitar perkebunan kelapa, kami sajikan di bawah ini:

  1. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki kandungan hara dan mineral yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sabut kelapa sangat cocok untuk dijadikan pupuk organik.

Apalagi pupuk organik berbahan dasar sabut kelapa menyimpan 60% lebih banyak air daripada pupuk biasa. Jadi pupuk organik dari sabut kelapa cocok di daerah dengan curah hujan rendah atau daerah yang mengalami kekeringan.

Bahkan untuk kawasan pantai berpasir, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, dapat digunakan sebagai media tanam yang cukup ditaburkan. Menarik kan?

  1. Sabut Kelapa sebagai Penetral Bau Semen di Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru dibangun seringkali meninggalkan bau semen yang tidak sedap. Hal ini tentu saja menghambat budidaya ikan.

Salah satu cara alami yang efektif untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat adalah dengan menggunakan sabut kelapa. Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, cukup taburkan sabut kelapa atau Anda bisa mencampurkannya dengan daun yang mudah busuk dan biarkan selama 1 hingga 2 minggu. Airnya akan berwarna kecoklatan sampai kehijauan, perubahan warna air menandakan bahwa kolam tersebut sudah siap untuk media budidaya ikan.

  1. Sabut Kelapa sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Satu lagi manfaat sabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi di lingkungan kita yaitu sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan tangan atau marchandise.

Kerajinan sabut kelapa sangat banyak, apalagi Indonesia memiliki suku yang banyak di daerahnya sehingga mampu menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan yang unik dari berbagai daerah. Namun, kerajinan sabut kelapa yang cukup diminati adalah kerajinan berupa dompet, tas, dan oleh-oleh untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di kawasan wisata.

  1. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda pasti sering mendengar briket berasal dari batu bara atau batok kelapa bukan? dan itu benar. Namun ternyata sekarang briket juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Dan mungkin Anda akan merasa aneh jika briketnya berasal dari sabut kelapa.

Briket berbahan dasar sabut kelapa memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan Anda akan menekan biaya pembuatannya, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibandingkan briket batubara. Cara pembuatan briket sabut kelapa juga tidak terlalu sulit karena prosesnya hampir mirip dengan cara pembuatan briket batok kelapa.

Lalu cara membuat briket sabut kelapa, artikel cara membuat briket sabut kelapa berikut ini bisa menjadi referensi anda untuk membuatnya.

  1. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakaran Pengganti Minyak Fosil

Manfaat sabut kelapa secara umum adalah sering digunakan oleh para pengusaha arang dari batok kelapa yang menjadikan sabut kelapa sebagai media pembakaran.

Selain itu sabut kelapa sebagai media pembakaran juga sering digunakan di rumah makan tradisional yang masih menggunakan cara masak tradisional.

Bahkan industri seperti pembuatan keramik dan genteng juga menggunakan sabut kelapa. Hal ini dikarenakan sabut kelapa yang telah kering mudah terbakar dan juga menghasilkan api yang stabil

Demikian artikel Kegunaan Serat Sabut Kelapa yang dapat saya sampaikan. Semoga brermanfaat yaa teman-teman.