Blog

Kegunaan Minyak Esensial

Di artikel ini akan saya sampaikan kegunaan minyak esensial atau yang biasa disebut minyak atsiri. Minyak esensial ini sebenarnya termasuk salah satu jenis minyak atsiri dan dikhususkan untuk perawatan tubuh. Di artikel ini akan dijelaskan kegunaan manfaat dari minyak esensial jadi simak ya.

Apa sih Minyak Esensial itu?

Minyak atsiri adalah versi esensial dari minyak alami yang biasa ditemukan pada tumbuhan. Minyak diekstraksi dari tanaman melalui proses penyulingan dan diolah dengan air atau uap dari kulit kayu, bunga, batang, daun dan akar tanaman. Setelah proses penyulingan, minyak tersebut berubah menjadi ekstrak tumbuhan yang sangat pekat atau biasa disebut minyak atsiri dengan khasiat penyembuhan dan aroma tumbuhan.

Minyak atsiri telah digunakan di banyak budaya sepanjang sejarah manusia, seringkali untuk manfaat terapeutik dan pengobatannya.

Aromaterapi adalah salah satu terapi minyak esensial yang paling umum di mana efek penyembuhan dicapai atau dicapai melalui aroma minyak. Banyak minyak atsiri dipercaya dapat meningkatkan kesehatan manusia dan beberapa juga memiliki sifat antiseptik, yang berarti bila dioleskan dapat mengurangi risiko infeksi.

Ada lebih dari 90 jenis minyak esensial, masing-masing dengan aroma dan kesehatan yang khas. Berikut adalah 10 jenis minyak esensial paling populer dan manfaat kesehatannya:

  • Peppermint: meningkatkan energi dan membantu pencernaan
  • Lavender: menghilangkan stres
  • Cendana: menenangkan saraf dan membantu konsentrasi
  • Bergamot: mengurangi stres dan memperbaiki kondisi kulit seperti eksim
  • Mawar: meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan
  • Chamomile: meningkatkan suasana hati dan rileks
  • Ylang-Ylang: mengobati sakit kepala, mual dan kondisi kulit
  • Pohon teh: melawan infeksi dan memperkuat kekebalan
  • Jasmine: membantu mengatasi depresi, persalinan, dan libido
  • Lemon: membantu pencernaan, mood, sakit kepala, dan banyak lagi

Kegunaan Minyak Esensial

kegunaan minyak esensial

Minyak atsiri memiliki banyak manfaat untuk pikiran dan tubuh, tergantung pada fungsi dan penggunaannya, karena memiliki komposisi kimia yang unik. Efektivitas minyak atsiri (minyak atsiri) ditentukan oleh kimia tanaman. Ketika disaring dengan benar, minyak esensial ini dapat membantu kehidupan sehari-hari Anda secara emosional, mental, dan fisik.

Selain itu manfaat minyak atsiri lebih dikhususkan untuk perawatan dan kesehatan tubuh. Nah minyak atsiri ini dalam pembuatannya melalui proses destilasi dan anda dapat membuatnya secara manual. Jika anda ingin cepat dan instan dalam pembuatannya, anda bisa memakai alat destilasi minyak atsiri.

Untuk itu dengan penjelasan sebelumnya, berikut ini kegunaan minyak esensial bagi kesehatan:

1. Membantu Mengobati Migrain dan Flu

Ketika musim hujan dan musim pancaroba datang, flu, pilek, dan migrain bisa datang kapan saja, di mana saja. Anda dapat secara teratur menggunakan minyak esensial peppermint (minyak esensial peppermint) serta minyak esensial kayu putih (minyak esensial kayu putih) di musim dingin.

Kandungan minyak esensial peppermint dan eucalyptus yang memiliki efek antibakteri dapat mengendurkan otot hidung. Untuk melakukan aromaterapi, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial peppermint dan eucalyptus ke dalam air hangat atau menggunakan diffuser untuk menguapkannya.

2. Kegunaan Minyak Esensial Mengurangi Gejala PMS

Sakit seluruh tubuh, sakit perut, dan stres sehingga wanita bisa merasakan mood saat PMS terjadi. Untuk meredakan gejala PMS yang mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, Anda bisa menggunakan minyak jeruk nipis (lemongrass essential oil). Gejala PMS hanya berkurang dengan pijatan lambat melalui difusi minyak esensial jerami. Selain itu, untuk memperbaiki mood yang rusak akibat PMS, Anda bisa menghirup minyak esensial lavender (Lavender essential oil) atau minyak esensial lemon (Lemon essential oil).

3. Minyak Esensial Mengurangi Stress dan Gelisah Berlebih

Untuk mempengaruhi psikologi manusia, kemampuan essential oil tidak perlu diragukan lagi. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengurangi gangguan kecemasan dan stres (anxiety disorder).

Anda bisa mengkombinasikan Minyak Atsiri Lavender (Lavender Essential Oil) dengan Minyak Atsiri Peppermint (Minyak Atsiri Peppermint), karena memiliki khasiat yang dapat mengontrol hormon kortisol (hormon yang lebih banyak diproduksi agar tetap stabil saat Anda gugup atau stres).

Nah jadi sekian kegunaan minyak esensial atau atsiri bagi kesehatan dan sedikit penjelasan minyak esensial ini. Semoga bermanfaat.