Blog

Keahlian Apa Saja yang Harus Dikuasai Seorang Web Developer ?

Sebetulnya ada banyak istilah untuk pembuat website. Ada yang bilang web designer, web programmer, webmaster, web architect dan lain-lain. Saya pribadi lebih suka pakai istilah web developer karena sudah mencakup semua kegiatan dalam membangun sebuah website dari nol. Kalau istilah webmaster menurut referensi wikipedia, juga mencakup sebagai pengelola yang memaintain isi web resource dan menjalankan website tersebut.

 

Nah pertanyaan ini sempat beberapa kali dilemparkan ke saya, keahlian apa saja sih yang harus dimiliki seorang pembuat website atau yang saya bilang tadi web developer. Menurut saya yang telah berkecimpung di dunia web developer selama 5 tahun belakangan ini, untuk membangun sebuah website yang berkualitas, seorang web developer harus menguasai minimal skil-skil berikut :

 

Graphic Design

Tanpa keahlian graphic design, bagaimana mungkin seorang web developer bisa membuat desain template yang menarik dan profesional untuk diimplementasikan menjadi website.

 

HTML dan CSS

Bahasa html dan css adalah wajib dikuasai secara advance oleh seorang web developer, karena dengan keahlian inilah developer harus mampu mengimplementasikan desain menjadi website template yang terstruktur dengan baik dan optimum. Semakin tinggi penguasaan terhadap html dan css, seorang developer akan semakin mampu mengoptimasi hasil desain template website menjadi menarik, rapi dan ringan untuk diakses.

 

Javascript/Jquery

keahlian ini sangat penting dikuasai untuk memberikan sentuhan-sentuhan yang menarik akan hasil template website. Misalnya animasi menu, menampilkan dan menyembunyikan konten dan lain-lain. Javascript/jquery yang bekerja di browser juga bisa membantu sistem website menjadi lebih mudah dan interaktif dibanding hanya pakai bahasa program yang bekerja di server.

 

Bahasa Pemograman Website

Nah bahasa pemograman inilah yang paling utama yang harus dikuasai. Untuk pemograman ini sering juga disebut server facet coding atau kode yang bekerja disisi server. Ada banyak bahasa pemograman untuk membuat website seperti php, asp, coldfusion, perl dan lain-lain. Anda boleh mempelajari semua atau bisa menguasai salah satu saja. Yang paling populer saat ini adalah php.

 

Database

Database juga wajib dikuasai karena untuk membangun website dinamis selalu membutuhkan database. Semakin tinggi pemahaman dan kemampuan web developer dalam membuat struktur database yang tepat maka sistem dan website yang akan dihasilkan akan semakin baik dan optimum. Saat ini database yang paling banyak digunakan adalah mysql.

 

Search Engine Optimization/Search Engine Advertising

Kenapa seorang web developer harus menguasai search engine marketing/sem ini? Tentu saja, agar website yang dibangun memenuhi syarat-sayarat yang ditetapkan search engine khususnya google, dengan demikian website akan terindek dengan baik pada halaman pencarian google. Dengan begini website yang dihasilkan akan mendatangkan pengunjung secara maksimal. Untuk apa sebuah website yang telah di desain dengan bagus dan memiliki sistem yang baik namun tidak ada pengujung? Upacara?

 

Nah itulah kurang lebihnya yang harus dikuasai untuk menjadi seorang web developer yang dapat membangun web resource yang berkualitas. Silahkan pelajari kemampuan diatas satu persatu.