Blog

Jenis Web Developer dari Jasa Pembuatan Website

Menggunakan jasa pembuatan website memiliki perlu menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, atau individu. Tindakan ini, akan banyak memerlukan komunikasi dengan web developer selaku pengembang website.

Web developer sendiri memiliki kemampuan khusus dalam membangun sebuah website, juga memiliki beberapa tugas sebagai pembeda.

Jasa Pembuatan Website dan Jenis Pengembangannya

 Terdapat setidaknya empat jenis web developer, yang bisa dikenali sesuai dengan tugasnya.

1.      Web Designer

Sebagaimana namanya, web designer bertugas khusus mendesain sebuah website sebagai tampilan utama. Tampilan tersebut berupa wireframe dan mockup atau tampilan luar.

Tools yang paling umum digunakan adalah Adobe Photoshop, Illustrator, atau Sketch dan tools serupa lainnya. Banyak dari para web developer ini menggambar lebih dulu melalui kertas dengan sketsa dasar, lalu membuat desain pada aplikasi.

Web designer khusus merancang tampilan, tanpa bermain dengan kode. Meski tak sedikit web designer yang juga memiliki keahlian HTML, CSS termasuk JavaScript.

2.      Front-end Web Developer​

Berikutnya adalah front-end web developer yang khusus mengerjakan kode layout. Jenis ini merupakan langkah kedua usai menyusun desain utama. Front-end developer umumnya menangani akses pada website yang digunakan oleh client-side atau sisi pengguna.

Keahlian utama jenis ini adalah HTML, CSS serta JavaScript. Ketiganya harus dimiliki sebagai pondasi utama bagi front-end developer. Bisa juga, ditambah dengan framework macam jQuery atau Bootstrap.

Tak jarang fungsi ini juga dijalankan oleh web designer. Perihal database dan bahasa pemrograman lainnya tidak menjadi tanggung jawa front-end developer.

3.      Back-end Web Developer​

Back-end bertugas mengerjakan sistem website yang akan bekerja sebagaimana mestinya. Back-end juga memungkinkan sistem berjalan dalam suatu server-side.

Web developer inilah yang punya tanggung jawab perihal bahasa pemrograman  seperti PHP, JSP hingga ASP. Termasuk pada penanganan database, yang memahami konsep algoritma serta konsep pemrograman lainnya.

Full-stack Web Developer​ yang Multifungsi

Full-stack adalah julukan lain dari single fighter lantaran tugasnya yang multifungsi. Bidang ini harus memahami seluruh komponen website termasuk designer, front-end hingga back-end. Full-stack sendiri banyak dimanfaatkan perusahaan karena SDM yang terbatas.

Pada dasarnya, setiap jasa pembuatan website memiliki keahlian-keahlian tersebut. Setiap komponen akan dirancang dengan baik sesuai kebutuhan, target atau selera pengguna. Kalau memang kamu mencari jasa pembuatan website profesional dan terjangkau, SEON adalah pilihan jitu.