Blog

jenis-jenis bebek hias

Bebek merupakan jenis aves dan memiliki tulang belakang yang berasal dari keluarga Anatidae, bebek adalaBebek AylesburyBebek Aylesburyh unggas yang bernama ilmiah Anas Platyrnchos. Bebek yang dikenal di tempat kita yaitu bebek yang suka tempat berlumpur dan kotor ternyata bisa juga dijadikan hewan hias lho, dan pada awalnya bebek ini diperkenalkan pada abad ke VII oleh orang india. 

Selain hewan yang penghasil telur dan daging yang lumayan bagus, bebek ini kerap menjadi hewan hias yang memiliki nilai estetika atau keunikan tersendiri. Berikut ini adalah ada beberapa jenis-jenis bebek hias yang mungkin saja anda belum mengetahuinya, yaitu;

Bebek East Indian

Bebek hias salah satu ini memiliki ciri yang unik dengan warna hitam dan hijau yang mengkilap pada bagian seluruh tubuh dipadukan dengan bulu leher berwarna putih yang melingkar menyerupai kalung dan ini yang membuat bebek yang satu ini menarik untuk dipandang.

Bebek Grey Call

Bebek yang satu ini memiliki tubuh yang berwarna putih dengan sayap berwarna coklat, dan bebek ini terdapat pada salah satu film cartoon yang mungkin saja anda sering menontonnya. Sangat berbeda dengan bebek East India, karena bebek  ini hanya memiliki warna hijau yang mengkilap di bagian kepalanya.

Bebek Mandarin 

Bebek ini memiliki ciri paruh yang berwarna merah serta di bagian dadanya berwarna ungu dan apabila tersorot cahaya matahari,maka bulunya yang indah akan mengkilap. Hal yang unik dari bebek mandarin ini yaitu tak jarang kita bisa menjumpai patung bebek mandarin yang dijual di toko perhiasan.

Bebek yang suka hidup di daerah sungai, rawa, dan hutan ini berasal dari China yang memiliki bobot sangat ringan, yaitu sekitar 600 gram dan panjang sekitar 41-49 cm saja.

Bebek Bali

Bebek ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki jambul atau mahkota diatas kepalanya dan ini membuat bebek bali menjadi bebek hias yang tidak kalah indah hingga menawan, dengan bulu yang berwarna bersih serta paruh yang berwarna orange merupakan bebek ornamental asli Indonesia.

Bebek Crested

Bebek yang satu ini ternyata sama seperti bebek bali memiliki jambul atau mahkota diatas kepalanya, namun yang dibedakan hanya pada bulu yang berada di tubuhnya. Karena bulu bebek Crested memiliki berbagai variasi warna, seperti warna coklat, hitam, serta putih.

Bebek Wood

Bebek yang satu ini termasuk kedalam kelompok hewan omnivora atau hewan yang memakan segalanya, kadang mereka memakan biji-bijian kadang buah-buahan tanaman air dan masih banyak lagi. Bebek yang berasal dari Amerika Selatan ini, pada saat musim dingin terjadi bebek yang satu ini akan bermigrasi untuk mencari pasangan kawin.

Bebek wood atau bebek kayu ini memiliki bobot sekitar 680 gram untuk pejantan dan 640 gram untuk betina, yang memiliki ciri bulu leher atas berwarna putih, serta bulu leher bawah dan dada berwarna coklat dan memiliki mata merah dengan titik hitam di bagian tengahnya.

Maka dari itu bebek wood ini sangat digemari oleh pecinta bebek hias, dan habitatnya di daerah danau, sungai, dan rawa-rawa.

Bebek Aylesbury

Awal mula dinamai bebek Aylesbury karena bebek ini berkembang di kota aylesbury di selatan London, bahkan menjadi lambang di kota aylesbury pada awal abad ke-18. Jenis bebek yang memiliki bulu berwarna putih serta kaki yang berwarna kuning, dan jika sedang berdiri dan diam maka perutnya akan menyentuh tanah.

Bebek ini sebenarnya bisa dijadikan bebek konsumsi dan juga bisa dipelihara sebagai bebek hias, namun bebek ini termasuk jenis bebek yang langka.Yang sering dijumpai orang adalah jenis bebek aylesbury yang sering disilangkan dengan bebek pedaging lainnya. 

Kesimpulan 

Bulunya bermacam-macam dan indah semakin membuat orang tertarik untuk memeliharanya atau membudidayakannya, bahkan menjadi primadona di kalangan pecinta atau penghobi bebek hias. Namun untuk sekarang populasinya terancam punah, karena orang yang tidak bertanggung jawab serta merusak habitat si bebek hias.