Blog

Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja Untuk Pelindung Diri

Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja Untuk Pelindung Diri

  1. Helm Keselamatan

Alat Keselamatan Kerja – Helm keselamatan atau safety helmet ini akan berfungsi untuk melindungi bagian kepala dari benturan, pukulan, atau kejatuhan benda yang tajam dan berat yang akan melayang atau meluncur di udara.

alat keselamatan kerja

  1. Sabuk dan tali Keselamatan

Sabuk keselamatan atau safety belt ini akan berfungsi untuk selalu membatasi bagian gerak pada pekerja agar tidak terjatuh atau juga akan terlepas dari posisi yang tentunya diinginkan. Dengan Beberapa pekerjaan yang dapat mengharuskan pekerja untuk berada pada posisi yang juga memang cukup berbahaya seperti yang ada pada posisi miring,dan tergantung atau juga akan memasuki rongga yang sangat sempit.

  1. Sepatu Boot

Sepatu boot ini akan berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau dapat tertimpa benda berat, dan tertusuk benda tajam,serta  terkena cairan panas atau dingin, dengan  uap panas, dengan bahan kimia yang berbahaya ataupun permukaan licin.

  1. Sepatu Pelindung

Alat Keselamatan Kerja – Sepatu pelindung ini juga berfungsi untuk melindungi bagian kaki dari benturan atau dapat tertimpa benda berat,dan  tertusuk benda tajam, terkena cairan yang panas atau dingin, uap panas, bahan kimia yang berbahaya ataupun permukaan licin.

  1. Masker

Masker pernafasan ini juga akan berfungsi untuk melindungi beberapa bagian organ pernafasan dengan cara menyaring bahan kimia, dan juga mikro-organisme, serta partikel debu, aerosol, uap, asap, ataupun gas.

6.Penutup telinga

Penutup telinga ini juga bisa terdiri dari sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff), yang akan berfungsi untuk melindungi telinga dari kebisingan ataupun dari tekanan.

  1. Kacamata Pengaman

Kacamata pengaman ini apat digunakan sebagai alat untuk pelindung yang berfungsi untuk melindungi bagian mata dari paparan partikel yang akan melayang di udara ataupun di air, dengan percikan benda kecil, benda panas, ataupun uap yang panas.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan ini dapat berfungsi untuk melindungi bagian jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, hingga benturan, pukulan,dan  tergores benda tajam ataupun infeksi dari zat patogen seperti virus dan juga bakteri.

  1. Pelindung Wajah

Pelindung wajah atau face shield ini merupakan alat untuk pelindung yang dapat berfungsi untuk melindungi bagian wajah dari paparan bahan kimia yang berbahaya, partikel yang melayang di udara atau air, hingga percikan benda kecil, panas ataupun uap yang panas, serta benturan atau pukulan benda keras atau tajam, serta pancaran cahaya.

  1. Pelampung

Alat Keselamatan Kerja – Pelampung ini akan digunakan oleh pekerja yang bekerja di atas air atau yang ada di permukaan air agar dapat terhindar dari bahaya saat tenggelam. APD atau Alat Pelindung Diri ini juga harus diperhatikan untuk kondisinya. Jika APD rusak atau tidak dapat berfungsi dengan sangat baik maka harus segera untuk dimusnahkan.

Untuk info tentang Alat Keselamatan Kerja klik di sini