Blog

Ini Lho Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Penggerak Roda Belakang!

Tempat Kredit Mobil Jakarta Di Otr.id – Sebagian besar pelanggan yang ingin membeli mobil baru tidak terlalu memperhatikan sistem penggerak mobil yang akan dibeli. Walaupun saat ini ada tiga jenis sistem penggerak roda mobil, yaitu penggerak roda depan (Honda Mobilio), roda belakang (Toyota Avanza Veloz) atau penggerak empat roda (4WD).

Dari sistem penggerak tiga roda yang saat ini tersedia, hanya sistem penggerak roda depan atau belakang yang tertarik kepada konsumen Indonesia. Jadi, apakah Anda berpikir untuk membeli mobil baru sekarang? Jika demikian, apakah Anda akan memilih sistem penggerak roda depan (FWD) atau penggerak roda belakang (RWD)?

Salah satu mobil yang paling tidak populer di Indonesia dalam kategori minivan, yang paling dicari adalah mobil Mobilio Honda. Honda Mobilio menggunakan sistem penggerak roda depan. Berbeda dengan Toyota Avanza yang menggunakan sistem penggerak roda belakang. Jika Mobilio menggunakan sistem penggerak roda depan, apa kelebihan dan kekurangan sistem penggerak roda depan?
Keuntungan dari sistem penggerak roda depan

Sistem penggerak roda depan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem penggerak roda belakang.

1. Biaya memproduksi mobil penggerak roda depan lebih murah daripada biaya memproduksi mobil penggerak roda belakang (tentu saja dalam kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Ini karena lebih sedikit suku cadang pada sistem penggerak roda depan mobil. Selain itu, menginstal driver pada mobil menggunakan penggerak roda depan lebih mudah.

Powertrain adalah serangkaian komponen yang digunakan untuk mentransfer kekuatan mobil di belakang kemudi, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan pengurangan biaya produksi, yang membuat mobil penggerak roda depan, harga jual baru lebih murah daripada sistem penggerak roda belakang, tentu saja dalam kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil berkurang karena tidak ada roda gigi transmisi atau poros untuk menyalakan roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, ini akan secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Akibatnya, penggerak roda depan lebih umum di antara penduduk kota dan keluarga dengan LCV rendah.

3. Keuntungan dari penggerak roda depan adalah traksi mobil di jalan yang licin, terutama dalam cuaca basah. Traksi mobil penggerak roda depan lebih baik di jalan yang licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu, bobot mesin mobil di bagian depan berkontribusi pada traksi roda depan pada penggerak roda depan jika terjadi hujan.