Blog

INGIN MENGETAHUI TRANSAKSI REKENING KAMU ? LACAK MUTASI REKENING SEKARANG JUGA

Mutasi rekening adalah sebuah riwayat transaksi terhadap sebuah rekening, kebanyakan berisi catatan masuk, keluar, dan keuangan yang terpotong. Semua aktivitas tersebut mampu dilihat melalui fitur cek mutasi.

Berikut ini merupakan lebih dari satu manfaat dari mutasi rekening bank:

1. Mengajukan Visa Berkunjung

Jika kamu mendambakan berlibur ke luar negeri untuk semata-mata jalan-jalan atau liburan, mencantumkan mutasi rekening kamu adalah salah satu syarat yang wajib untuk kamu lakukan sebelum akan mengajukan visa ke negara tujuanmu.

Tujuan nya adalah untuk meyakinkan kamu memiliki dana yang memadai untuk lakukan perjalanan ke sebuah negara. Selain menunjukkan riwayat transaksi rekening sepanjang 3 sampai 6 bulan ke belakang, kamu termasuk wajib menyertakan SPT PPh 21, slip gaji, dan surat PBB.

 

2. Bukti Transaksi Anda

Untuk meminimalisir perselisihan dan kesalahpahaman antara kamu dan penjaja di toko online, kamu mampu manfaatkan mutasi rekening untuk melacak transaksi rekening kamu dalam kurun pas tertentu.

Misalnya disaat kamu membeli barang secara online, selanjutnya sang penjaja menjadi belum menerima uang dari transaksi jual beli tersebut, kamu mampu lakukan pelacakan transaksi rekening kamu dan menyertakan mutasi rekening kamu kepada penjaja sebagai bukti.

 

3. Mengajukan Pinjaman Ke Bank

Salah satu syarat yang biasa dicantumkan oleh bank konvensional kepada para peminjam nya adalah mutasi rekening kamu untuk memudahkan pihak bank menyaksikan kronologis keuangan pihak yang mengajukan, perihal tersebut mampu membantu pengajuan peminjaman kamu.

Syarat ini kebanyakan diberikan disaat kamu mendambakan mengajukan pinjaman, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan kredit kendaraan, dan kredit cicilan lain nya.

 

Cara Memeriksa Mutasi Rekening

Pemeriksaan mutasi rekening atau lacak transaksi rekening adalah aktivitas untuk mengontrol aktivitas perbankan rekening kamu. Biasanya aktivitas ini dijalankan untuk mengontrol transaksi keuangan yang masuk dan terlihat dari sebuah rekening.

Dari manfaat yang sudah dijabarkan di atas, mungkin kamu jadi penasaran untuk menyaksikan dan mengecek mutasi rekening lebih dari satu bulan ini. Jika kamu masih bingung bagaimana langkah melakukannya, tersebut bakal dijelaskan langkah mudah cek mutasi rekening kamu, yaitu:

 

1. Melalui Teller Bank

Cara yang pertama yaitu melalui teller bank, dengan cara:

Datang ke cabang paling dekat dari bank rekening kamu, selanjutnya kamu cuma wajib membawa buku tabungan dan kartu identitas.
Selanjutnya kamu cuma wajib berharap untuk lakukan pelacakan transaksi rekening atau cek mutasi rekening.
Setelah memberikan buku tabungan dan kartu identitas, langkah yang kamu lakukan berikutnya adalah menanti prosesnya sampai selesai
Setelah selesai, mutasi rekening di bulan yang mendambakan kamu ketahui sudah tercetak di buku rekeningmu.

2. Melalui Mesin ATM

Jika kantor cabang bank rekening kamu jauh dari lokasimu, kamu mampu manfaatkan mesin ATM untuk lakukan pelacakan transaksi rekening, caranya:

Masukkan kartu ATM ke dalam mesin.
Pilih bhs cocok kemampuan, sesudah itu masukkan PIN ATM.
Pilih transaksi lain, sesudah itu menentukan menu mutasi rekening.
Tunggu sampai struk berisi transaksimu keluar.
Ambil kembali kartu ATM, jangan sampai tertinggal di dalam mesin ATM.
Struk tersebut berisi kode Debit (D) untuk tanda uang masuk, dan Kredit (K) untuk uang keluar. Tetapi, pemeriksaan mutasi rekening melalui mesin ATM memiliki kekurangan, yaitu kamu cuma mampu mengecek sebanyak 5 transaksi yang paling akhir kali dijalankan dengan rekeningmu.

 

3. Melalui SMS Banking

Cara berikutnya amat cocok dilakukan, khususnya di masa pandemi seperti pas ini yang mengharuskan kamu untuk selamanya berada dalam rumah, yaitu dengan melalui sms banking. Contoh langkah cek mutasi melalui sms banking BRI, caranya:

Nyalakan smartphone kamu sehingga mampu digunakan.
Buka menu pesan.
Ketik pesan : INFO MUTASI (spasi) pin SMS banking kamu.
Kirim pesan tersebut ke nomor obyek 3300.
Beberapa pas sesudah itu bakal terlihat mutasi rekening kamu di menu pesan.
Selesai.
Walaupun caranya amat sederhana, tetapi langkah ini termasuk memiliki kekurangan mirip seperti melalui mesin ATM yaitu cuma mampu menyaksikan 5 riwayat mutasi rekening paling akhir kamu. Ditambah kamu termasuk wajib mengeluarkan pulsa dengan nominal yang tidak sama terhadap tiap tiap bank.

 

4. Melalui Aplikasi BRImo

Cara mudah lainnya untuk lakukan pelacakan transaksi rekening berikutnya adalah dengan mengunduh aplikasi mobile banking. Kamu mampu mengunduhnya melalu Appstore bagi pengguna iPhone, dan Playstore bagi pengguna Android.

Begini langkah untuk cek mutasi rekeningmu melalui BRImo:

Download dan install khususnya dahulu aplikasi BRImo .
Jika sudah terinstall, buka aplikasi BRImo.
Login dengan account rekening mobile bankingmu.
Pilih menu mobile banking BRI.
Lanjut dengan menentukan menu INFO.
Lalu klik INFO MUTASI.
Masukkan PIN rekening BRI.
Klik OK untuk mengirim keterangan mutasi rekening via SMS dari 3300.
Namun, langkah cek mutasi rekening tersebut bakal memotong pulsa kamu jika manfaatkan sarana dari aplikasi mobile banking tersebut. Pasalnya, information mutasi rekeningmu bakal masuk melalui sms.

Tak cuma mengecek mutasi saja, kamu termasuk mampu lakukan top up e-money Brizzi manfaatkan BRImo, pasti saja mendapat dukungan dengan teknologi NFC yang ada di smartphone.

 

5. Melalui Internet Banking

Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan aplikasi mobile banking, tetapi langkah ini tidak bakal memotong pulsa kamu, yang kamu butuhkan semata-mata kuota internet yang stabil. Berikut adalah langkah cek mutasi rekening melalui internet banking BRI:

Buka web internet banking BRI di https://ib.bri.co.id melalui smarphone atau laptop kamu.
Masuk ke account internet banking BRI milikmu, isikan user ID, password, dan validation, sesudah itu klik masuk.
Klik ikon 3 garis berwarna orange untuk menghidupkan submenu.
Pilih menu Rekening selanjutnya klik Mutasi rekening.
Lalu menentukan tanggal dan bulan mutasi rekening yang senang dicek.
Pilih Tampilkan.
Selesai.
Dalam proses pemeriksaan mutasi rekening kamu dengan cara-cara di atas, terdapat lebih dari satu batasan periode tertentu dalam pengecekannya. Seperti terhadap ATM dan SMS yang cuma mampu menyaksikan sebanyak 5 riwayat transaksi.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi BRImo?
Jika manfaatkan internet dan mobile banking, kamu mampu lakukan pelacakan transaksi rekening dari 3 sampai 6 bulan ke belakang tergantung kebijakan dari tiap-tiap bank rekening kamu.

Namun, jika kamu manfaatkan BRImo, sebuah aplikasi mobile banking dari bank BRI, kamu mampu lakukan pelacakan transaksi rekening atau mutasi rekening kamu sampai 1 tahun ke belakang.

Ada lebih dari satu kelebihan yang dimiliki aplikasi BRImo, di antaranya:

1. Membuka Rekening Secara Online

Aplikasi BRImo membantu inovasi pembukaan rekening secara online, dengan syarat setoran awal rekening kamu sebesar Rp. 100.000, Rp. 5000 untuk cost administrasi, dan saldo sekurang-kurangnya rekening berjumlah Rp. 10.000 tiap tiap bulannya.

 

2. Fingerprint dan Face ID Recognition

Kamu mungkin puas lupa password mobile banking, bukan? Aplikasi BRImo termasuk memiliki fitur fingerprint dan Face ID recognition, jadi kamu mampu login ke aplikasi BRImo dengan mudah dan praktis. Selain itu, fitur fingerprint dan face ID recognition ini bakal memberikan keamanan lebih terhadap account BRImo milikmu, dikarenakan kelebihan fitur ini yang cuma mampu diakses oleh penggunanya.

 

Ternyata aplikasi BRImo memiliki kekuatan lacak transaksi rekening sampai satu tahun ke belakang. Ayo, menanti apalagi? Download aplikasi ini di Google Playstore untuk memudahkan kamu dalam lakukan beragam transaksi.