Blog

5 Fakta Tentang Hewan Omnivora Yang Perlu Anda Ketahui

Istilah omnivora yang ditetapkan pada hewan yang memakan segala sesuatu sebenarnya berasal dari dua kata Latin, yaitu, omnis yang berarti segalanya dan vorare yang berarti makan atau menelan. Sesuai namanya, hewan omnivora akan mengkonsumsi semua jenis makanan yang tersedia di lingkungan mereka, termasuk daging, buah, sayuran, biji, bahkan serangga dan hewan kecil. Ayo, lihat berbagai fakta lain tentang hewan omnivora di bawah ini!

1. Ini terdiri dari beberapa spesies hewan

Hewan omnivora memiliki spesies yang sangat beragam, termasuk mamalia, primata (simpanse, gorila), hewan laut (piranha, kura-kura), hingga beberapa spesies burung dan unggas, seperti ayam, gagak, dan cassower. Beberapa mamalia yang dikenal sebagai hewan pemakan adalah babi, kukang, tupai, landak, tikus, dan hewan pengerat lainnya.

Beruang juga termasuk dalam kategori omnivora, meskipun beberapa spesies beruang, seperti beruang kutub dan panda, tidak memakan semuanya karena kondisi lingkungan mereka. Beruang kutub adalah karnivora, sedangkan panda hanya memakan tanaman (herbivora).

2. Pengaturan gigi hewan omnivora

Sebagian besar spesies hewan omnivora memiliki kecenderungan khusus pada gigi yang mendukung karakteristik mereka sebagai hewan yang benar-benar memakan. Gigi depan jenis hewan ini lebih tajam, karena berfungsi untuk merobek daging sambil menggigit berbagai buah, sayuran, atau tanaman lainnya.

Sementara itu, gigi di bagian belakang cenderung tumpul dan permukaannya lebih lebar dari gigi depan. Barisan gigi posterior sebenarnya digunakan untuk menghancurkan berbagai jenis makanan sebelum ditelan, bahkan untuk mengunyah daging dan melunakkan buah-buahan dan sayuran.

baca: Cara Menghitung Berat Badan Ideal

3. Jenis-jenis makanan omnivora untuk hewan dapat berubah tergantung pada lingkungannya

Hewan omnivora dikenal sebagai pemakan kesempatan. Artinya, mereka akan makan semua jenis makanan yang tersedia di lingkungan mereka saat itu. Kondisi seperti ini memungkinkan semua makanan pada hewan untuk mengubah jenis makanan sesuai dengan perubahan musim dan habitat tempat mereka tinggal.

Beberapa spesies beruang, misalnya, hanya memakan ikan di musim semi. Sementara itu, ketika mereka memasuki musim gugur, makanan mereka akan menjadi beri-beri liar atau buah matang yang jatuh. Contoh lain dari ruang makan kesempatan adalah rakun. Hewan berbentuk kucing ini dapat memakan segala jenis makanan yang ada di sekitarnya, termasuk serangga, tikus, katak, ikan, sayuran, bahkan sampah atau makanan.

4. Hewan omnivora ditemukan di berbagai habitat

Semua pemakan hewan dapat hidup di berbagai habitat, termasuk hutan, lautan, padang pasir, dan ladang es di daerah kutub. Kebanyakan hewan omnivora dapat dengan mudah ditemukan di hutan. Beberapa spesies burung hutan, seperti burung gagak dan burung biru, juga termasuk dalam hewan yang memakan segala sesuatu karena mereka memakan cacing dan biji.

Serangkaian hewan omnivora yang hidup di padang pasir adalah jerboa (sejenis hewan pengerat), burung pelari jalan dan kelinci kecil atau kelinci. Sementara itu, hewan omnivora yang dapat ditemukan di daerah kutub termasuk beruang coklat dan tupai kutub.

5. Hewan omnivora memiliki berbagai posisi dalam rantai makanan

Karena sifatnya yang dapat dimakan daging dan tumbuhan, hewan omnivora tidak terpaku pada peran dalam sistem rantai makanan. Jika posisi herbivora selalu tepat di atas tanaman, ini bukan kasus hewan omnivora. Mereka mungkin berada di posisi yang sama dengan hewan herbivora, tetapi mereka juga dapat menempati posisi yang lebih tinggi seperti predator atau pemakan hewan lainnya.

Itulah beberapa fakta tentang hewan omnivora yang harus Anda ketahui. Dengan berbagai fitur unik yang dimilikinya, semua hewan yang memberi makan menjadi jenis satwa liar yang menarik yang terus diamati dan dieksplorasi.

Penulis: https://tengahviral.com/