Blog

Harga Pemasangan Paving Block Per M2 Yang Perlu Anda Tahu

paving block

 

Berkembangnya industri konstruksi yang semakin pesat, menyebabkan munculnya bahan-bahan konstruksi yang baru untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan suatu konstruksi. Meski demikian, terdapat satu elemen konstruksi yang menjadi favorit dan telah digunakan berabad-abad, yaitu beton. Pada mulanya, beton hanya bisa dibuat dan dicor langsung di tempat yang dikehendaki, namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi, beton dapat dicetak terlebih dahulu / pra cetak seperti paving block di suatu pabrik untuk memudahkan pemasangannya dikemudian hari. Sehingga, perlu dilakukan analisis mengenai harga pemasangan paving block per m2 agar anggaran yang dikeluarkan tidak membengkak. Paving block sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah paving block rumput  yang sering digunakan untuk dipasang di tempat parkir.

Sebelum melakukan analisis mengenai harga pemasangan paving block per m2, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu beton pra cetak. Sesuai namanya, beton pra cetak dibuat terlebih dahulu di suatu pabrik yang terpisah dari tempat konstruksi. Beton pra cetak sendiri terdapat dua jenis yaitu pra cetak kering dan basah. Salah satu jenis beton pra cetak kering yang paling populer yaitu paving block. Biasanya beton pra cetak seperti paving block dibuat dengan mesin percetakan secara instan, sedangkan pra cetak basah memerlukan mesin berkekuatan tinggi, serta berdampak pada pengurangan kapasitas air yang signinfikan. Jadi, ketika anda telah memiliki paving block maupun berencana menggunakan paving blok, berikut kami sediakan list harga pemasangan paving block yang perlu anda ketahui. 

List harga pemasangan paving block per m2

Secara lebih jelas, paving block dapat didefinisikan sebagai produk beton pre cast / pre cetak dengan beragam bentuk yang menyerupai blok-blok beton kecil. Fungsi utamanya sendiri sebenarnya digunakan sebagai elemen konstruksi penutup tanah. Masyarakat biasanya menyebut paving block dengan sebutan conblock. Untuk pemasanganya sendiri, biasanya para perusahaan penyedia jasa memiliki beberapa macam jenis paket yang ditawarkan, yaitu:

1. Paket Tenaga + Material Paving Block

Paket harga pemasangan paving block per m2 ini menyediakan material paving block setebal 6 cm, serta beberapa item pengerjaan seperti pelaksanaan leveling tanah, penyediaan material abu batu, jasa gelar abu batu dengan menggunakan alas dan filler, jasa tenaga pemasangan paving block serta pelaksanaan finishing pemadatan stamper kodok. Keseluruhan jasa tersebut dipatok dengan harga Rp 115.000 per m2.

2. Paket Tenaga 

Paket yang kedua menyediakan jasa yang sama seperti Paket Pertama, hanya saja paket ini hanya menyediakan tenaga tanpa material paving block itu sendiri. Oleh karena itu, paket ini sangat cocok untuk anda yang telah memiliki paving block dan hanya membutuhkan tenaga pemasangan. Jasa ini dipatok dengan harga yang jauh lebih murah, bahkan biasanya kurang dari 50% dari paket yang dilengkapi material paving block, yaitu sekitar Rp 45.000 per m2.

Harga pemasangan paving block per m2 tersebut tentu saja memiliki syarat dan ketentuan yang mengikat, ini untuk menghindari miskomunikasi antara perusahaan penyedia jasa serta pelanggan yang hendak menggunakan jasa mereka. Syarat dan ketentuan tersebut yaitu pengerjaan minimum dari tiap paket adalah 300 m2 dimana harga tersebut tidak termasuk dengan fasilitas cut and fill tanah, basecamp serta biaya keamanan untuk para pekerja disediakan oleh pelanggan, terdapat tambahan biaya jika sewaktu-waktu ada penambahan pekerjaan di luar jasa paket yang tersedia, dan yang terakhir, nominal pembayaran yang dibayarkan disesuaikan dengan progress pengerjaan pemasangan paving block.

Semoga dengan adanya artikel mengenai harga pemasangan paving block per m2 memudahkan anda dalam perencanaan anggaran biaya konstruksi.