Blog

Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Jaringan meristem adalah jaringan tumbuhan yang memiliki sel-sel yang dapat membelah dengan sangat cepat karena mitosis yang sedang berlangsung. Fungsi pada jaringan meristem didalam tumbuhan dibantu oleh kemampuan sel-sel dalam jaringan untuk menjadikan sebuah embrionik. Pada jaringan meristem dibagi menjadi tiga jenis, yakni jaringan meristem apikal atau ujung, jaringan meristem interkalar atau antara, dan jaringan meristem lateral atau samping. Pada artikel ini kita akan membahas ketiga jenis jaringan Meristem beserta fungsinya sebagai pengetahuan tambahan bagi kita semua.

jaringan meristem

Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Seperti yang dijelaskan dalam artikel “Memahami Jaringan Meristem,” kita tahu bahwa jaringan meristem bertindak sebagai jaringan pada tumbuhan yang mendukung pertumbuhan dan ketinggian tumbuhan itu sendiri. Kemampuan jaringan meristem untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan dibantu oleh fungsi komponen jaringan meristem, yang meliputi:

1. Fungsi Jaringan Meristem Apikal

Jaringan meristem apikal, juga dikenal sebagai jaringan endmeristent, adalah jaringan meristem yang terletak di ujung tumbuhan seperti pucuk atau batang dan cabang, serta di ujung akar. Fungsi jaringan meristem adalah untuk mendukung pertumbuhan tinggi tumbuhan, perbanyakan cabang dan cabang kanopi serta jaringan yang dapat meningkatkan rentang penyerapan akar.

Jaringan meristem apikal memiliki sel yang terus tumbuh secara memanjang. Pertumbuhan yang memanjang yang disebabkan oleh aktivitas jaringan meristem apikal biasanya disebut sebagai pertumbuhan primer. Oleh karena itu, jaringan yang dibentuk oleh meristem apikal sering disebut sebagai jaringan primer.

2. Fungsi jaringan meristem interkalar

Jaringan meristem interkalar atau bisa disebut juga dengan jaringan meristem antara adalah sebuah jaringan meristem yang terletak didalam jaringan dewasa, misalnya seperti pada jaringan pada pangkal ruas batang/rating. Selain itu, jaringan meristem interkalar juga dapat ditemukan di batang rumput. Fungsi jaringan meristem ini pada tumbuhan adalah untuk membentuk jaringan yang mendukung pertumbuhan tinggi tumbuhan, karena memiliki pertumbuhan memanjang yang lebih panjang seiring dengan pertumbuhan meristem apikal dari kedua ujung tumbuhan.

3. Fungsi Jaringan Meristem Lateral

Jaringan meristem lateral, atau jaringan meristem samping, adalah jaringan meristem yang sejajar dengan permukaan organ, seperti kambium dan gabus kambium. Jaringan meristem ini bertindak sebagai jaringan yang membagi dan memperbesar diameter batang atau akar tumbuhan. Pertumbuhan jaringan meristem lateral memungkinkan pertumbuhan akar dan batang tumbuhan. Pertumbuhan lateral jaringan meristem umumnya disebut sebagai pertumbuhan sekunder. Karena itu, jaringan ini sering disebut sebagai jaringan sekunder.

Sumber diambil dari : rumus.co.id