Blog

FIFA Mobile, Game Wajib untuk Pecinta Sepakbola

Sejujurnya, penulis bukanlah seorang pecinta Game Sepak Bola atau juga sepak bola sungguhan di dunia nyata. Tetapi, karena beberapa teman penulis sudah memainkan game ini dan tampaknya seru, akhirnya membuat penulis jadi penasaran. Penulis juga akhirnya mengikuti untuk ikut memainkan game ini.
Jujur saja, penulis agak kaget saat mengetahui bahwa game ini adalah sebuah game free-to-play alias dapat dimainkan gratis. Dengan grafis yang seperti itu, seharusnya ini adalah sebuah game berbayar, bukan? Tapi, tidak, game ini benar-benar gratis untuk dimainkan! Walau pun gratis, game ini bukanlah game abal-abal yang bisa dipandang dengan sebelah mata, lho.
Penasaran mengenai apa saja yang ditawarkan oleh game ini? Marilah simak review-nya di bawah ini!

FIFA Mobile

Saat membuka game ini, pemain akan disambut dengan dua mode permainan, yaitu mini game dan full game. Permainan dalam mini game itu akan sangat beragam. Mulai dari adu penalti, adu dribble melawan pemain lawan, one-on-one melawan kiper, dan banyak lagi lainnya, yang tergantung dengan event yang akan kalian pilih.

Setiap event mempunyai imbalan. Tentunya, tingkatan imbalan itu akan bergantung pada tingkat kesulitan dari event dan biaya stamina. Oh, ya. Sekedar tips untuk kalian yang baru memainkan FIFA Mobile. Event-event besar memang mempunyai imbalan yang besar pula, namun juga akan memakan biaya stamina yang besar. Oleh sebab itu, pastikanlah supaya pemain milikmu sudah sesuai dengan level event. Sah-sah saja, bila kalian ingin mencoba untuk menembus gawang David de Gea dengan pemain dari Serie B, tetapi jangan sampai kaget bila kalian ternyata harus mereguk kegagalan, ya.

Jenis-jenis Mode Permainan

Di samping fitur event yang sudah dijelaskan di atas, FIFA Mobile menyediakan fitur PvP alias player versus player yang seru. Fitur yang sangat menarik dari PvP ini adalah Attack Mode yang memungkinkanmu untuk bermain melawan pemain lain dalam pertandingan turn-based.

Dalam permainan Attack Mode, kalian hanya perlu menyerang. Di awal babak permainan, timmu akan menguasai bola dan kalian harus berjuang mencetak gol tanpa kehilangan bola. Apabila musuh menguasai bola, maka waktu juga akan bergerak maju dan permainan akan dimulai lagi.
Untuk menyelesaikan permainan ini, kalian akan memiliki waktu sepanjang 45 menit untuk menyerang dengan sesuka hati. Batasan 45 menit ini adalah waktu untuk satu babak, totalnya ada sebanyak 4 babak yang harus kalian selesaikan. Kecuali, jika skor yang didapatkan ternyata seri, maka akan ada sebanyak 1 sampai 2 babak tambahan.

Fitur-fitur FIFA Mobile

Eits, tidak boleh tertipu bahwa dua mode game di atas tadi adalah full game. Bukan, baik Live Event inginkan pun Attack Mode adalah mini game. Apabila kalian ingin memainkan permainan penuh selama 90 menit, maka kalian bisa  melakukannya di mode Season. Di mode ini, kalian akan melawan tim-tim dari dunia nyata yang sesuai dengan liga yang ingin kalian ikuti.

Mengenai kontrolnya, Game Bola ini mempunyai skema control layar sentuh yang terdiri dari tiga tombol. Fungsi dari tiga tombol ini bisa berubah, yang bergantung pada posisimu. Apabila kalian sedang dalam posisi menyerang, maka fungsi tombol akan menjadi pass, sprint and skill, dan shoot. Sementara, bila kalian sedang dalam posisi bertahan, maka fungsi tombol akan kembali menjadi switch, sprint and tackle, dan slide.
Oh, ya. Kalau kalian ingin bermain yang lebih santai, maka kalian bisa membiarkan game untuk mengontrol pemainmu dengan memakai AI, lho. Caranya juga mudah, kalian tidak perlu mengurangi tombol apa pun. Game akan berjalan dengan sendirinya.

Gacha, Plan, dan Market

Layaknya game mobile pada umumnya, FIFA Mobile juga mempunyai sistem gacha, dimana kalian bisa membeli pemain secara acak. Di samping gacha, ada dua sistem jual-beli pemain lainnya, yakni Plan dan Market.

Di unsur Plan, kalian bisa menukar pemain-pemain yang tidak kalian sukai untuk mendapatkan pemain yang lebih baik. Tentunya, ada tingkatan pemain yang bisa kalian dapatkan di Plan. Semakin tinggi tingkatan pemain yang kalian inginkan, maka semakin tinggi bayaran yang harus kalian bayarkan. Beberapa Plan tidak hanya memerlukan pemain, tetapi juga memerlukan token yang bisa kalian dapatkan di event tertentu.

Di samping itu, ada sistem Market dimana kalian bisa membeli pemain. Tapi, tentu saja, kalian harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkan pemain, khususnya pemain terbaik. Dikarenakan yang berjualan adalah para pemain, bukan tidak mungkin bagi kalian untuk bisa mendapatkan pemain bagus dengan harga murah. Jadi, terus pantau  Market ini!

Kekurangan FIFA Mobile

Dari segi gameplay, FIFA Mobile memang bisa dibilang solid. Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu disebutkan.
Pertama, fitur untuk menjalankan game secara otomatis memang berguna, namun janganlah heran bila pemain-pemain yang dikendalikan oleh AI akan melakukan hal-hal yang mengherankan atau bodoh. Tampaknya, control AI ini akan berbanding lurus dengan stat yang dipunyai oleh pemain, jadi jangan ragu-ragu untuk mengambil alih kontrol di tengah permainan.
Kedua, terkadang joystick virtual akan menghalangi layar sehingga terasa susah untuk melakukan tap/swipe. Ini memang kejadian yang agak langka, namun terkadang bisa mengganggu jalannya permainan

Kesimpulan

Sebagai game free-to-play yang berjudul sepakbola, FIFA Mobile menurut keterangan dari penulis adalah game yang sangat sukses dalam menyajikan permainan sepakbola dengan kualitas yang ciamik. Dari segi grafis 3D, gameplay yang bermacam-macam, kontrol yang menarik dan mudah untuk digunakan akan membuat game mobile ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Tak hanya itu saja, tambahkan lagi dengan lisensi sah dari FIFA yang dicantumkan pada game ini, makin membuat FIFA Mobile sebagai judul yang must-have untuk semua pecinta sepakbola.