Blog

Etiket Cincin Pernikahan Yang Harus Diketahui

Ada beberapa etiket mengenai cincin pernikahan yang harus Anda ketahui, apa saja itu? Kalau penasaran yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Etiket Mengenai Cincin Pernikahan

Etiket Cincin Pernikahan Yang Harus Diketahui

Cincin kawin berlian adalah perhiasan terpenting yang akan Anda miliki saat sudah melangsungkan pernikahan. Itulah sebabnya Anda harus melakukan segalanya dengan benar dalam hal etiket cincin pernikahan. Mulai dari siapa yang harus memilih cincin, bagaimana jika tidak tahu ukurannya, hingga bagaimana jika akhirnya pasangan tidak menyukai cincin tersebut.

Apakah saya bisa membantu pasangan dalam memilih cincin?

Jawabannya adalah pasti bisa karena menurut penelitian ada sekitar 62% pasangan yang memilih untuk pergi berbelanja cincin bersama. Namun jika Anda merasa tidak nyaman untuk melakukannya karena akan terasa lebih romantis jika dijadikan sebagai kejutan maka komunikasikanlah dengan orang terdekat pasangan seperti sahabat, ibu, atau saudaranya agar mendapatkan beberapa panduan.

Bagaimana jika pasangan tidak tahu ukuran cincin saya?

Jika Anda masih belum tahu ukuran cincinnya maka lihatlah panduan mengenai ukuran cincin kawin berlian yang telah disediakan oleh penjual perhiasan untuk pengukuran yang akurat. Jika sudah maka Anda bisa menyampaikan ukuran tersebut kepada ibu, sahabat, atau saudara perempuan Anda agar disampaikan kepada pasangan jika lamarannya tidak dilakukan besar-besaran. Bisa juga Anda membiarkan cincin yang biasa digunakan pada jari manis untuk dicuri pasangan dan dibawa ke toko perhiasan guna membandingkan ukuran.

Bagaimana jika saya tidak suka dengan cincin yang dibelikan?

Sejak awal Anda bisa ikut serta saat pasangan akan membeli cincin pernikahan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terburuk yaitu cincin tersebut tidak sesuai dengan selera Anda. Namun jika hal tersebut sudah terjadi maka bicarakanlah dengan pasangan.

Mulai dengan menjelaskan betapa Anda mencintai mereka dan pada bagian puncaknya ungkapkanlah bagaimana cincin tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan atau tidak sesuai dengan gaya pribadi. Jika khawatir akan menyakiti hatinya maka Anda bisa memilih untuk diam. Pada akhirnya, Anda akan menikah dengan cinta dan menutupi semua masalah salah satunya tentang cincin.