Blog

7 Ide Desain Membuat Rooftop Garden dan Ketahui Kelebihan Furniture Bahan Rotan

Desain Membuat Rooftop Garden

Desain Membuat Rooftop Garden – Memiliki quality time bersama pasangan, tidak melulu hanya dapat dilakukan di cafe atau restoran saja, tetapi juga dapat dilakukan di rumah yakni dengan menghadirkan rooftop garden pada bagian atas rumah.

Rooftop garden ini dapat dimanfaatkan untuk merayakan berbagai momen indah bersama pasangan seperti merayakan anniversary, ulang tahun ataupun merayakan hari kasih sayang, bahkan bisa juga dimanfaatkan hanya untuk sekedar bersantai bersama.

Meskipun hanya dilakukan di rumah saja, tetapi momen berdua bersama pasangan akan tetap terasa romantis dan berkesan.

Desain Membuat Rooftop Garden

Berikut ini kami akan membagikan beberapa ide Desain Membuat Rooftop Garden rumah menurut jasa kontraktor jogja yang bisa di jadikan inspirasi

Rooftop Garden Dihiasi Dengan Lampu

Pencahayaan sangat penting dan dapat memberikan dampak besar untuk keseluruhan dekorasi di suatu area rumah. Rooftop garden yang dihiasi dengan lampu-lampu cantik dijamin mampu menciptakan nuansa romantis, terutama pada malam hari.

Anda dapat menggunakan lampu led, yang cukup untuk menerangi area rooftop, atau tambahkan beberapa lampu lantai untuk sedikit penerangan ekstra. Sebagai tambahan, Anda dapat memberi penerangan pada dek rooftop untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan intim.

Rooftop Garden Dengan Bunga Hias

Tak kalah romantis dengan rooftop yang dihiasi dengan lampu, rooftop garden dengan sentuhan bunga hias juga dapat menciptakan suasana yang romantis. Letakkan bunga hias pada sudut-sudut strategis di area rooftop dan jangan sampai menghalangi pemandangan indah dari area tempat duduk dan berkumpul.

Untuk warna bunga hias bisa Anda sesuaikan dengan selera, dan tambahkan furniture seperti sofa dan meja, agar Anda dan pasangan bisa lebih nyaman berlama-lama di rooftop garden.

Rooftop Garden Dilengkapi Dengan Dapur

Jika Anda memiliki area atas rumah yang cukup luas, rooftop garden dengan dapur tentu bisa Anda terapkan pada hunian Anda. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa bersenda gurau dan menikmati pemandangan kota sekaligus bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya, seperti memasak bersama. Anda juga bisa menghadirkan mini bar untuk menikmati minuman dan makanan bersama pasangan.

Rooftop Garden Dengan Pool /Jacuzzi

Rasa lelah dan penat seringkali menghampiri setelah seharian beraktivitas. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh kembali segar adalah dengan berendam air hangat, ditambah dengan pasangan yang setia menemani.

Rooftop garden yang dilengkapi dengan pool atau jacuzzi akan membantu Anda dan pasangan merasa lebih rileks dan lebih cepat terlelap di malam hari. Selain dapat membantu mendapatkan kualitas tidur terbaik, berendam di dalam pool atau jacuzzi juga dapat meningkatkan suasana hati dan momen quality time menyenangkan bersama pasangan.

Rooftop Garden Dengan Karpet Rumput

Meskipun tampak sederhana, rooftop garden yang dilengkapi dengan karpet rumput akan membuat Anda betah berlama-lama duduk dan bersantai bersama pasangan. Selain itu, warna hijau yang dipancarkan dari karpet rumput akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih rileks dan tenang. Untuk menambah suasana romantis dan nyaman, tambahkan lampu-lampu hias sebagai dekorasi dan kursi, atau Anda juga bisa duduk langsung di atas karpet sambil bersenda gurau dengan pasangan.

Rooftop Garden Didominasi Dengan Kayu

Dominasi elemen kayu pada rooftop garden bisa memberi kesan nyaman dan hangat, sehingga akan membuat waktu Anda bersama pasangan jauh terasa lebih intim dan berkesan.

Selain lantai, elemen kayu juga bisa Anda hadirkan pada furniture seperti kursi dan meja. Untuk menambah kesan segar, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hijau di sekeliling rooftop garden.

Rooftop Garden Gaya Bohemian

Jika Anda lebih ekspresif dan menyukai nuansa estetika, konsep ini sangat cocok diterapkan pada rooftop garden milik Anda. Dengan rooftop garden bernuansa bohemian, Anda dan pasangan bisa melakukan berbagai kegiatan bersama seperti berbincang santai atau makan malam bersama di rooftop garden ini. Suasana santai adalah kunci untuk menciptakan gaya bohemian di rooftop garden Anda.

Itulah beberapa ide rooftop garden yang bisa Anda terapkan di rumah. Bagaimana, tertarik membuatnya? Dan berikut adalah kelebihan furniture dari bahan rotan yang perlu kalian pahami.

Kelebihan Furnitur Rotan

Siapa yang tidak kenal dengan rotan? Ya, rotan adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk pembuatan berbagai furnitur, seperti meja dan kursi.

Bahan baku furnitur rotan banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara, kerap menjadi pilihan masyarakat lokal bahkan internasional untuk mempercantik hunian.

Furnitur rotan hadir dalam berbagai macam desain, mulai dari gaya vintage hingga gaya modern, sehingga dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda.

Kelebihan Furnitur dari Bahan Rotan

Mungkin Anda sering bertanya-tanya, apa saja kelebihan rotan sebagai bahan furnitur? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Bahan Fleksibel

Salah satu keunggulan utama bahan rotan adalah bahannya yang fleksibel. Fleksibilitas ini membuat Anda memiliki banyak pilihan model untuk melengkapi furniture di hunian Anda. Semisal, bahan rotan dapat dijadikan kursi dan meja berbentuk persegi, bulat, atau bentuk lain.

Perlu diketahui bahwa rotan biasanya hanya datang dalam beberapa warna pilihan, seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, dan warna alami. Meskipun begitu, warna-warna netral ini biasanya dapat menyatu dengan semua desain. Dengan kata lain, di mana pun Anda meletakkan furnitur rotan, itu dapat membantu mempercantik ruangan Anda.

Memiliki Perawatan yang Mudah

Furnitur berbahan rotan memiliki perawatan yang mudah, terutama jika dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Cukup gunakan kain lembut dan sabun biasa untuk membersihkan furniture rotan. Untuk menjangkau sudut dan celah kecil, Anda bisa menggunakan kuas kecil.

Ramah lingkungan

Faktanya, rotan termasuk bahan yang berkelanjutan (sustainable material), yang artinya baik untuk lingkungan. Hal ini karena, rotan merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan dan dapat sepenuhnya tumbuh serta dipanen dalam waktu dua tahun, dibandingkan dengan beberapa pohon kayu keras yang memakan waktu hingga 20-30 tahun. Oleh karena itu, rotan adalah bahan yang sepenuhnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Tahan Di Segala Cuaca (Weatherproof)

Furniture berbahan rotan sintetis diketahui tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan ataupun panas. Selain itu, bahan rotan juga tahan terhadap pertumbuhan lumut, yang salah satu penyebab kerusakan furnitur rotan. Oleh karena itu, tak heran jika furniture berbahan rotan juga kerap digunakan mempercantik area luar rumah, seperti rooftop garden atau terrace garden.

Ringan Dan Tahan Lama

Furnitur berbahan rotan memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk dipindah atau digeser. Meskipun begitu, furniture rotan tetap kuat menahan beban dan tidak mudah rusak. Inilah alasan mengapa rotan sering dimanfaatkan untuk bahan dasar sofa maupun tempat tidur.

Identik dengan Kesan Natural

Jika Anda ingin menghadirkan kesan natural ke dalam hunian, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan furnitur berbahan rotan. Pilihlah furniture rotan berwarna alami untuk menciptakan kesan natural.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan furnitur rotan untuk hunian bergaya modern atau minimalis. Furniture rotan hadir dalam berbagai macam model yang dapat Anda sesuaikan dengan desain interior rumah Anda. Untuk rumah bergaya modern atau minimalis, pilihlah furniture rotan bergaya kontemporer yang didesain secara kreatif dan minimalis.

Harganya Tergolong Murah

Kelebihan furniture rotan berikutnya adalah harga yang tergolong relatif murah dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Meskipun dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun tidak membuatnya memiliki kualitas yang murahan. Kualitas furnitur rotan tidak kalah apik dengan kualitas furniture yang terbuat dari kayu solid.

Bahan Rotan Bisa Dijadikan Apapun

Selain dapat dimanfaatkan sebagai furnitur, bahan rotan juga bisa digunakan sebagai bahan dekorasi atau perabot rumah. Misalnya, tudung makanan untuk meja makan, bingkai kaca, partisi atau hiasan dinding.

Hiasan juga dapat dibuat dari daur ulang barang rotan yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan mengacu pada DIY project di internet, and voila, Anda bisa mendapatkan dekorasi rumah yang indah, unik dan menarik.