Blog

Coding Praktis Pakai Jupyter Notebook, Ini Menu-Menunya!

Jupyter notebook sering disebut ketika membicarakan Python.

Ingin menulis dan mengulang kode Python-mu biar analisis datanya mudah dan cepat? Gunakan Jupyter notebook. Beneran se-simple itu!

Dibanding harus menulis ulang keseluruhan program, kamu bisa menulis baris kode dan menjalankannya satu per satu di program ini.

Kemudian, jika kamu perlu membuat perubahan, tinggal buka lagi programnya, edit, dan jalankan kembali kode terkait. Semuanya bisa dilakukan di jendela yang sama. Praktis bukan?

Pada dasarnya, Jupyter notebook dibangun dari Ipython. Ia menjalankan kode Python di terminal menggunakan model REPL (Read-Eval-Print-Loop). Jupyter notebook pun mendukung banyak bahasa pemrograman.

kursus data science
kursus data science

Apa saja menu di dalamnya? Mari kita bedah bersama.

Menu-menu di Jupyter notebook

Menu-menu yang terdapat di Jupyter notebook disusun sedemikian rupa agar penggunanya dapat mengoperasikan program ini secara mudah.

Cells

Saat pertama kali membuka laman baru di Jupyter notebook, kamu akan menemukan cell kosong yang siap diisi.

Cells di sini sengaja disusun sedemikian rupa sehingga bisa langsung kamu gunakan sebagai area menulis kode.

Menjalankan kode

Untuk menjalankan larik kode, klik cell untuk memilihnya, lalu tekan SHIFT+ENTER atau tekan tombol play yang tersemat di toolbar.

Selain itu, ada pula menu dropdown untuk cells. Di situ, kamu akan menemukan beberapa opsi untuk menjalankan kode. Termasuk menjalankan satu cell pada satu waktu atau menjalankan semua cells sekaligus.

Nah, setelah kamu menjalankannya, output dari kode di dalam cells akan muncul di ruang di bawahnya. Untuk berhenti menjalankan baris kode, tinggal tekan tombol stop.

Membuat cells baru

Lalu, bagaimana caranya membuat cell baru? Gampang, gunakan tombol plus (+) di toolbar atau tekan SHIFT+ENTER pada sel terakhir di Jupyter notebook.

Mengedit cells

Untuk melakukan cut, copy, menghapus, atau hanya mengedit cells secara umum, kamu cukup memilih cells yang ingin diubah kemudian buka tombol Edit di bilah navigasi guna melihat opsi yang tersedia.

Selain menjalankan baris kode, kamu juga bisa menyertakan cells berformat text-only yang menggunakan fitur Markdown. Di situ kamu diperbolehkan untuk memformat dan mengatur isi file Jupyter notebook.

Mengatur kernel

Terkadang, jika terindikasi ada masalah, kamu mungkin perlu me-restart kernel. Caranya tinggal buka dropdown Kernel dan tekan Restart.

Untuk mematikan kernel, kamu dapat mengklik Shutdown. Setelah dipilih, akan muncul kotak dialog dan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Namun, kalau memang tujuannya adalah memaksa shutdown langsung, silakan buka menu dropdown File dan klik Close and Halt dan jendela browser akan menutup sendiri.

Ingat, me-restart dan mematikan kernel akan memengaruhi variabel-mu, jadi tolong berhati-hati, ya!

Menu Help

Di menu dropdown Help, kamu akan menemukan informasi yang mungkin berguna seperti shortcut keyboard maupun tautan ke berbagai dokumen untuk modul seperti Numpy, SciPy, dan Matplotlib.

Toolbar

Jupyter notebook memiliki Toolbar yang mudah diakses. Posisi menu Toolbar dari kiri ke kanan terdiri dari: Save, New, Cut, Copy, Paste, Move Up, Move Down, Run, interupsi kernel, mulai ulang kernel, dropdown yang memungkinkanmu untuk mengubah jenis sel, serta shortcut untuk membuka comand palette.

Penyimpanan

Terakhir, tentang penyimpanan file. File Jupyter notebook disimpan otomatis saat kamu menggunakannya.

Semuanya akan ada di direktori yang sudah kamu set sebagai file berformat JSON dengan ekstensi .ipynb.

Kamu pun bisa mengekspor file Jupyter notebook ke format lain, HTML misalnya. Untuk melakukannya, buka menu File, gulir ke bawah ke Download As dan pilih jenis file yang dicari.

Kemudahan Jupyter notebook

Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, tak heran Jupyter notebook banyak dipakai oleh developers hingga data scientist pemakai Python.

Antarmukanya memudahkankanmu bernavigasi menggunakan mouse dengan mengakses menu dan tombol dropdown, maupun melalui shortcut keyboard.

Kalau masih bingung, kamu bisa mengikuti kelas Data Science karena materi di dalamnya umumnya juga mencakup penggunaan tools yang populer digunakan di industri.

Apakah kamu ingin mencoba Jupyter notebook?