Blog

Cara Pembayaran Jasa Arsitek Yang Sesuai Prosedur

Memiliki rencana membangun rumah impian dengan bantuan tenaga ahli arsitek, namun bingung dan tidak tahu bagaimana cara membayarnya? Tidak perlu khawatir, penulis akan sajikan pada artikel yang sederhana ini seputar cara pembayaran jasa arsitek yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Secara umum tahapan pembayaran jasa arsitek dapat dilakukan dengan dua sistem, yaitu berdasarkan pemesanan pembuatan desain rumah baru dan pemesanan desain rumah renovasi yang mana nantinya desain rumah akan disesuaikan dengan gallery yang dilihat sebelumnya (untuk melihat berbagai contoh gallery rumah, Anda bisa melihat contoh rumahnya disini: ARSITEK).
Nah untuk lebih jelasnya simaklah rangkuman dibawah ini:

Cara Pembayaran Jasa Arsitek Berdasarkan Jenis Desain

metode pembayaran arsitek

1. Pemesanan Pembuatan Desain Rumah Baru

Pada cara ini klient diharapkan membayar uang muka terlebih dahulu, sebab para arsitek biasanya akan bekerja untuk merancang desain bangunan hingga menghitung seluruh total rincian pembiayaan. Biasanya DP berkisar 50% dari perkiraan biaya desainnya. Setelah desain dan rincian biaya diselesaikan, barulah Anda melunasi pembayaran sebanyak 50% lagi dari total biaya desainnya.

Apabila diyakini tidak ada refevisi dari pihak yang bersangkutan, maka biasanya para arsitek akan membuatkan gambar kerja secara lengkap yang mencakup beberapa aspek. Diantaranya adalah acuan pembangunan hingga perhitungan kebutuhan material yang nantinya klient akan dianjurkan untuk melunasi sisa pembayaran dari total biaya desain.

2. Pemesanan Pembuatan Desain Jadi

Lain halnya dengan langkah pembayaran jasa arsitek sistem pemesanan desain renovasi ini, biasanya para arsitek memberikan dua alternatif pilihan pembayaran kepada klient, bisa diangsur secara 2x ataupun 1x. Apabila klient memilih 2x transaksi pembayaran, biasanya pada tahapan pertama 40% dari total biaya desain harus dipenuhi terlebih dahulu, setelah itu barulah klient akan mendapatkan sketsa gambar desain rumah.

Kemudian sisa pembayaran bisa dilunasi pada tahapan yang kedua untuk mendapatkan sisa gambarnya. Namun apabila Anda ingin membayarkan biaya tersebut dalam 1x transaksi, gambar yang diinginkan bisa segara didapatkan dan tahapan selanjutnya akan segera dilaksanakan.

Itulah informasi mengenai tahap-tahap pembayaran jasa arsitek yang bisa kami sampaikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi sekaligus solusi bagi Anda tatkala bingung ketika hendak membayar jasa seorang arsitek dalam proses pembangunan rumah impian. Terima kasih.

cara pembayaran jasa arsitek