Blog

Cara Mudah Maintanance Website Anda Serta Langkah Langkahnya

Hal ini dilakukakan karena tindakan untuk memastikan seluruh bagian komponen pada website masih berjalan.Berikut Cara mudah maintenance website.

Cara Mudah Maintanance Website Anda Serta Langkah Langkahnya

cara mudah maintenance website

 

Cara mudah maintenance website

1.Pastikan bagian seluruh halaman dan tautan masih baik untuk menjalankan fungsinya

Bagaimana dengan perasaan Anda saat mengakses suatu website dan yang muncul/tampil di layar adalah halaman website yang rusak? Mungkin akan muncul kalimat yang tercetus dalam batin Anda adalah: Betapa tidak profesionalnya para pengelola website ini!

Pastikan semua halaman pada website Anda menampilkan informasi yang ada dan seharusnya.

Berikut cara untuk memeriksanya:
Instal aplikasi plugin Broken Link Checker untuk menemukan berbagai tautan halaman yang rusak.
Lakukan setting pada plugin Broken Link Checker.
Perbaiki atau hapus URL yang sudah rusak.

2. Periksa seluruh update komponen website

Hal penting yang sering kali terlupakan oleh pemilik website adalah memperbarui bagian seluruh komponen website. Mereka bahkan mungkin juga Anda, terkadang hanya mengira website akan baik-baik saja walau tanpa ada update.

Jika Anda berpikir bahwa website tetap akan aman meski tanpa diperbarui, tidak usah lagi heran jika bahwa tiba-tiba ada malware menyerang. Bukan cuma dari malware saja, tapi juga akan dapat berbagai gangguan yang merugikan website Anda.

Mungkin dari efek pembaruan tersebut tidak akan terlihat dan barangkali tidak terasa bagi Anda. Sehingga membuat kesannya, itu hanya hal yang remeh temeh belaka.

Namun hal nya yang namanya pembaruan, meski hanya kecil, akan membuat seluruh bagian komponen website bekerja lebih oke. Karena itu buat Anda rajin-rajinlah memeriksa notifikasi update website Anda.

Baca Juga:Tempat PKL di Jogja

3. Hapus seluruh komentar spam

Setahu Anda mungkin bahwa komentar spam hanyalah komentar-komentar yang membuat tidak relevan dengan isi konten. Alhasil mungkin karena menganggapnya hal yang sepele, Anda memilih membiarkan mereka mengisi halaman komentar dengan komentar spam untuk Anda.

Sayangnya, bagian komentar spam tidak sesederhana itu. Mengabaikannya mungkin adalah cara yang salah. Orang yang jahat mana pun bisa bersembunyi di balik kolom komentar spam untuk menggiring pengunjung untuk website yang menuju halaman berbahaya.

Gampang saja untuk mereka tinggal meletakkan pancingan URL/link pada kolom komentar Anda. Menunggu hal kail itu disambut denga pengunjung atau bahkan Anda sendiri.

Selain itu, membiarkan komentar yang spam terpampang pada bagian website Anda yang akan memberi kesan ke pengunjung bahwa website Anda terlalu cuek. Jadi, rutinlah menghapus seluruh bagian komentar spam pada website Anda.

Maintenance Bulanan
Pasti Anda memiliki tujuan hal tertentu dari membuat sebuah website untuk up di goggle. Entah itu melakukan jual beli, memiliki blog yang dapat diakses banyak orang, atau tujuan yang lainnya. Namun, mungkin ada saatnya juga strategi untuk meningkatkan traffic, penjualan, atau apapun hal itu yang kurang berhasil.

4. Tinjau performa SEO

SEO adalah sebuah kunci jika ingin website Anda mudah ditemukan halaman pertama di Google. Orang-orang yang lebih mempercayai hasil pencarian yang tampil pada sebuah halaman yang pertama Search Engine Results Page atau disingkat (SERP).

Memiliki berbagai performansi SEO yang bagus tidak hanya melejitkan nilai ranking pada website, tetapi juga meningkatkan bagian traffic. Semakin suatu website berada pada bagian peringkat teratas, kemungkinan untuk di-klik juga akan semakin besar.

Sudahkah Anda untuk mengecek traffic website Anda? Puaskah Anda dengan hasilnya?

Sebaiknya, jangan terlalu cepat berpuas diri atau mungkin malah putus asa karena bagian traffic tidak kunjung melonjak naik. Lakukan manuver dengan selalu menerapkan tips dan trik untuk SEO yang terjamin ampuh.

5. Review konten dalam website

Salah satu hal yang membuat Anda pertimbangkan dalam membuat konten adalah sebagai tren. Sayangnya, tidak ada lagi tren yang berlangsung abadi. Tren juga bisa berganti ganti dengan cepat.

Terkadang, saat Anda membuat konten, Anda terjebak dalam zona yang nyaman. Rasanya mungkin cocok dan nyaman dengan topik yang sedang trending saat itu atau sekarang. Padahal, nanti atau bahkan besok, topik itu bisa saja jadi tidak dilirik lagi.

Padahal konten yang Anda relevan dengan kebutuhan user sangat berpengaruh ke performa SEO. Itu karena yang orang-orang cari kebanyakan adalah informasi, bukan website Anda.

Karena itu, rutinlah untuk melakukan update konten dengan meletakkan bagian informasi yang relevan. Meski Anda membutuhkan waktu yang lama, hal ini adalah mungkin salah satu cara profesional untuk melakukan maintenance dari website.

6. Tes kecepatan loading halaman website

Semua orang tidak akan suka untuk menunggu, termasuk Anda. Orang yang tidak akan menyia-nyiakan waktu demi menunggu halaman website yang tidak kunjung untuk menampilkan informasi.

Mungkin ada salah satu pemilik website yang berpikir, ya sudahlah tidak ada masalah lama, pasti ada saja orang yang mau yang mau bersabar. Faktanya lebih dari 57% orang memilih meninggalkan website yang memiliki bagian page load lebih dari 3 detik.

Dengan page load yang sangat lambat, website Anda dengan mudah akan tenggelam dalam halaman yang dalam pencarian di Google. Itu karena Google menganggap bahwa website Anda memberikan user experience yang buruk sehingga Otomatis, performansi dari SEO website pun akan terjun bebas.

Jadi, sudah sadar kan bahwa dari kecepatan loading halaman website cukup penting? Kalau sudah, gunakanlah bagian platform untuk menguji page load website yang Anda punya. Lalu supaya bagian kecepatan loading halaman website Anda semakin maksimal, pasanglah aplikasi plugin yang mendukung.

Maintenance Tiap Kuartal
Maintenance yang ini dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kenapa hal itu harus menunggu tiga bulan? Tidak setiap hari saja tidak sekalian?

Tidak semua hal yang bisa dilakukan dalam jarak waktu yang pendek. Jika Anda memaksakan diri Anda ingin mengerjakan semuanya dengan sekaligus, pasti Anda akan pusing sendiri.

 

7. Periksa semua info kontak aktif

Pernahkah Anda untuk menghubungi seseorang dan yang terdengar di ujung akhir telepon adalah, “Nomor yang Anda hubungi sudah tidak terdaftar”? Anda pun akan memeriksa catatan nomornya kembali, mencoba untuk menelepon lagi, tetapi mendapat respon hal yang sama.

Alhasil, informasi penting yang ingin Anda tanyakan atau katakan pun gagal akan tersampaikan. Dan ternyata, penyebabnya adalah seseorang yang ingin Anda hubungi telah mengganti nomor teleponnya.

Wah, sayang sekali jika bukan sebuah informasi yang berharga tak pernah sampai karena tentang info kontak yang tidak update? Karena itu, penting halnya untuk memeriksa seluruh informasi pada kontak yang tercantum pada bagian website Anda.

Pastikan siapa pun yang bisa menjangkau Anda melalui alamat yang tertera pada bagian website Anda. Jika ada perubahan lakukan segeralah memperbarui informasi kontak atau alamat Anda. Terdengar hal sepele, tapi hal ini bisa membanjiri Anda dengan berbagai kerugian jika Anda memilih untuk menggampangkannya.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat PKL 

8. Memperbaiki dan memperbarui struktur desain

Website yang bisa diibaratkan seperti halnya rumah. Rumah memang sangat bisa berdiri dalam jangka waktu yang lama, meski sudah diterpa angin dan hujan. Namun jika rumah dibiarkan terus menerus, perlahan tapi pasti akan ada bagian atap yang bocor, dinding yang berlumut, dan serta komponen lain yang mulai merapuh atau rusak.

Nah, sama halnya dengan bagian website. Mau dengan desain Anda sebagus dan sekeren apapun, akan percuma jika Anda bahkan tidak pernah melakukan maintenance.

Kenapa? Serupa hal dengan konten, desain memiliki sebuah trennya sendiri. Hal tersebut akan disebabkan oleh user experience pengguna internet yang selalu berubah-ubah.

Contohnya, dulu Anda sangat menikmati tampilan website yang serba putih dan juga terang. Tapi lama-lama, justru tampilan yang seperti itu memunculkan masalah baru: keluhan pada mata lelah. Akhirnya, lahirlah tren dark mode yang membuat bagian website beserta kontennya lebih ramah untuk mata.

Itu hanya salah satu contoh saja, lho. Yang jelas, melakukan sebuah maintenance pada website dengan memperbaiki struktur desain itu adalah hal yang penting. Maka dari itu, ikuti informasi seputar navigasi, warna tampilan, dan juga desain responsif yang update dengan bagian tren Google.

9. Periksa durasi masa aktif domain Anda

Gara-gara Anda yang sibuk mengurus SEO, struktur bagian pada website, konten, dan lain-lain, Anda jadi melupakan bagian durasi masa aktif domain Anda. Akibatnya, Anda harus merelakan ketika orang-orang jadi tidak bisa untuk mengakses website Anda. Parahnya lagi, domain yang Anda punya akan lenyap secara otomatis.

Pasti Anda akan sayang sekali bukan jika usaha yang Anda bangun dengan susah payah runtuh gara-gara melupakan tanggal yang sudah kadaluarsa website? Nah, sebelum Anda akan kehilangan itu semua, pastikan Anda untuk menperiksa durasi masa aktif pada domain yang Anda saat melakukan maintenance website.

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara mudah maintenance website, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih