1. Merawat kulit wajah

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda bisa mengoleskan kulit pisang ke bagian wajah yang diinginkan atau area wajah tertentu. Meski khasiat tersebut belum teruji secara klinis, namun kandungan antioksidan, agen antibakteri dan senyawa anti inflamasi pada kulit pisang telah menunjukkan manfaat untuk kesehatan kulit.

2. Menjaga kesehatan rambut

Kulit pisang juga dipercaya bisa membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Khasiat ini dipercaya berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan pada kulit pisang berperan penting dalam mencegah radikal bebas merusak rambut, sehingga menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

3. Menyehatkan dan mutihkan gigi

Ternyata menggosokkan kulit pisang pada gigi dan gusi setiap hari selama seminggu juga  dapat menyehatkan gusi sekaligus memutihkan dan memudarkan noda plak gigi kalian lho.

4. Mengatasi kulit gatal

Anda bisa mengatasi kulit gatal akibat gigitan nyamuk, eksim atau terik matahari dengan cara mengoleskan kulit pisang pada area kulit. Meski belum banyak penelitian yang mendukung cara ini, namun cara ini sudah lama digunakan sebagai salah satu alat pertolongan pertama untuk meredakan gatal.

5. Meredakan sakit kepala

Kompres dingin adalah pengobatan sakit kepala alami yang sangat efektif. Jika Anda tidak memiliki bahan yang dikompres di rumah, maka kulit pisang yang sudah didinginkan bisa menggantikan bahan yang dikompresi. Caranya adalah dengan mengoleskan kulit pisang dingin di dahi dan belakang leher.

7. Mencegah penyakit kanker

Manfaat kesehatan dari antioksidan telah dipelajari secara ekstensif. Semakin tinggi kandungan antioksidannya maka semakin kuat kemampuannya dalam melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit (termasuk kanker).

Kulit pisang yang masih belum diolah diyakini kaya akan antioksidan, seperti polifenol dan karotenoid. Karena itu, mengonsumsi kulit pisang mentah dipercaya dapat menurunkan risiko kanker. Namun manfaat tersebut masih terbatas pada hewan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.