Blog

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Bagaimana mengukur pertumbuhan ekonomi? Menurut Kuliahpendidikan Pertumbuhan ekonomi di suatu negara dapat diukur dengan, misalnya, membandingkan produk nasional bruto (GNP) tahun berjalan dengan tahun sebelumnya dalam pengukuran nasional.

pertumbuhan ekonomi

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

1. Sumber daya manusia

Dalam menentukan aspek yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, yaitu perhitungan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang tersedia secara langsung untuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Kualitas sumber daya manusia tercermin dalam keterampilan, keterampilan kreatif, pelatihan dan pendidikan yang telah mereka miliki. Jika suatu negara memiliki sumber daya manusia yang sangat baik, berkualitas dan terlatih, outputnya berkualitas tinggi.
Namun, kekurangan tenaga kerja terampil dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, sementara surplus tenaga kerja akan kurang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.
Untuk alasan ini, sumber daya manusia di suatu negara harus sepadan dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

2. Sumber daya alam

Sumber daya alam dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam adalah sumber daya yang sudah ada di alam, baik di darat maupun di bawah air.
Sumber daya alam yang telah ada di suatu negara sesuai dengan iklim dan kondisi lingkungan negara tersebut. Negara-negara dengan banyak sumber daya alam dapat melihat pertumbuhan yang baik dibandingkan dengan negara-negara dengan sedikit sumber daya alam.

3. Pembentukan modal

Pembentukan modal terdiri dari tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi dan alat komunikasi lainnya. Pembentukan modal adalah proses pembuatan semua produk yang dibuat oleh tangan manusia.
Pembentukan modal dapat meningkatkan ketersediaan modal untuk bekerja, dapat meningkatkan rasio modal atau tenaga kerja. Akibatnya, produktivitas tenaga kerja dapat meningkat, yang dapat meningkatkan produksi dan pertumbuhan ekonomi di satu negara.

4. Pengembangan teknologi

Teknologi memiliki jenis dan jenis instrumen teknis yang digunakan oleh sejumlah pekerja. Perkembangan teknologi telah berkontribusi pada peningkatan produktivitas dengan penggunaan sumber daya yang sangat terbatas.
Negara-negara yang telah menggunakan pengembangan teknologi dapat tumbuh pesat dibandingkan dengan negara-negara yang tidak menggunakannya. Memilih perkembangan teknologi yang tepat dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi.

5. Faktor sosial dan politik

Faktor sosial didasarkan pada kebiasaan, tradisi, nilai-nilai dan kepercayaan di masing-masing negara dan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
Kondisi politik suatu negara dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di satu negara. Jika kerangka kerja kebijakan saat ini di negara yang stabil berfungsi dengan baik dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat, itu juga dapat meningkatkan kinerja produksi.
Dengan cara ini, komunitas bebas akan berinovasi dan mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi

demikian lah penjelasan tentang cara mengukur pertumbuhan ekonomi seperti yang terdapat pada website Kuliahpendidikan semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian.