Blog

Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi

Anda pasti sudah sangat tidak asing dengan yang namanya absensi dengan fingerprint atau sidik jari. Jadi absen sidik jari merupakan salah satu jenis metode terbaru yang saat ini sudah banyak berkembang dan sudah menggunakan sistem bantuan software yang digunakan untuk absensi karyawan pada sebuah perusahaan. Jadi kehadiran karyawan di sebuah perusahaan itu sangat penting, tidak heran jika sebagai salah satu bentuk absensi untuk bukti kehadiran karyawan maka digunakan yang namanya absensi dengan menggunakan fingerprint.

 

Sejauh ini, meski sudah banyak yang paham bagaimana cara kerja dan cara menggunakan fingerprint untuk absensi, tidak menutup kemungkinan juga masih ada beberapa orang yang mungkin baru pertama kali menggunakannya akan bingung. Untuk itu, berikut ini langkah-langkah supaya Anda tidak bingung menggunakan absen fingerprint:

 

  • Langkah pertama adalah instalasi mesin absen fingerprint, setelah itu Anda daftarkan sidik jari Anda.
  • Sebaiknya gunakan jari telunjuk, jari tengah atau jari manis saat pertama kali Anda mendaftarkan sidik jari Anda.
  • Jika sudah nanti untuk cara menggunakannya cukup tempelkan jari Anda yang sudah di daftarkan tadi secara rata pada bagian tengah layar mesin absensi sidik jari.

 

Di atas adalah beberapa cara yang paling mudah dan tidak ribet untuk menggunakan mesin absensi dengan sistem fingerprint atau sidik jari. Tetapi karena saat ini zaman sudah semakin maju dan modern, terkadang ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakan absensi lengkap yakni fingerprint dan ditambah dengan absen wajah. Tujuannya adalah sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk tindakan manipulasi data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa cara menggunakan fingerprint untuk absensi itu sangat mudah jika sudah tahu tips-tipsnya. Akan tetapi mungkin saja ada sebagian orang yang kurang bertanggung jawab dengan melakukan absen palsu karena absensi dengan menggunakan sidik jari ini adalah salah satu jenis absensi yang sangat mudah untuk dilakukan tindakan pemalsuan data. Untuk itu, perusahaan harus benar-benar bisa lebih siap untuk masalah absensi karyawan perusahaan.