Blog

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

cara-memperbaiki-keyboard-laptop-tidak-berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi – Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada laptop yang juga rawan mengalami kerusakan. Dimulai dari beberapa tombol yang tidak dapat berfungsi sebagian hingga sampai keseluruhan. Hal ini juga wajar, karena biasanya setiap pengguna laptop sangat jarang dalam memperhatikan kebersihan keyboard laptopnya sendiri. Maka dari itu, Saya akan menjelaskan mengenai cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi.

Hal umum yang paling umum biasanya dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi yaitu karena terkena air, debu, terjatuh, dan lainnya. Jika ada keyboard tidak berfungsi di sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10, kemungkinan besar bahwa keyboard laptop tersebut sudah mengalami kerusakan pada bagian software ataupun hardware.

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Berfungsi

Jika Kamu sudah yakin keyboard laptop Kamu tidak berfungsi dengan baik atau sedang mengalami kerusakan. Saya sarankan sebelum Kamu memutuskan untuk membawanya ke tempat service, ada baiknya terlebih dahulu melakukan cara di bawah ini.

Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Bila ada beberapa tombol keyboard laptop Kamu yang tidak dapat berfungsi, sedangkan di tombol lain masih normal. Ada kemungkinan bahwa keyboard menjadi error dikarenakan terhambat oleh debu-debu yang sudah menempel pada keyboard.

Restart Laptop

Bila keyboard tiba-tiba tidak dapat berfungsi, kemungkinan terjadi masalah pada bagian software atau hardware yang ada pada laptop. Hal ini biasanya disebabkan karena laptop yang sudah lemot.

Coba untuk melakukan restart atau shutdown laptop jika keyboard laptop Kamu mendadak error. Selanjutnya bila laptop masih tidak dapat berfungsi, Kamu boleh mencoba langkah selanjutnya.

Restore Windows

Jika keyboard Kamu masih tidak berfungsi setelah melakukan install aplikasi baru. Cobalah untuk melakukan Restore Windows. Kemungkinan ini bisa mengatasi masalah untuk keyboard Kamu. Simak caranya di bawah ini:

  • Masuk ke Control Panel.
  • Setelah Kamu pilih menu System and Security.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih Backup and Restore.
  • Setelah itu, Kamu klik Recovery System Setting.
  • Lalu klik Open System Store.

Setelah Kamu mencoba melakukan restore windows, seharusnya keyboard Kamu sudah normal jika itu masalahnya dari sistem operasi Windows. Namun bila masih bermasalah juga, Kamu boleh mencoba langkah berikutnya.

Bawa ke Tempat Service

Bila cara di atas sudah Kamu lakukan, namun tidak ada juga perubahan alias keyboard Kamu masih tidak bisa digunakan. Saya yakin bahwa keyboard Kamu memang benar-benar sudah rusak. Solusinya adalah dengan membawa laptop Kamu ke tempat Service agar dapat diperbaiki oleh orang yang ahli di bidangnya.

Hal terburuk setelah membawa ke tempat Service yaitu keyboard laptop Kamu tidak dapat diperbaiki lagi dan diwajibkan untuk mengganti keyboardnya. Biasanya diperkirakan harga keyboard laptop tersebut berkisar antara Rp 250.000 sampai 500.000.

Jika memang dana Kamu masih tidak mencukupi, mungkin untuk sementara waktu Kamu bisa menggunakan keyboard eksternal. Berhubung karena harganya memang lebih murah yaitu sekitar di bawah Rp 100.000. Nanti setelah Kamu mempunyai uang yang cukup, maka Kamu bisa mengganti keyboard yang sudah rusak tersebut. Situs ini sudah tayang terlebih dahulu di Nirvanaharapan.