Blog

Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat rendang padang daging sapi. Carannya sangat mudah dan simpel yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut ini!

Jenis-jenis Rendang

Saat memasak daging berbumbu dalam santan, ada tiga fase dalam hal kandungan cair santan, dari yang paling basah dalam saus hingga yang paling kering: Gulai – Kalio – Rendang.

Menurut pengertian ini, rendang yang sebenarnya adalah rendang dengan kandungan cairan paling rendah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa ada dua jenis rendang, yaitu rendang kering dan rendang basah.

rendang kering

Ini adalah rendang sejati dalam tradisi memasak Minang. Rendang ini dimasak berjam-jam hingga santannya mengering dan bumbu meresap sempurna.

Disajikan untuk acara-acara khusus seperti upacara adat, perayaan atau menerima tamu kehormatan. Rendang kering biasanya berwarna lebih gelap, agak coklat kehitaman.

Jika disiapkan dengan benar, rendang kering dapat disimpan pada suhu kamar selama tiga hingga empat minggu, hingga lebih dari sebulan jika disimpan di lemari es dan enam bulan jika disimpan dalam keadaan beku.

Sebagian orang berpendapat bahwa rasa rendang asli minang paling enak dan tidak jauh berbeda dengan rendang di sejumlah daerah melayu lainnya.

Rendang basah atau kalio

Di Belanda, Kalio masih basah kuahnya. Jika rendang dimasak dalam waktu yang lebih singkat, santan belum benar-benar kering dan hanya bisa bertahan kurang dari seminggu di suhu ruang.

Rendang Basah berwarna coklat keemasan muda dan pucat. Juga dikenal di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Rendang yang ditemukan di Malaysia lebih seperti kalium, warnanya lebih pucat dan lembab dengan rasa yang kurang intens.

 

Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi

Bahan

  • 400 gram dagingsapi, potong serat setebal 3 cm
  • 1.250 ml santan encer yang terbuat dari santan kental
  • 3 cm lengkuas, peras
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, geprek
  • 2 lembar daun kunyit, simpul
  • 2 cm kayu manis
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • gula merah 1 sendok teh
  • 500 ml santan kental, terbuat dari 2 butir kelapa

Bumbu halus

  • 4 pecan, panggang
  • 12 cabai merah keriting
  • 5 cabai merah besar
  • 10 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok teh ketumbar
  • 4 cm jahe

Langkah-langkah

  1. Rebus santan encer, lengkuas, serai, daun kunyit, kayu manis dan bumbu halus hingga mendidih sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Masukkan daging, masak sambil diaduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan garam, merica bubuk, dan gula merah. Campur dengan baik. Masak hingga mengental.
  4. Tuang santan kental. Masak dengan api kecil, aduk hingga berminyak.
  5. Tunggu hingga matang lalu sajikan.

Manfaat Rendang bagi Kesehatan

1. Memperkuat tulang

Daging sapi merupakan sumber fosfor yang baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Pembentukan tulang sangat didukung oleh konsumsi daging sapi.

Bagi Anda yang masih muda, sebaiknya memasukkan daging sapi ke dalam daftar makanan Anda agar tulang terbentuk sempurna dan kuat.

2. Mencegah kelelahan

Daging sapi mengandung zat besi yang berguna untuk mengangkut oksigen. Ini berarti bahwa semakin banyak zat besi yang Anda dapatkan, semakin banyak oksigen yang Anda angkut ke semua sel dan otot dalam tubuh ke seluruh tubuh.

Ini pada gilirannya mengubah makanan yang kita makan menjadi lebih banyak energi dan mencegah kita dari lelah.

Besi sapi juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk pasien anemia karena meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

3. Menurunkan risiko diabetes

Daging sapi dapat menurunkan risiko diabetes. Manfaat ini berasal dari fiturnya yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Fungsi ini berasal dari kandungan asam linoleat terkonjugasi pada daging sapi.

Ini juga mengandung L-karnitin. Menurut penelitian, mengonsumsi L-carnitine membantu meningkatkan kadar glukosa. Termasuk profil kolesterol total pada penderita diabetes tipe 2.

4. Memberi energi tambahan

Mengkonsumsi daging sapi dengan porsi yang tepat secara teratur dan mengolahnya secara sehat akan memberikan energi ekstra yang akan membuat hari Anda lebih produktif.

Daging sapi mengandung kombinasi nutrisi yang berbeda seperti vitamin B dan B12 yang membantu menjaga sel darah merah dan saraf Anda mengalir, aktif, dan sehat.

Selain itu, daging sapi mengandung niasin, yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan vitamin B6 serta nutrisi riboflavin, yang dapat mengubah makanan menjadi energi.

5. Membangun massa otot

Daging sapi membantu Anda membangun massa otot dengan mengonsumsinya dalam porsi yang direkomendasikan. Daging sapi memiliki senyawa yang terdiri dari banyak asam amino.

Koneksi ini dapat merangsang dan memperbesar serat otot, memperkuatnya, dan memperbaiki sel dan jaringan otot sendiri. Asam amino tidak hanya dapat membangun massa otot, tetapi juga memberikan nutrisi yang sangat sehat untuk kulit, rambut, dan kuku.

6. Mencegah penyakit jantung

Daging merah seperti daging sapi merupakan sumber asam lemak DHA dan lipid, yang sangat berguna dalam mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Selain itu, mengonsumsi daging sapi yang tinggi lemak trans dan vitamin B12, dapat mengurangi risiko terkena penyakit arteri koroner dan penyakit kardiovaskular lainnya, serta dapat menjaga kesehatan jantung.

Sekian artikel cara membuat rendang padang daging sapi, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!