Blog

Cara Membuat Makanan Frozen Food Anti Ribet

Cara membuat makanan frozen food berikut sangat penting bagi Anda yang ingin memulai usaha khususnya dalam bidang kuliner.

Dalam bisnis kuliner biasanya memanfaatkan alat freezer box untuk menyimpan bahan makanan agar tidak mudah rusak sehingga bisa tahan lebih lama.

Penggunaan freezer box ini efektif untuk memperlambat proses dekomposisi dengan cara mengubah kadar air menjadi es sehingga pertumbuhan bakteri pada bahan makanan menjadi terhambat.

Makanan dapat awet hingga berbulan-bulan jika disimpan dalam suhu -18 ° C atau lebih rendah. Teknologi pengawetan dengan pembekuan ini banyak digunakan oleh para pengembang bisnis kuliner untuk menyimpan bahan makanannya. Mari kita simak bersama cara membuat makanan frozen food berikut ini.

1. Pilih Bahan yang Segar dan Berkualitas

cara membuat makanan frozen food
Kentang Segar dan Berkualitas Baik

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan beku harus segar dan berkualitas baik, karena hal ini akan mempengaruhi ketahanan makanan beku tersebut.

Jika bahan yang Anda gunakan masih segar, maka makanan beku yang anda buat akan lebih awet. Misalnya jika Anda menggunakan kentang, pastikan kentang yang Anda pilih masih segar.

Pastikan juga bahan dan bumbu lain campurannya tidak kadaluwarsa atau mendekati tanggal kadaluwarsa karena frozen food akan disimpan lama di freezer box.

2. Masak Sebentar

cara membuat makanan frozen food
Kentang yang siap dikemas dan disimpan dalam freezer food

Frozen food yang baik sebenarnya adalah bahan mentah yang dibekuan segera. Namun, Anda juga bisa memasaknya terlebih dahulu.

Selain bisa membunuh bakteri penyebab kerusakan makanan, proses pemasakan ini juga akan membuat tekstur bahan makanan menjadi lebih padat dan tidak mudah pecah saat dikemas.

Anda juga perlu memahami bahan apa saja yang perlu digoreng atau direbus. Misalkan dalam pembuatan nugget atau chicken katsu, Anda bisa menggorengnya sebentar. Sementara itu, dalam pembuatan bakso, kentang beku, tempura dan sosis bisanya direbus terlebih dahulu selama 2 menit.

Cara Membuat Kentang Beku

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt Gula pasir
  • Air secukupnya
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 sdm tepung terigu
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Es batu

Cara Membuat:

  1. Kupas lalu potong kentang panjang-panjang, kemudian cuci kentang hingga bersih.
  2. Rebus air lalu masukan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan gula pasir.
  3. Setelah mendidih, masukan kentang. Rebus selama 4-5 menit, lalu tiriskan.
  4. Masukan kentang ke dalam wadah yang berisi air es agar kentang cepat dingin dan tidak kematangan.
  5. Tiriskan lagi. Lalu bumbuin kentang dengan kaldu bubuk. Ratakan lalu masukan ke freezer kurang lebih 15 menit.
  6. Siapkan wadah dengan tutup, campurkan tepung dan maizena ke dalam wadah tersebut lalu masukan kentang. Tutup. Lalu goyangkan wadah hingga permukaan kentang terlumuri tepung.
  7. Setelah itu Anda dapat mengemas dan menyimpannya ke dalam freezer box.

3. Dinginkan Makanan Sebelum Dikemas

Sebelum dikemas dan dimasukkan dalam freezer box, bahan makanan yang sudah dimasak kemudian harus didinginkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar makanan beku bisa tahan lebih lama dan tidak mudah rusak.

Makanan masak yang sudah didinginkan akan membantu proses pembekuan dalam freezer sehingga bisa beku sepenuhnya.

Makanan yang dibekukan tanpa melalui proses pendinginan hanya akan menyebabkan makanan membeku di luar tidak sampai di dalam makanan. Tentunya hal ini akan mempengaruhi keawetan pada makanan beku.

4. Gunakan Kemasan Tertutup dan Kedap Udara

Gunakan kemasan kedap udara. Tujuannya untuk mencegah bakteri masuk ke dalam makanan dan bercampur ke dalam makanan. Tentunya  penggunaan kemasan kedap udara ini akan membuat makanan beku lebih awet, tidak mudah rusak sehingga kualitasnya tetap terjaga.

5. Beri Label Tanggal Pengemasan

Jangan lupa untuk menambahkan label deskripsi dan tanggal pengemasan pada frozen food yang telah Anda buat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memilih makanan yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan konsep FIFO (First In First Out) yaitu makanan beku yang masuk ke dalam freezer box pertama, akan diolah atau keluar terlebih dahulu.

Saat menginginkan camilan, Anda hanya perlu menggoreng kentang beku hingga berwarna kuning keemasan. Kentang goreng cocok dimakan dengan saus sambal sebagai pelengkap.

Demikian tadi cara membuat makanan frozen food. Sangat praktis bukan? Yuk praktekkan cara-caranya di rumah! Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengeceknya di sini.