Blog

Cara Membuat Kolase dari Daun Singkong Mudah Banget

cara membuat kolase dari daun singkong ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini sebelum masuk ke inti pembahasan kita akan membahas tentang sejarah singkat singkong terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Singkong

Cassava disebut juga cassava atau singkong dalam bahasa latin disebut Manihot esculanta, dan dalam bahasa Inggris crantz disebut cassava, tanaman tahunan tropis dan subtropis dari famili spurge. Umbi banyak dikenal sebagai bahan makanan pokok penghasil karbohidrat, dan daunnya adalah sayuran.

Ubi kayu merupakan panjang umbi atau akar pohon dengan diameter rata-rata 3-5 cm dan panjang 30-80 cm, tergantung jenis ubi kayu yang ditanam.Daging umbi berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan lama saat diletakkan di lemari es. Gejala cedera ditandai dengan sekresi ungu akibat pembentukan hidrogen sianida, yang merupakan racun bagi tubuh manusia.

Singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat dan sangat rendah protein. Daun singkong mengandung asam amino metionin, yang menjadikannya sumber protein yang sangat baik.Singkong (Manihot esculenta) pertama kali diketahui tumbuh secara alami di hutan Brazil dan Paraguay pada zaman prasejarah di Amerika Selatan, sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Namun keberadaan reruntuhan Indonesia dibawa dari Brazil oleh Portugis pada abad ke-16 dan ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (Hindia Belanda) pada tahun 1810. Menurut Hariono, pada masa penjajahan politik Kasaba, Kasaba abad ke-16 adalah masuk ke Marc-Indonesia oleh Portugis. Sejak kedatangannya, tanaman singkong ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyebar terutama di Pulau Jawa.

Seperti yang ditunjukkan oleh HJ van Swieten, pengendali Tenggralek dari DeZoete Cassave (Jatropha Janipha), yang diterbitkan pada tahun 1875, situs ini sedikit diketahui atau tidak ada di bagian mana pun di Jawa, kecuali di bagian lain. Ini ditanam dalam skala besar di bagian. Sampai tahun 1875, konsumsi singkong di Jawa masih tergolong rendah.

Cara Membuat Kolase Dari Daun Singkong

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan yang ditempelkan pada permukaan gambar, seperti kertas, kain, kaca, logam, dan kayu. Kolase adalah karya seni dua dimensi yang menggunakan berbagai bahan. Tapi ,kali ini kita akan membuat kolase dari daun singkong, simak sampai habis agar bisa mebuatnya.

Bahan – bahan Cara Membuat Kolase Dari Daun Singkong :

  • Daun Singkong 10 buah (2besar 2 sedang 2 kecil) untuk sayap 4 potong kecil – kecil untuk badan dan kepala
  • lem
  • Kertas HVS
  • Pensil

jika kalian ingin mencoba kuliner singkong kalian bisa mencoba membuat olahan singkong parut

Cara Membuat Kolase Dari Daun Singkong :

  1. pertama buat ilustrasi terlebih dahulu menggunakan pensil disini saya buat kupu – kupu agar lebih mudah
  2. jika sudah selesai ilustrasi nya siapkan lem ,lalub oleskan ke daerah ilustrasi tsb ,kemudian tempelkan daun singkong ke kertas HVS yang sudah digambar tadi dengan pola yang bagus
  3. peratama tempelkan 6 buah daun yang kecil – besar menjadi sayapnya jadi dari atas yang besar sampai kebawah yang kecil ,lakukakan sama ke sayap satunya agar simetris.
  4. kemudian daun yang di potong potong tadi (yang kecil – kecil) tempelkan ke badan nya dan kepala nya juga, lalu tunggu sampai kering agar daun tidak mudah copot.
  5. Dan kolase dari daun singkong sudah jadi siap dipajang / jual.

Manfaat Membuat Kolase Untuk Anak

  • Latih anak untuk rajin. Dengan melakukan kegiatan kolase, anak-anak dilatih untuk rajin belajar menyelesaikan desain kolase.
  • Pelajari bentuk kolase. Saat menyelesaikan desain kolase, anak-anak mempelajari bentuk dalam kolase.
  • Tingkatkan jumlah anak dengan konsentrasi. Kolase membutuhkan konsentrasi agar berhasil dirangkai menjadi bentuk yang sempurna. Ini memungkinkan anak-anak untuk melatih konsentrasi mereka.
  • Mempelajari warna. Anak-anak yang masih balita tentunya bisa belajar warna dengan belajar membuat kolase dan bisa menemukan warna yang berbeda
  • Tingkatkan kepercayaan diri anak Anda. Saat kolase disatukan dalam bentuk yang sempurna dan dipuji, anak-anak menjadi percaya diri dengan bakat mereka.
  • Anak-anak berlatih untuk memecahkan masalah. Membuat kolase bukanlah tugas yang mudah bagi seorang anak, jadi mengedit kolase melatih otak anak untuk berpikir kreatif dan memungkinkan kolase ditempatkan dalam bentuk yang sempurna.
  • Peningkatan kecerdasan spasial anak. Kecerdasan spasial merupakan kecerdasan yang dapat menjelaskan
  • penglihatan yang dibayangkan anak. Dengan mengedit kolase, anak akan diasah sehingga dapat memvisualisasikan gambar desain yang diinginkan.
  • Meningkatkan kreativitas anak. Beragam desain kolase yang dibentuk hadir dalam berbagai bentuk, dan anak-anak dilatih menyusun kolase sesuai kreativitasnya.
  • Meningkatkan motorik halus anak. Keterampilan motorik halus adalah kemampuan untuk menyesuaikan keterampilan fisik secara visual.

Sekian artikel kali ini jika kalian ingin membuat olahan singkong dengan cepat kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong multifungsi yang dapat membantu kerja anda lebih cepat dengan hasil yang maximal. Terimakasih semoga bermanfaat.