Blog

Cara Membuat Desain Rumah dengan Photoshop

Untuk membuat denah rumah merupakan tahap awal jika kalian ingin membuat rumah, dan denah merupakan tahap awal dalam potongan tampak atas dalam perencanaan arsitektural rumah idaman yang dapat mencakup tata letak ruangan, luas ruangan dan masih banyak lagi. Sebelum mulai progres membuat rumah, pasti seorang kontraktor dan arsitek membutuhkan denah sebagai dasar membuat rumah.

Dan seorang arsitek bisa membuat gambar desain rumah, dan biasanya menggambar denah menggunakan aplikasi AutoCAD jika kalian tidak bisa menggunakan AutoCAd, maka sinan-arsitek.com akan membuat denah rumah dari aplikasi photoshop :

1. Langkah pertama jika kalian sudah membuka photosop maka kalian membuat baru dengan klik menu dan pilih new, atau kalian bisa memencet CTRL + N dan isi dengan ukuran 2000×02000 dengan satuan pixels lalu klik oke atau enter.

2. Selanjutnya kalian aktifkan ruler dengan klik view dan kalian bisa pilih ruler atau kalian bisa menekan CTRL + R maka ruler akan keluar, kalian juga akan lebih mudah memperkirakan luas ruangan yang kalian ingin kan di denah rumah kalian.

3. Lalu, klik Edit lalu pilih preferences dan pilih Guiders dan klik Grid & Slices, kalian dapat mengatur grid dengan kontekes :
– Grid Every = 50 pixels
– subdivisions 5, Lalu tekan oke
Maka Grid terlihat di gambar kerja kalian dan kalian bisa pilih menu lalu klik view klik Show lalu pilih Grid, selanjutnya kalian tekan menu Windows lalu tekan snap to dan pilih Grid. Ini berfungsi agar membuat shapes maka titik yang terbentuk akan lari dari grid yang sudah tampak.

4. Lalu kalian cari Rectangle rool atau kalian bisa memencet (U), kemudian buatlah persegi panjang dan bentuk persegi panjang bisa diartikan dinding rumah. Dan pengaturan Shape, klik Fill untuk mengganti warnanya gunakan warna abu – abu agar terlihat perbedaannya.

5. Cara Membuat Kusen Cendela
– Buatlah persegi untuk mengisi kotak tersebut
– Dan kalian buatlah 2 persegi panjang dengan warna kayu atau yang identik dengan warna coklat
– Berikan satu di bagian tengah dengan warna cyan, yang membuat tanda kalau itu ikon cendela
– Kemudian gabung semua layer menjadi sebuah group dan namakan jendela dengan cara pilih layer yang akan digunakan lalu pencet Ctrl + G secara bersamakan, ini berguna untuk lebih mudah memindah secara bersamaan.

6. Cara Membuat Ikon Kusen Pintu
– membuat ikon kusen pintu dan daun pintu, sementara kalian bisa menggunakan garis miring dengan memakai Line Tool dengan Weight 1px
– Lalu buatlah menjadi sebuah grup seperti layer kusen

7. Membuat Lantai Rumah
– Gunakan PEN Tool atau tekan (P), kemudian buatlah titik disetiap sudut dalam desain denah kalian.
– Jika sudah, maka klik kanan dan pilih Make Selection, sementara garis seleksi masih aktif dan buatlah layer kosong dengan cara Ctrl + Shirt + N di atas layer background.
– Lalu Klik warna Foreground untuk memilih warna dari lantai tekan Alt Backspace untuk memberikan warna tekan Ctrl + D untuk menghilangkan garis seleksi

8. Memberikan garis kotak pada desain lantai agar terlihat seperti lantai di rumah asli pada umumnya, dengan cara
– Klik kanan pada layer lantai dan pilih Blending Options lalu centang Pattern Overlay dan berikan pengaturan
Blend Mode Multiply
Opacity 50%
Pattern = pilih grid
Scale = 125%
gunakan settingan ini karena ini akan menentukan besar tekel desain denah kalian.

Kesimpulan :
Jika kalian kesusahan maka kalian bisa menggunakan jasa desain rumah untuk membuat desain rumah idaman kalian.