Blog

Cara Membersihkan Karpet Bulu Secara Tepat, Efektif dan Efisien

Karpet merupakan salah satu elemen pelengkap lantai yang sering digunakan di dalam rumah. Selain dapat melindungi permukaan lantai, karpet juga dapat membuat nyaman para penghuni rumah. Salah satu jenis karpet yang sering digunakan di dalam rumah adalah karpet bulu. Dalam penggunaan karpet bulu, diperlukan adanya perawatan khusus dalam proses pembersihannya. Hal ini bertujuan agar karpet bulu selalu nampak bersih serta tidak berbau. Berikut ini akan kita bahas mengenai cara membersihkan karpet bulu secara tepat, efektif, dan efisien untuk anda.

Cara Membersihkan Karpet Bulu Secara Tepat, Efektif, dan Efisien

Karpet bulu terbuat dari material yang tidak biasa. Hal inilah yang menyebabkan karpet jenis ini lebih rentan terhadap debu dan kotoran. Selain itu, daya serap material karpet bulu lebih cepat dibandingkan dengan karpet biasa. Hal penting yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan karpet bulu adalah membersihkannya secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas bulu yang dimiliki agar tetap lembut dan halus serta untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

baca juga: laundry karpet tangerang

cara membersihkan karpet bulu

Berikut ini beberapa tips membersihkan karpet bulu secara tepat:

Kibaskan Karpet Bulu di Luar Ruangan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa karpet bulu sangat rentan terhadap debu serta kotoran lain. Terutama debu dan kotoran tersebut lebih sulit dilihat serta dibersihkan karena berada tersembunyi diantara bulu-bulu karpet. Oleh karena itu, untuk dapat membersihkan kotoran serta debu tersebut, anda dapat mengibaskan karpet bulu yang anda miliki setiap harinya. Sebaiknya dalam mengibaskan karpet bulu dari debu dan kotoran anda lakukan di luar ruangan agar tidak masuk dan beterbangan ke dalam rumah anda.

baca juga: cuci karpet tangerang

Gunakan Vacuum Cleaner

Apabila dengan mengibaskan debu dan kotoran saja tidak cukup, maka anda dapat menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Alat ini sangat efektif dalam membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada karpet bulu yang anda miliki. Dalam hal ini, anda tidak dapat langsung menggunakan alat ini dalam karpet bulu anda.

Karena karpet bulu terbuat dari bahan yang sensitif dibandingkan dengan karpet biasa, maka sebelum menggunakan vacuum cleaner, anda perlu melapisi terlebih dahulu dengan menggunakan kain tipis atau kain berserat renggang lain. Hal ini bertujuan agar bulu-bulu pada karpet selalu terjaga kelembutannya. Selanjutnya, anda dapat membersihkan karpet anda dengan alat ini pada bagian atas dan bawah secara menyeluruh.

Selain itu, cara membersihkan karpet bulu yang terkena noda secara tepat adalah segera bersihkan noda tersebut secepat mungkin. Noda yang baru saja menempel akan lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan noda yang dibiarkan lama mengendap. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan campuran deterjen, cuka, dan air. Campuran ini dapat anda tuangkan sedikit demi sedikit, kemudian gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat halus hingga noda hilang.