Blog

Cara Memasak Nasi Liwet

Haloo semua ! Terimakasih sudah mampir di artikel kali ini. Kebetulan banget hari ini akan membahas tentang nasi yang dibuat seperti bubur. Lebih tepatnya ” Cara Memasak Nasi Liwet¬† “. Nasi liwet dimasak dengan api yang sangat kecil sehingga bisa mateng sempurna tanpa adanya gosong. Mau tau caranya ? Yuk simak pembahasanya dibawah ini !

cara memasak nasi liwet

Cara Memasak Nasi Liwet

Kumpulkan keluarga di akhir pekan sambil makan nasi liwet. Kali ini lauk pauknya adalah ayam bakar dan tumis cumi pedas. Senang disajikan panas.
Nasi liwet memiliki banyak jenis. Nasi liwet jawa dengan nasi asin dan sayur labu siam, dan ada juga nasi liwet sunda. Nasi goreng jarak dengan ikan asin dan sambal. Nasi khas desa ini rasanya enak.

Nasi asin pedas disajikan dengan berbagai lauk pauk. Ayam goreng dan bakar, sambal oncom, aneka pepesan, ikan dan udang goreng serta lalapan sayur segar. Nasi liwet paling asyik disantap bersama keluarga.
Penanak nasi dapat digunakan untuk menyiapkan nasi ringan dan jenis lauk dapat disesuaikan dengan selera. Anda bisa ayam bakar dan cumi cabai hijau. Makin asik disantap dengan sambal matah dan lalapan sayur segar.

Bahan – Bahan :

Nasi liwet:

  • 4 cangkir nasi
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 5 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 70 g nasi tumis dengan ikan teri
  • 1 buah pisang raja, kupas
  • 10 buah paprika merah
  • kaldu jamur
  • Bubuk lada
  • garam

Ayam panggang:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Bumbu halus:
  • 8 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 kacang hazel
  • 7 cabai merah besar

Cumi cabai hijau:

  • 250 gr cumi asin, rendam dalam air panas hingga empuk
  • 10 bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah besar, iris miring
  • 3 buah cabai hijau, iris miring
  • 2 lembar daun salam
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk

Langkah – langkah:

  1. Cuci beras hingga bersih lalu masukkan ke dalam mangkuk rice cooker.
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, petai, daun salam, daun jeruk, serai dan teri goreng.
  3. Bumbui dengan kaldu jamur, merica, dan garam.
  4. Tuang air dan masak hingga nasi matang. Keluarkan beras, pindahkan ke dalam lelehan.
  5. Tuang air dan masak hingga nasi matang. Keluarkan beras, pindahkan ke dalam lelehan.
  6. Ayam Bakar : Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  7. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna.
  8. Tambahkan sedikit air, masak hingga ayam empuk.
  9. Sisihkan sisa bumbu, campur dengan kecap manis dan margarin cair.
  10. Lumuri ayam dengan sisa bumbu dan panggang sampai agak kering, lalu keluarkan dari oven.
  11. Sajikan nasi liwet dengan ayam bakar dan tumis cumi.
  12. Lewati cumi: tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu.
  13. Masukkan cabai merah, cabai rawit, dan cabai hijau, aduk hingga layu.
  14. Tambahkan cumi yang sudah direndam dan bumbui dengan garam, merica, dan kaldu jamur. Aduk hingga rata, lalu angkat.
  15. Sajikan nasi rebus dengan lauk pauk.

Asal Mula Nasi Liwet

Setiap negara memiliki keragaman budaya yang berbeda dengan ciri dan ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan jenis makanan di suatu negara, dimana setiap negara memiliki cita rasa yang khas. Beberapa makanan ini tak jarang sukses mendunia karena memiliki cita rasa yang enak dan nikmat.

Selain kaya akan ragam budaya, juga sering disebut sebagai surga kuliner di Indonesia. Pasalnya, berbagai jenis menu olahan Indonesia tersedia di negara kepulauan ini. Salah satu makanan khas Indonesia yang paling populer adalah Nasi Liwet.

Nasi liwet adalah makanan khas Solo, Jawa Tengah. Nasi asin ini terbuat dari campuran air kelapa yang dicampur dengan bahan lain seperti daun salam dan serai. Biasanya Nasi Liwet disajikan dengan lauk yang berbeda.
Nasi liwet merupakan salah satu masakan khas masakan solo yang sangat populer di Indonesia. Dalam nasi bungkus, hidup biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti nasi asin, sayur labu siam, telur rebus, ati goreng dengan sambal dan berbagai lauk pauk lainnya. Rasa asin dari Nasi Liwet berasal dari santan yang dimasak dengan nasi, sedangkan aroma harumnya berasal dari daun pandan dan daun salam.

Masyarakat Solo dan sekitarnya biasanya makan hidung hidup setiap saat, mulai dari sarapan hingga makan malam. Selain itu, tiket kehidupan juga rutin dijual atau dijual di warung-warung baca di sepanjang jalan. Rasanya yang lezat dan gurih membuat masakan ini sangat digemari di segala lingkungan
Nasi hati biasanya juga dibungkus dengan daun pisang, untuk memberi rasa gurih pada masakannya. Selain itu, masakan khas kota Solo ini juga biasa dicampur dengan berbagai lauk pauk, seperti labu siam dan sayuran lainnya. Tak heran jika nasi liwet memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Nasi Liwet :

1. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat nasi hidup yang pertama bisa menjaga kadar kolesterol. Seseorang dengan kolesterol tinggi dapat memiliki berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner. Salah satu cara paling efektif untuk menjauhkan kolesterol adalah dengan makan nasi hati. Pasalnya di dalam hati beras mengandung campuran labu siam yang mengandung kalium sehingga bekerja efektif untuk menjaga kolesterol dalam tubuh.

2. Meningkatkan fungsi otak

Nasi liwet mengandung protein hewani yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Kandungan ini berasal dari parutan ayam dalam hati nasi, yang dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Oleh karena itu, pola hidup yang teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan fungsi otak.
3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat nasi hidup selanjutnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Livetrys dipercaya mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat tersebut bisa didapatkan jika Anda mengkonsumsi nasi liwet secara rutin dan teratur.

4. Meningkatkan energi

Bagi Anda yang sering merasa lelah dan lesu saat beraktivitas sehari-hari, sebaiknya konsumsi nasi liwet. Pasalnya, beras hati merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, yang dapat meningkatkan energi tubuh. Asupan nasi liwet secara teratur akan membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat lain dari nasi hidup dapat mencegah penyakit jantung. Kita semua tahu bahwa jantung adalah salah satu organ vital yang dimiliki manusia. Menjaga kekuatan jantung agar tetap sehat salah satunya dengan mengonsumsi nasi liwet secara rutin.

Hati nasi mengandung vitamin B yang konon bisa menjaga kesehatan jantung. Selanjutnya kandungan ini juga dapat bekerja efektif untuk mencegah berbagai penyakit kronis lainnya seperti gula darah tinggi dan kanker.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tulang merupakan salah satu elemen terpenting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kesehatan tulang harus selalu dijaga. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan pola makan.

Sudah lama dipercaya bahwa nasi hidup dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena beberapa sayuran liwet hidung mengandung kalsium, yang bekerja efektif untuk memperkuat struktur tulang. Jadi sangat baik untuk menerapkan pola hidup untuk menjaga kesehatan tulang

Dari artikel diatas kita tau bahwa asi liwet banyak manfaatnya untuk kesehtan tubuh kita oleh karena itu maka nasi liwet sering dikonsumsi oleh orang yang lagi sakit ataupun lansia sekalipun. Terimakasih semoga dapat membantu. Dan selamat mencoba!