Blog

Apa Itu Defibrillator ? Simak Selengkapnya Di Sini

Apa itu defibrillator ? Ya, tidak banyak yang mengetahui alat ini. Defibrillator adalah perangkat kesehatan yang berhubungan dengan serangan jantung. Defibrillator memberikan energi listrik (kejutan listrik) kepada seseorang yang mengalami serangan jantung (cardiac arrest) dengan tujuan untuk mengembalikan detak jantung pada kondisi normal.

Defibrillator umumnya terdapat di rumah sakit atau pusat – pusat pelyanan medis lain serta ada juga di tempat – tempat layanan emergency, tim SAR dan regu penyelamat di berbagai tempat. Ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari sebuah alat defibrillator.

Beberapa Tipe Defibrillator

Defibrillator setidaknya memiliki enam buah tipe dengan spesifikasi dan penggunaan yang berbeda – beda. Ada tipe manual, otomatis, implant dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya kita simak satu – perastu.

# Autometed External Defibrillator

Defibrillator otomatis yang biasanya berada di tempat – tempat umum. Alat ini disediakan untuk orang – orang yang tidak terlatih menggunakan alat ini. Biasanya dilengkapi dengan sound (suara) petunjuk / langkah – langkah penggunaan. Disebut dengan “otomatis” karena alat ini dapat menganalisa ritma jantung secara otomatis dna tahu kapan harus memberikan kejutan.

# Manual External Defibrillator

Merupakan kebalikan (kontra) dari AED (Automated External Defibrillator). Pengguna defibrillator jenis ini haruslah tenaga medis yang profesional. Alat ini dilengkapi dengan monitor EKG yang perlu dianalisa oleh tenaga medis yang memahaminya sehingga ia tahu berapa energi yang harus diberikan kepada pasien. Contoh salah satu produk yang cukup terkenal yaitu defibrillator mindray d3.

# Implan Defibrillator

Alat ini mirip seperti pacemaker dan bersifat implan (dipasang di dalam tubuh). Alat ini setiap hari bekerja secara otomatis menganalisa ritma jantung dan memberikan kejutan secara otomatis apabila terjadi gangguan ritme jantung yang dapat membahayakan jiwa.

# Wearable Defibrillator

Semacam alat portable yang dikenakan oleh pasien selama 2 4 jam. Defibrillator jenis ini juga bekerja secara otomatis memberikan kejutan ketika adanya analisa terjadi fibrillasi ventrikel pada jantung.

# Internal Defibrillator

Dikenakan pada pasien yang telah menjalani operasi jantung.

# Manual Internal Defibrillator

Defibrillator jenis ini digunakan di ruang operasi. Dapat memberikan kejutan kepada pasien dalam situasi tertentu secara langsung.