Blog

Alat Musik Asal Australia Yang Memiliki Keunikan Khas

Australia merupakan benua yang merupakan tetangga dari benua Asia. Sebagai salah satu benua yang dijajah oleh Negara Inggris wajah penduduk Australia sekarang lebih mirip dengan orang barat. Tidak banyak yang sadar bahwa sebenarnya penduduk asli Australia memiliki gen yang hampir mirip dengan orang Indonesia. Suku Aborigin namanya. Salah satu keunikannya adalah alat musik asal Australia yang mereka miliki.

1. Bullroarer

Salah satu alat musik asal Australia yang dibuat dari bambu. Disebut bullroarer karena suaranya yang dianggap menirukan salah satu suara hewan yakni banteng. Bullroarer sendiri adalah nama yang digunakan oleh orang-orang di luar suku aborigin seperti Mesir, dan Ukraina. Alat musik ini sudah ada dari zaman dulu dan biasanya digunakan oleh suku asli aborigin sebagai pengiring upacara adat.

2. The Gum Leaf

Nama Gum leaf diambil dari bahan utama alat musik ini yaitu dedaunan yang ada di pohon. Keunikan dari alat musik ini adalah dedaunan tersebut langsung dimainkan tanpa melalui proses apapun. Cara memainkannya sangat mudah hanya tinggal menaruh daun di selipan bibir dan meniupnya.

Suara yang dihasilkan dari alat musik ini seperti getaran, dan biasanya hanya orang tertentu yang dapat memainkannya. Getaran yang dihasilkan dari alat musik ini biasanya digunakan untuk memanggil burung, atau menirukan suaranya.

3. Clapstick

Clapstick atau tapping stick sesuai dengan namanya alat musik asal Australia ini cara dimainkannya adalah dengan mengetuk satu dengan yang lain. Alat musik ini dibuat dari bambu yang keras sehingga bunyi yang dihasilkan nyaring dan keras.

4. Didgeridoo

Masuk ke dalam daftar terakhir dari artikel ini ada alat musik asli Australia yang paling terkenal yaitu didgeridoo. Alat musik yang juga disebut Yidaki oleh masyarakat suku Aborigin ini terbuat dari batang pohon yang memiliki lubang di tengahnya. Alat ini dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan suara yang memiliki getaran kuat. Didgeridoo memiliki ukuran yang besar seperti belalai gajah.

Ternyata alat musik asal Australia memiliki keunikan khas masing-masing. Dimulai dari bentuk, cara memainkan, dan proses pembuatannya membuat semua alat musik tadi berbeda, dan memiliki warna tersendiri.