Blog

Apa Akibat pH Air Rendah? Yuk Wajib Ketahui Disini!

Apakah kalian tahu apa akibat dari pH air rendah? Power of Hydrogen atau sering disebut dengan pH adalah ukuran untuk menilai keasaman atau kebasaan suatu zat cair yang diukur dengan skala 1 sampai 14. Tingkat pH adalah ukuran jumlah ion hidrogen yang mewakili keasaman atau kebasaan suatu larutan.

Larutan asam biasanya memiliki banyak ion hidrogen bebas dan larutan alkali memiliki lebih sedikit ion hidrogen bebas. Zat yang memiliki pH rendah disebut asam, sedangkan zat yang memiliki pH tinggi disebut basa.

Tapi apa akibat pH air rendah? Air sebagaimana yang telah kita pelajari, dijelaskan dengan rumus H2O air. Jika Anda dapat memecahnya untuk melihat molekulnya, Anda melihat air di dalam gelas, Anda akan melihat bahwa molekul air tidak sesederhana yang dijelaskan oleh H2O. Namun mereka selalu terpisah dan bersatu kembali.

H2O akan terpisah menjadi 2 bagian yaitu H + dan H- dan bergabung kembali. Di dalam gelas air itu terdapat jutaan molekul air. Semua terpisah dan bersatu kembali secara teratur. Jika air adalah air yang benar-benar murni dan tidak memiliki zat kimia lain yang dapat merusak siklus ini, maka pH akan selalu normal. Akibat pH air rendah bukan ini.

Alasannya adalah hanya ada molekul H2O yang jumlah ion H dan OH nya akan sama atau tetap genap. Tidak akan ada ion H lebih dari OH. Begitu juga sebaliknya. Asam di H + akan berlawanan dengan basa di OH-. Stabilitas antara ion hidrogen dan hidroksida inilah yang membuat larutan menjadi normal, yang tidak terlalu asam atau basa. Oleh karena itu, air yang benar-benar murni selalu normal karena tidak ada zat kimia lain yang menghambat kestabilan H / OH.

Berikut ini beberapa penyebab Akibat pH air rendah:

akibat ph air rendah adalah

Apa akibat dari pH air rendah pada uji air RO? Benar-benar murni artinya netral, juga peka terhadap peningkatan kandungan kimiawi lainnya. Dengan kata lain, air RO memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kemampuan untuk bertahan hidup. Ini berarti bahwa menggunakan sedikit asam akan berdampak besar pada pH.

1. Konsentrasi CO2 dalam Air |Akibat pH Air Rendah

Karbondioksida atau CO2 yang terlarut di air yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan hasil dari tingginya kadar CO2 di atmosfer yang mengakibatkan terjadinya konsentrasi ion hidrogen (H +) yang dapat menurunkan pH air.

Baca Juga : Cara Membuat Filter Air Sederhana Di Rumah Tanpa Ribet

2. Proses Dekomposisi Bahan Organik| Akibat pH Air Rendah

Proses penguraian atau yang lebih dikenal dengan penguraian bahan organik di air dapat mempengaruhi pH air. Bahan organik berupa kumpulan senyawa organik dari makhluk hidup yang mengandung unsur karbon (C). Senyawa organik biasanya tidak stabil dan mudah teroksidasi menjadi karbon dioksida (CO2) dan air (H2O).

Selain menyebabkan penurunan kadar oksigen, juga dapat menurunkan pH air menjadi asam. Karbon anorganik terlarut dapat menambah ion hidrogen sehingga pH air menjadi asam atau rendah. Bahan organik tersebut dapat bersumber dari sungai yang dipengaruhi oleh daratan di sekelilingnya.

3. Temperatur atau Suhu| Akibat pH Air Rendah

Temperatur air laut yang cenderung lebih rendah meningkatkan kelarutan CO2 yang dapat menurunkan pH air sehingga pH menjadi rendah. Kondisi temperatur yang rendah akan mengakibatkan pengendapan karbon anorganik yang tinggi sehingga pH air laut akan menurun. Itulah penyebab pH air rendah.

PH itu sendiri dapat berubah karena beberapa faktor yang mempengaruhi pH air antara lain konsentrasi karbondioksida di air, pengendapan karbonat dan bikarbonat, senyawa organik dan anorganik, serta suhu.

Demikian ulasan mengenai faktor-faktor penyebab Akibat pH Air Rendah. Semoga menambah wawasan ilmu anda. Untuk informasi dan tips terupdate lainnya dapat anda kunjungi disini ya beatbiz.net. Semoga bermanfaat, see you ^^