Blog

Akibat malas belajar yang harus kamu ketahui

Belajar itu  kebutuhan  premier bagi setiap orang ,fungsi nya adalah membuat orang dari tidak tau menjadi tau . Ini basic function dari belajar ..

 

Karena dengan belajar kita dapat memperoleh banyak pengetahuan dalam rangka meningkatkan kualitas perilaku manusia dalam bentuk keterampilan, sikap positif, pengetahuan, dan banyak kemampuan lainnya yang dapat ditingkatkan melalui belajar.

Tetapi secara umum ada tiga tujuan utama dari belajar, yaitu; untuk memperoleh dan meningkatkan pengetahuan, konsep menanamkan dan keterampilan, dan dapat membentuk sikap seseorang.

Ada beberapa karakteristik yang dapat menggambarkan bahwa belajar adalah; memiliki tujuan-diarahkan, perubahan bisa terjadi secara sadar, aktif dan positif, permanen, fungsional dan terus menerus, dan dapat mencakup semua aspek perilaku seseorang.

 

Secara garis besar , ada belajar itu ada 8 macam : belajar pengetahuan, belajar apresiasi, belajar dalam pemecahan masalah, belajar tentang kebiasaan, belajar akan sosial, belajar tentang keterampilan, belajar abstrak, dan belajar rasional.

 

Belajar tidak harus selalu disertai oleh seorang guru, Anda dapat belajar otodidak yang yang dapat membuat Anda menjadi mandiri murid, dapat diajarkan untuk disiplin dalam mengelola waktu belajar, dapat mengajarkan bahwa untuk berpikir dengan cara baru dan kreatif, akan meningkatkan rasa ingin tahu dan rasa ingin tahu lebih memicunda untuk terus dan terus belajar.

Meskipun manfaat yang jelas pembelajaran sudah terpampang masih ada orang-orang yang malas dan mengabaikan karena malas untuk belajar sendiri. Kemudian adalah karena untuk orang malas belajar? Berikut adalah beberapa efek negatif jika malas belajar bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Dilansir dari berbagi blog pendidikan , berikut beberapa hal negatif yang timbul akibat malas belajar :

 

1. Nilai Rendah
Belajar adalah hal yang paling penting jika Anda ingin mendapatkan nilai yang tinggi atau skor di atas rata-rata, tanpa belajar Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Malas untuk belajar biasanya menyebabkan diri Anda menjadi malas malas untuk melakukan pekerjaan dan sekolah, menyebabkan Anda untuk mendapatkan nilai yang lebih rendah. Perlu diingat bahwa tidak hanya mempengaruhi nilai yang rendah di sekolah, tetapi akan membuat Anda sulit untuk diterima di perguruan tinggi atau universitas di pendidikan berkelanjutan, karena nilai satu poin penting dan salah satu syarat diterima dan apakah Anda universitas disuatu.

 

2. Mengecewakan Banyak Orang
Dampak malas belajar bagi orang lain akan menjadi jelas ketika Anda malas untuk belajar, bahwa kedua orang tua yang telah bekerja keras untuk mengirimkan, tapi mereka punya adalah kekecewaan. Selain orang tua, guru di sekolah juga akan merasa kecewa dengan alam pemalas dan akan merasa bahwa ia belum berhasil mendidik Anda sejauh ini.

Orang yang akan malas tentu akan dijauhi dan tidak disukai orang lain, misalnya ketika ada tugas kelompok, tetapi karena Anda terlalu malas untuk datang saja belajar untu akan menimbulkan kesan negatif dari teman sekelas nda.

 

3. Kurangnya ilmu
Ketika pendidikan ada banyak yang harus dipelajari sehingga mengharuskan Anda untuk rajin membaca. Jadi apa kelemahan jika kita malas untuk membaca?. Orang yang malas membacanya akan cenderung memiliki pengetahuan yang rendah, mudah untuk kehilangan informasi, dan pada memimpin terburuk ketidaktahuan.

 

Mulailah perbiasakan diri membaca awal dan memahami pentingnya membaca. Dengan membaca dapat merangsang otak karena dengan membaca mampu menstimulasi mental dan bahkan dapat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer, dapat mengurangi stres, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, peningkatan kosakata, meningkatkan kualitas memori, melatih keterampilan untuk menganalisis dan berpikir, meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dengan membaca menulis terlatih, memperluas pemikiran, meningkatkan hubungan sosial, mencegah penurunan fungsi kognitif, untuk terhubung dengan dunia luar karena buku adalah jendela dunia.

 

4. Kesulitan mengerjakan soal
Ketika Anda terlalu malas untuk belajar baik menghadapi ujian atau tidak, maka Anda akan menemukan kesulitan dalam melakukan pertanyaan sola dan ujian praktek terbiasa mana selalu menyelimuti rasa malas dan enggan untuk melakukan terutma dalam hal belajar.

Dampak ini adalah salah satu dari lima kerugian akibat malas untuk belajar, ketika Anda tidak dapat melakukan pertanyaan praktek dan ujian tentu saja akan berdampak pada nilai dan risiko pengulangan bahkan tidak bisa lulus tes.

5. Menjadi Bodoh
Ketika Anda memutuskan untuk bermalas-malas maka Anda harus menerima konsekuesi jika tidak belajar kebodohan itu dan itu pasti penyebab utamanya adalah malas belajar. Selain seseorang bodoh seperti menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka sendiri, sering merasa benar sendiri dan ingin tetap benar, lebih agresif ketika menghadapi masalah atau konflik, cenderung mengabaikan orang lain dan egois, merasa paling baik dan benar dari orng lain, dan semua itu adalah karena sifat mALAS.